School of Information Systems

Mengenal Gemini: Model AI Multimodal Terbaru

Gemini merupakan sistem artificial intelligence (AI) inovatif yang dikembangkan oleh Google dengan memanfaatkan metodologi pelatihan yang berasal dari AlphaGo. Gemini atau yang lebih sering dikenal dengan Google Gemini mampu memahami dan memproses berbagai perintah, termasuk gambar, teks, ucapan, musik, kode komputer, dan banyak lagi. Model AI Gemini disebut sebagai model “Multimodal” yang memungkinkannya melakukan tugas-tugas melebihi kemampuan model bahasa tradisional, seperti menghasilkan gambar dari deskripsi teks atau menerjemahkan antara modalitas yang berbeda. 

Gemini lebih dari sekadar model AI tunggal yang dapat bekerja dengan baik di berbagai platform, termasuk pusat data dan perangkat seluler. Hal tersebut menghasilkan model AI Gemini hadir dalam tiga versi yang berbeda diantaranya:  

  • Gemini Ultra – Google menyatakan bahwa model Gemini Ultra adalah model paling canggih dan terbesar yang dirancang untuk tugas-tugas yang sangat kompleks seperti penelitian ilmiah dan pengembangan large language model (LLM). Oleh karena itu, model ini membutuhkan sumber daya komputasi yang besar dan saat ini hanya tersedia di data center milik Google. Kemampuan dari Gemini Ultra mampu memahami dan menghasilkan berbagai format teks kreatif, menerjemahkan bahasa, dan menjawab pertanyaan kompleks dengan cara yang informatif.  
  • Gemini Pro – Setelah Gemini Ultra, terdapat versi Gemini berukuran sedang dengan nama Gemini Pro. Varian Gemini ini mendukung chatbot AI terbaru Google, memastikan respons dan penanganan kueri yang cepat. Ketika diintegrasikan dengan data center, Gemini Pro mampu meningkatkan perencanaan, pemahaman, dan menandai langkah yang signifikan dalam interaksi efisien berbasis AI.  
  • Gemini Nano – Versi Gemini terkecil dan paling ringan adalah model Gemini Nano yang dirancang khusus untuk perangkat seluler khususnya Google Pixel 8 dan unggul dalam pemrosesan AI pada perangkat yang ringkas. Model Gemini Nano memungkinkan kinerja offline yang online seperti chat dan ringkasan teks pada perangkat seluler.  

Melalui teknik pelatihan pembelajaran multimodal dan transfer membuat Gemini dapat dapat mempercepat pengembangan aplikasi dan layanan AI baru secara signifikan. Dalam teknik pelatihan dengan pembelajaran multimodal, Gemini dapat memproses informasi dari berbagai modalitas yang memungkinkannya untuk memahami hubungan antara tipe data yang berbeda, sehingga menghasilkan pemahaman yang cukup luas. Sedangkan, dalam teknik pelatihan dengan pembelajaran transfer memungkinkan pengetahuan yang diperoleh dari model yang telah dilatih sebelumnya mengenai tugas tertentu ditransfer ke tugas yang baru. Hal ini tentunya membantu pembelajaran yang lebih cepat dan mencapai kinerja yang lebih baik.  

Selain itu, Google Gemini juga menjadi perwakilan dalam teknologi AI yang memiliki kemajuan besar dan berpotensi merevolusi cara manusia dalam berinteraksi dengan mesin dan memanfaatkan informasi. Kemampuan dan potensi penerapannya sangat luas, dan perkembangannya pasti akan membentuk masa depan AI. 

 

Source: 

https://leadorigin.com/google-gemini/ 

https://www.comet.com/site/blog/gemini-a-new-multimodal-ai-model-of-google/ 

https://shrabanidas91.medium.com/next-gen-ai-architecture-google-gemini-06bacac64d96 

Nur Anisa

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031