School of Information Systems

Kemampuan yang harus dimiliki untuk menjadi UX Designer

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi di masa kini semakin berkembang lebih pesat. Kita bisa melihat banyak sekali perusahaan berbasis teknologi seperti muncul e-commerce, perusahaan financial technology, marketplace, dan sebagainya. Perusahaan pastinya menghadapi tantangan perubahan teknologi ini yaitu mereka mulai menggunakan website dan aplikasi yang memudahkan user untuk mengakses produk mereka sehingga bisa langsung terhubung dengan perusahaan terkait. Dalam menyiapkan software atau aplikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen maka perusahaan membutuhkan profesi yang berhubungan dengan dunia industri digital seperti UX Designer.

Kita sering mendengar istilah UX Designer dan UI Designer namun ada beberapa orang yang masih belum memahami apa perbedaan dari keduanya. User Interface Designer lebih mementingkan pada pembuatan tampilan dan desain sehingga fungsi dari website atau aplikasi bisa berjalan dengan baik. Sedangkan user experience lebih mementingkan dalam kemudahan dan pengalaman pengguna sehingga user lebih merasa nyaman dalam menggunakan website atau aplikasi. Jika digambarkan dengan suatu botol kecap, maka user interface designer lebih mementingkan fungsional yaitu menampung kecap yang berdiri ke atas sehingga bisa terlihat bahwa desainnya lebih baik untuk digunakan oleh user. Sedangkan, user experience designer bisa berpikir bahwa botolnya dibalik karena adanya gravitasi ke bawah sehngga jika user ingin menuang kecap maka botolnya lebih baik dibalik ke arah bawah karena akan memudahkan pengguna dalam menuang isi botol kecap.

Gambar diatas bisa menunjunjukkan perbedaan dari UI Designer dan UX Designer. User Interface Designer berkaitan langsung dengan tampilan / desain dari suatu produk seperti website atau aplikasi. UI Designer bertanggung jawab dalam pemilihan warna, gambar, screen layout, ukuran tombol, tipografi, dan sebagainya. UI Designer harus benar benar memperhatikan tampilan produk sehingga saat user menggunakan maka desain yang digunakan akan baik dipandang secara visual.

Berbeda dari UI Designer, User Experience Designer berperan dalam hal perasaan karena fokusnya pada apa yang dirasakan oleh pengguna saat berinteraksi dengan produk seperti aplikasi atau website. UX Designer harus mempunyai kemampuan riset yang tinggi terhadap pengguna sehingga pengguna bisa merasakan user experience yang baik. UX Designer akan berperan dalam memastikan bahwa dari segi desain bisa memudahkan user dalam mengoperasikannya, memiliki flow yang jelas, dan pastinya mudah dipahami oleh seluruh pengguna. Biasanya UX Designer akan memahami dan mempelajari kebiasaan dari pengguna dalam menggunakan produknya.

User Experience sangatlah penting bagi user karena setiap user pasti membutuhkan kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan website atau aplikasi. Jika user yang menggunakan puas dengan produk perusahaan maka para user akan menjadi loyal terhadap perusahaan sehingga timbul awareness brand yang akan selalu meningkat. Dengan menggunakan user experience pula akan meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga memudahkan pekerjaan mereka dalam memenuhi kebutuhan pengguna.

Setelah mengetahui perbedaan dari User Interface Designer dan User Experience Designer maka dan juga manfaat dari adanya user experience maka selanjutnya kita harus mengetahui kemampuan atau keahlian apa yang harus dimiliki oleh seorang User Experience Designer sehingga bisa menciptakan produk yang bisa digunakan oleh user dengan mudah. Beberapa keahlian yang harus dimiliki seperti :

  • Hard skill :

· Visual Communication

Untuk bisa menjadi UX Designer yang baik maka designer harus memiliki kemampuan untuk komunikasi visual yang sangat baik yaitu dengan membuat koneksi melalui gambar. Dengan kemampuan visual communication maka designer bisa membuat presentasi, ikon, prototype interaktif dengan mudah.

· Desain interaksi

Seorang UX Designer harus memiliki kemampuan untuk membuat desain yang menyenangkan sehingga pengguna bisa berinteraksi dengan produk tersebut. Sehingga kemampuan desain merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh setiap UX designer.

· Kemampuan wireframing dan prototyping

UX Designer juga harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan timnya seperti bidang developer, pemegang saham, hingga pengguna.

· User Experience Writing

Selain membutuhkan kemampuan desain dan coding, UX designer harus bisa memiliki kemampuan menulis. Jika designer bisa mengungkapkan tulisan yang menarik maka interaksi pengguna dengan produk akan semakin baik.

· Riset

Seorang UX Designer harus bisa memahami apa yang diinginkan oleh user. Dengan memiliki kemampuan riset atau penelitian maka seorang designer akan bisa merencanakan, melakukan, dan menganalisis temuan dari berbagai metode penelitian yang tepat.

· Information Architecture

Jika seorang User Experience Designer memiliki kemampuan information architecture maka mereka bisa memprioritaskan dan mengatur informasi yang kompleks sehingga mudah dimengerti.

  • Soft skill

· Kemampuan untuk memahami kebutuhan user

Oleh karena UX designer lebih fokus pada kebutuhan dan kenyamanan pengguna, maka seorang designer harus bisa memandang produk dari sudut pandang pengguna sehingga bisa melakukan keputusan dengan tepat.

· Kemampuan komunikasi yang baik

UX Designer juga harus bisa memaparkan produk dengan baik kepada berbagai pihak yang berkepentingan sehingga sangat dibutuhkan kemampuan komunikasi dengan baik.

· Kemampuan untuk mengelola data dengan baik

UX designer akan sering berhadapan dengan tugas desain, coding, marketing, dan sebagainya. Sehingga, designer harus bisa mengolah data sehingga bisa menghasilkan produk dengan baik.

· Kemampuan berpikir kritis

Oleh karena seorang UX designer harus bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna, maka designer harus bisa menganalisis masalah dengan kritis sehingga bisa mengidentifikasi kebutuhan pengguna, menemukan evaluasi dari produk yang sudah ada, dan bisa memperbaiki setiap kesulitan dari produk.

Proses yang biasanya dilakukan oleh user experience design adalah mencari tahu target audience yang menjadi tujuan dari website , selanjutnya designer akan memahami tujuan utama perusahaan dan designer akan mengaplikasikan ide untuk menciptakan aplikasi atau website yang akan digunakan oleh user.

Maka, setelah melihat perbedaan user interface dengan user experience, manfaat adanya user experience, kemampuan yang harus dimiliki oleh UX designer, dan juga proses yang dilakukan oleh UX designer maka kita mengetahui bahwa perkembangan teknologi ini membuat semua serba cepat dan mudah sehingga adanya user experience akan sangat membantu perusahaan dalam melakukan pekerjaan untuk memuaskan kebutuhan penggunanya.

Referensi :

Seberapa Penting user experience (UX) design dalam Dunia digital? (2020, March 11). Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/user-experience-ux-design/

Educa Studio. (n.d.). Berkenalan dengan UI/UX designer: 5 Keahlian Yang Wajib Dimiliki. Gamelab.ID. https://www.gamelab.id/news/226-berkenalan-dengan-uiux-designer-5-keahlian-yang-wajib-dimiliki

11 skills Yang kamu butuhkan untuk menjadi UX designer andal. (n.d.). EKRUT | #1 tech talent recruitment platform in Indonesia. https://www.ekrut.com/media/ini-skills-yang-kamu-butuhkan-untuk-menjadi-ux-designer-mahir

Jenita Felicia Candra, Ferdianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031