School of Information Systems

Optimalisasi Task Flow dalam Pengembangan Sistem Informasi : Pendekatan Terbaik dalam Desain dan Implementasi untuk Efisiensi dan Produktivitas

Pengembangan sistem informasi menjadi hal yang sangat penting dalam era digital saat ini. Salah satu aspek yang krusial dalam pengembangan sistem informasi adalah task flow atau alur tugas. Task flow mengacu pada serangkaian langkah atau proses yang harus dilakukan oleh pengguna sistem untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai pentingnya optimalisasi task flow dalam pengembangan sistem informasi dan pendekatan terbaik dalam desain dan implementasinya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. 

Task flow sendiri merupakan sebuah diagram yang mewakili perjalanan pengguna melalui tugas tertentu. Task flow membuat suatu koneksi untuk membentuk jalur yang dilalui pengguna untuk sampai pada titik akhir mereka. Task flow dapat bersifat informasional atau transaksional. Task flow yang baik akan menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik, menginkatkan produktivitas dan mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh pengguna. Oleh karena itu, task flow yang dioptimalkan dengan baik sangat lah penting. 

Untuk menghasilkan task flow yang optimal, terdapat langkah-langkah yang harus diikuti yaitu: 

  1. Analisis Pengguna 

Melakukan analisis terhadap pengguna merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan. Dalam analisis ini tentunya akan mencakup pemahaman mengenai kebutuhan dan kemampuan pengguna. Dengan pemahaman yang baik tentang pengguna, kita dapat merancang task flow yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

  1. Mengidentifikasi Tugas Utama  

Setelah melakukan analisis, selanjutnya adalah mengidentifikasi tugas utama yang harus diselesaikan pengguna. Tugas ini menjadi fokus utama dalam mendesain task flow. 

  1. Desain Task Flow yang Intuitif 

Setelah mengetahui tugas utama yang menjadi fokus utama, selanjutnya adalah menentukan langkah apa saja yang dilakukan oleh pengguna dalam setiap tugas utama secara berurutan dalam sistem. Pengguna harus dapat dengan mudah memahami langkah yang harus mereka lakukan untuk menyelesaikan tugas utama yang telah ditentukan. 

Contoh yang paling mudah adalah saat pengguna melakukan registrasi terhadap suatu sistem. Jika alur yang diberikan tidak jelas dan tidak efisien, maka registrasi tidak dapat dilakukan. Berikut merupakan contoh task flow dari melakukan registrasi yang intuitif 

Optimalisasi task flow merupakan aspek penting dalam pengembangan sistem informasi. Dengan merancang task flow yang intuitif dan efisien, tentunya akan meningkatkan pengalaman pengguna, produktivitas, dan kualitas sistem informasi yang dikembangkan. Dengan memperhatikan setiap langkah yang dibutuhkan, kita daapt menciptakan sistem informasi yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik. 

 

Reference : https://tendocom.com/glossary/task-flow/  

Clarissa

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031