School of Information Systems

7 Things Designer Should Consider to Create An Inclusive Product Design

Aksesibilitas adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam desain antarmuka pengguna (UI). Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 15% populasi dunia mengalami disabilitas. Hal ini berarti bahwa ada banyak orang yang mungkin mengalami kesulitan untuk menggunakan produk dan layanan digital. UI/UX designer memiliki peran penting dalam memastikan bahwa produk dan layanan digital mereka dapat diakses oleh semua orang, termasuk penyandang disabilitas. Dengan mempertimbangkan 7 hal berikut, UI/UX designer dapat membuat desain yang lebih inklusif dan dapat digunakan oleh banyak pengguna tanpa terbatas akan disabilitas yang dimiliki oleh manusia. 

  1. Menggunaan teks yang lebih besar

Teks yang lebih besar memudahkan pengguna untuk membaca, terutama bagi mereka yang memiliki penglihatan yang buruk. Beberapa senior UI/UX, menyarankan penggunaan font 12-16pt pada layar mobile, 15-19pt pada desain tablet, dan 16-20pt pada desktop. UI/UX designer harus memastikan bahwa teks dalam desain mereka dapat dibaca dengan jelas, bahkan dari jarak jauh. Desainer juga dapat menggunakan ukuran font yang lebih besar untuk teks yang penting, seperti tombol dan judul. 

  1. Gunakan tombol yang lebih besar

Tombol yang lebih besar memudahkan pengguna untuk mengklik, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik. UI/UX designer harus memastikan bahwa tombol dalam desain mereka mudah diakses dengan jari, bahkan bagi mereka yang memiliki tangan yang kecil atau lemah. Menruut sebagian besar desainer senior, penggunaan lebar tombol minimal 48px dan tinggi tombol minimal 24px. 

  1. Sediakan subtitle

Subtitle memudahkan pengguna untuk memahami informasi audio, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran. UI/UX designer harus memastikan bahwa video atau audio dalam desain mereka memiliki subtitle yang akurat dan lengkap.  Selain menyedaikan substitle, desainer juga harus memikirkan kontras warna tulisan substitle dan background memiliki kontras yang baik sehingga dapat dibaca dengan jelas. Salah satu cara yang sering digunakan oleh pada desainer untuk memastikan kontrak warna yang baik pada video yang dinamis dan tidak memiliki pencahayaan dan kontras yang pasti pada setiap scene video, maka desainer memberikan background dengan transpransi kecil di belakang text substitle. 

  1. Gunakan indikator suara dan kontrol

Indikator suara dan kontrol memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan produk atau layanan digital, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran. UI/UX designer harus memastikan bahwa desain mereka memiliki indikator suara dan kontrol yang jelas dan mudah dipahami. Pada penerapannya, desainer dapat mengkonsiderasi penggunaan indikator suara untuk memberi tahu pengguna tentang peristiwa penting. Selain itu, desain juga dapat menambahkan fitur dimana pengguna dapat mengontrol produk atau layanan digital hanya menggunakan menggunakan suara mereka. Kontrol produk dengan control suata membantu kaum disabilitas fisik 

  1. Gunakan lebih banyak ruang putih

Tidak hanya sekedar itu kerapian atau estetika saja, namun lebih banyak ruang putih membuat desain lebih mudah dinavigasi dan dipahami, terutama bagi mereka yang memiliki kesulitan memahami informasi kompleks seperti pengidap autism atau dyslexia. UI/UX designer harus memastikan bahwa desain mereka memiliki ruang putih yang cukup untuk memudahkan pengguna untuk fokus pada informasi yang penting.  

  1. Gunakan huruf yang tajam dan berjarak

Huruf yang tajam dan berjarak memudahkan pengguna untuk membaca, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan atau disleksia. UI/UX designer harus memastikan bahwa huruf dalam desain mereka mudah dibaca dan dipahami. 

  1. Sediakan layanan obrolan atau FAQ yang lengkap

Layanan obrolan atau FAQ memudahkan pengguna untuk mendapatkan bantuan, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan menggunakan produk atau layanan digital. UI/UX designer harus memastikan bahwa desain mereka memiliki layanan obrolan atau FAQ yang mudah diakses dan bermanfaat. 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, UI/UX designer dapat membuat desain yang lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua orang. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua orang dapat menggunakan produk dan layanan digital, terlepas dari kemampuan mereka. 

Lisa Mega Tanto Kusumo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031