School of Information Systems

Kotlin vs Java

Dalam mengembangkan aplikasi berbasis Android, pada dasarnya meenggunakan bahasa pemrograman Java. Akan tetapi seirirng perkembangannya, munculah bahasa pemrograman Kotlin. Sebenarnya apa yang membedakan keduannya, walaupun keduannya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini merupakan penjelasan Kotlin dan Java serta apa yang menjadi keunggulan dan kekurangan masing-masing. 

Ketika akan mengembangkan aplikasi tentu saja perlu memilih bahasa pemrograman apa yang akan digunakan. Dalam memilih bahasa pemrograman tentu saja kita perlu tahu, apa saja kelebihan dari bahasa yang digunakan. Oleh sebab itu, berikut merupakan penjelasan dari kelebihan Kotlin dan Java agar digunakan dalam mengembangkan aplikasi berbasis mobile:  

Kelebihan Java 

Java mudah digunakan ketika mengembangkan sebuah aplikasi. Hal ini disebabkan oleh Java yang bersifat multiplatform, sehingga banyak programmer yang menggunakan bahasa ini dalam mengembangkan aplikasi mulai dari yang menggunakan komputer deskop hingga dalam bentuk mobile. 

Selain itu, yang menjadi keunggulan dari Java adalah strukturnya yang mudah dimodifikasi berdasarkan pada kebutuhan pengguna. Hal ini disebabkan oleh pemrograman Java yang berorientasi pada objek. 

Java juga memiliki keungulan yaitu komunitas yang kuat, hal ini disebabkan oleh bahasa Java yang tergolong tua dan kuat. Walaupun muncul bahasa pemrograman baru, akan tetapi tidak tergerus oleh waktu. 

Kelebihan Kotlin 

Pada kompilasinya, Java ini sendiri menggunakan bytecode JVM. Fitur ini aman dari Null Pointer Exception. Selain itu, Kotlin tidak membutuhkan harga yang mahal dalam mengadopsi untuk membuat aplikasi. Yang paling penting, Kotlin dapat dikonfigurasikan dengan bahasa pemrograman Java. 

Selain kelebihan, tentu saja suatu bahasa pemrograman pasti akan memiliki kekurangan. Berikut merupakan kekurangan dari Kotlin dan Java yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi berbasis mobile: 

Kekurangan Java 

Walaupun Java memiliki banyak kelebihan, akan tetapi Java juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah Java memerlukan ruang yang cukup besar dan resource memory yang cukup besar untuk mendukung kerja dari Java itu sendiri. 

Selain itu, Java memiliki kekurangan dari sisi keamanan. Hal ini disebabkan Java mudah didekompilasi sehingga banyak orang dapaat meretas aplikasi yang menggunakan bahasa Java ini. 

Kekurangan Kotlin 

Bukan hanya Java saja yang memiliki kekurangan. Kotlin juga memiliki kekurangan. Yang menjadi kekurangan Kotlin adalah durasi runtime yang akan bertambah akan tetapi ukurannya cukup kecil. Selain itu, karena ini bahasa pemrograman baru sehingga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, sehingga dalam beberapa kasus bahasa Kotlin sulit untuk dibaca. 

Selain itu, komunitas yang kurang banyak. Hal ini disebabkan oleh bahasa yang tergolong baru sehingga belum banyak orang yang menggunakan bahasa ini. 

Kesimpulan, Kotlin dan Java merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi. Lebih unggul yang mana antara Kotlin dengan Java, itu disesuaikan dengan pengguna itu sendiri. Akan tetapi bagi pengguna yang pertama kali dalam membuat aplikasi, lebih baik apabila menggunakan bahasa pemrograman Java. Hal ini disebabkan Java yang memiliki konverrter berbanding dengan Kotlin. 

Reference: 

https://www.dewaweb.com/blog/kotlin-vs-java-mana-yang-lebih-baik-untuk-aplikasi-android/ 

https://www.dicoding.com/blog/java-atau-kotlin-untuk-android/ 

Jarvin