School of Information Systems

Mengenal Teknologi Spatial Computing

Teknologi spatial computing belakangan ini sedang ramai diperbincangkan. Apple belum lama ini merilis sebuah device berbasiskan spatial computing yang diberi nama Apple Vision Pro. Kehadiran Apple Vision Pro dipercaya menjadi awal bagi teknologi spatial computing untuk berkembang.  

Spatial computing adalah teknologi yang mampu menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata di saat yang bersamaan secara seamless. Spatial computing merupakan gabungan dari beberapa teknologi seperti Augmented Reality (AR) untuk menambahkan objek virtual ke dunia nyata, Virtual Reality (VR) untuk menciptakan virtual reality yang immersive, 3D Mapping untuk menciptakan digital model, Artificial Intelligence (AI) untuk menerjemahkan informasi spasial kepada komputer, dan Internet of Things (IoT) untuk mengumpulkan data. Gabungan teknologi tersebut memungkinkan komputer untuk menampilkan dunia nyata dan di saat yang sama juga menampilkan objek 3D dengan sedemikian rupa sehingga terlihat nyata. Contoh penggunaan sederhananya adalah untuk mensimulasikan penempatan furnitur di rumah sebelum dibeli.   

Teknologi spatial computing berpotensi untuk merevolusi banyak sektor industri, karena kemampuannya untuk menghadirkan pengalaman dan aplikasi yang sebelumnya hampir mustahil untuk dibuat. Contoh industri yang dapat dipengaruhi oleh spatial computing adalah gaming dan hiburan, di mana spatial computing dapat menciptakan pengalaman bermain yang immersive, sehingga para pemain dapat berinteraksi dengan karakter dan objek yang ada secara natural. Selain industri gaming dan hiburan, teknologi ini juga dapat berguna bagi industri pendidikan karena dapat menyediakan pengalaman belajar yang interaktif sehingga dapat meningkatkan pemahaman ilmu yang lebih baik. Contohnya adalah mahasiswa kedokteran atau medis yang dapat mempelajari prosedur tindakan operasi dengan mensimulasikan kondisi atau keadaan di dunia nyata.  Selain itu, spatial computing menawarkan banyak manfaat, seperti peningkatan efisiensi dan produktivitas kerja, peningkatan pengalaman belajar dan mengajar, peningkatan pengalaman hiburan dan rekreasi, dan masih banyak lagi.  

Ini masih merupakan awal dari pengembangan spatial computing, akan tetapi teknologi ini memiliki potensi untuk terus berkembang pesat di masa yang akan datang seiring dengan kehadiran teknologi pendukungnya yang semakin canggih. Spatial computing di masa yang akan datang diharapkan dapat di aplikasikan di lebih banyak bidang, dan berpotensi untuk mengubah bagaimana cara kita untuk hidup, bekerja, dan berinteraksi dengan lingkungan di sekitar kita.   

Referensi: 

https://www.pcmag.com/how-to/what-is-spatial-computing-a-basic-explainer 

https://www.coursera.org/articles/what-is-spatial-computing  

Steven Agustianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031