School of Information Systems

Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Business Intelligence

Kecerdasan buatan, atau AI, adalah pengembangan sistem komputer yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. Pembelajaran, penalaran, pemecahan masalah, pemahaman bahasa alami, pengenalan ucapan, dan persepsi visual adalah beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. 

Business Intelligence (BI) mengacu pada metode, alat, dan teknologi yang digunakan dalam pengumpulan, pemrosesan, dan penyajian data bisnis untuk meningkatkan pengambilan keputusan internal organisasi. Tujuan utama intelijen bisnis adalah mengubah data tidak terstruktur menjadi pengetahuan berguna yang dapat mengarahkan keputusan bisnis taktis dan strategis. Intelijen bisnis (BI) adalah istilah umum untuk berbagai aktivitas yang membantu perusahaan memahami operasi mereka, mengidentifikasi peluang, dan menyelesaikan masalah. Pekerjaan ini meliputi analisis data, pelaporan, pembuatan kueri, dan visualisasi. 

Berikut ini adalah pemanfaatan Artificial inteligence pada Business Inteligence :  

  • Analisis Data Komputer 

Dengan menggunakan algoritme kecerdasan buatan, bisnis dapat mengotomatiskan proses analisis data, yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan pemahaman yang cepat tentang kumpulan data yang besar dan kompleks. 

  • Natural Language Processing, atau NLP 

Dalam BI, teknologi ini digunakan untuk menganalisis teks, menganalisis sentimen, dan mengekstrak informasi penting dari sumber data tidak terstruktur seperti ulasan pelanggan dan media sosial. 

  • Dasbor dan Laporan Otomatis 

Alat BI yang digerakkan oleh AI dapat mengotomatiskan pembuatan laporan dan dasbor, yang menghemat waktu dan menghilangkan kebutuhan untuk kompilasi data manual. 

Freza Fathur Nur Purnomo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031