School of Information Systems

Apa Itu Python?

Bahasa pemrograman merupakan sekumpulan instruksi yang diberikan oleh user kepada komputer dengan tujuan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan harapam dalam membantu dalam menyelesaikan masalah. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan bahasa pemrograman sangat pesat. Salah satunya adalah bahasa pemrograman bahasa Python. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling popular yang digunakan di berbagai belahan dunia, hal ini disebabkan Python bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang diperlukan seperti pengujian perangkat lunak, website dan machine learning. Selain itu, Python dapat digunakan dengan tujuan membangun sebuah situs, software/aplikasi, menganalisa data dan mengotomatisasi tujuan.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bahasa pemrograman Python ini termasuk ke dalam bahasa tujuan umum. Dengan artian bahwa, bahasa ini dapat digunakan untuk membuat berbagai program yang berbeda dan bukan hanya untuk masalah tertentu juga. Oleh sebab itu, bahasa ini menjadi bahasa yang paling banyak digunakan oleh programmer, dikarenakan sifatnya yang serba guna dan mudah digunakan oleh siapa saja, bahkan oleh programmer pemula. Hal ini dapat terlihat dari survey yang dilakukan oleh Stack Overflow pada tahun 2022, Phyton menjadi bahasa pemrograman popular keempat saat ini.

Sebenarnya asal usul Python ini sendiri berasal dari Monty Python, karena saat Guido van Rossum atau sang penemu sedang membuat bahasa ini. Dia juga sedang membaca skrip sirkus Terbang Monty Python BBC. Alasannya nama tersebut singkat dan sedikit misterius.

Contoh dari penggunaan Python dalam kehidupan sehari-hari:

1.Pengembangan web sisi server
Phyton ini bermanfaat dalam menulis kode sisi server, hal ini disebabkan Python menawarkan banyak pustaka yang berisi kode yang telah diulis sebelumnya dengan kebutuhan fungsi dari backend kompleks. Selain itu juga menawarkan fungsi backend kompleks yang dijalankan suatu web untuk menampilkan infomasi kepada pengguna.

2. Machine learning dan ilmu data
Mengekstrasi pengetahuan data dan mengajari komputer untuk bekerja secara otomatis belajr dari berbagai data yang telah ada sebelumnya dan membuat prediksi akurat. Membangun pengkasifikasian yang mengklasifikasikan data secara akurat berbasis data menggunakan Python. Klasifikasi yang dilakukan klasifikasi citra, teks dan lalu lintas jaringan, pengenalan wajah dan suara.

3. Otomatisasi pengujian perangkat lunak
Membantu dalam proses pemeriksaaan jika hasil aktual dari perangkat lunak cocok dengan hasil yang diharapkan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa perangkat lunak tersebut bebas dari kesalahan.

4. Otomatisasi dengan skrip Python
Mengotomatisasi berbagai tugas yang dikerjakan oleh manusia, hal in seperti menghapus kata-kata ganda dalam file teks, mengirim email, mengunduh konten, mengoversi file ke dalam tipe file lain dan mengganti nama file dalam julah besar sekaligus.

Reference:
https://aws.amazon.com/id/what-is/python/

Python: Pengertian, Contoh Penggunaan, dan Manfaat Mempelajarinya

Jarvin

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031