School of Information Systems

Cara memanfaatkan AI dan otomatisasi dalam strategi pemasaran di tahun 2024

Menjelang tahun 2024, Kecerdasan Buatan (AI) dan otomatisasi pemasaran menjadi semakin penting dalam memberikan hasil yang mengubah permainan bagi merek di seluruh dunia. Sekaranglah saatnya bagi para pemasar dan profesional e-commerce untuk merangkul teknologi ini dan memasukkannya ke dalam rencana pemasaran mereka. Kita akan membahas enam cara yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan AI dan otomatisasi pemasaran untuk merampingkan strategi pemasaran Anda di tahun 2024.

1. Tingkatkan brainstorming dengan AI

Sesi brainstorming dapat dibuat lebih produktif dengan mengintegrasikan alat bantu AI generatif. Hal ini dapat membantu mengatasi blok penulis dan mengarah pada diskusi yang menghasilkan ide-ide segar. Pastikan untuk membuat permintaan Anda konsisten dan jangan ragu untuk menguji alat pilihan Anda dengan memintanya untuk memberikan lebih banyak ide kreatif daripada sebelumnya.

2. Rangkullah pesan berbasis momen

Pesan berbasis momen adalah pendekatan yang sangat personal untuk keterlibatan pelanggan, menggunakan teknologi AI untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan momen mikro secara real-time di sepanjang perjalanan pelanggan. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat memastikan bahwa kampanye pemasaran Anda secara konsisten memenuhi permintaan dan keinginan pelanggan, yang pada akhirnya mendorong konversi dan loyalitas merek.

Berikut adalah cara Anda dapat memanfaatkan pesan berbasis momen secara maksimal pada tahun 2024:

Gunakan segmentasi yang lebih cerdas

Salah satu cara efektif untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda adalah dengan menggunakan taktik segmentasi yang didukung oleh AI seperti eRFM. Dengan menganalisis tingkat keterlibatan pelanggan, serta frekuensi interaksi mereka dengan merek Anda, Anda dapat mengelompokkan pelanggan ke dalam segmen yang berbeda. Hal ini membantu Anda lebih memahami karakteristik dan preferensi unik mereka, sehingga Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan tanpa batas yang selaras dengan audiens target Anda di setiap saluran.

Mengantisipasi momen mikro dengan analisis prediktif

Analisis prediktif yang didukung AI dapat mengungkap momen-momen mikro utama di sepanjang perjalanan pelanggan. Analisis ini dapat digunakan untuk mengkategorikan pelanggan berdasarkan probabilitas mereka untuk kembali atau kemungkinan besar akan melakukan pembelian berikutnya. Dengan pandangan ke depan ini, kampanye pemasaran Anda dapat secara proaktif mengatasi potensi masalah atau memenuhi kebutuhan sebelum

pelanggan Anda menyadarinya. Dengan memanfaatkan analisis prediktif, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan data dan tetap menjadi yang terdepan.

Menggunakan konten dinamis

Dengan menggunakan blok konten dinamis yang didukung AI, Anda dapat menampilkan item katalog yang didasarkan pada perilaku belanja dan penelusuran pelanggan Anda. Hal ini akan membuat email dan halaman produk Anda terasa lebih istimewa bagi pemirsa. Konten dinamis dibuat secara real-time, sehingga pengalaman beradaptasi dan diperbarui setiap kali pelanggan kembali ke situs atau email Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan keterlibatan dan mendorong konversi.

3. Tingkatkan konten email Anda menggunakan AI generatif

AI generatif dapat menjadi pengubah permainan dalam hal membuat konten email yang melibatkan audiens Anda. WinstonAI menawarkan wawasan berharga untuk meningkatkan nada email Anda, mengidentifikasi area yang mungkin memerlukan informasi tambahan, dan menyoroti peluang untuk membawa kampanye email Anda ke tingkat berikutnya.

Namun tidak hanya itu, WinstonAI membantu Anda mengoptimalkan baris subjek email Anda. Dengan menganalisis data dari 25 pengiriman email terbaru Anda, ini memberikan tiga baris subjek alternatif yang disesuaikan dengan merek dan gaya kampanye Anda. Pendekatan yang dipersonalisasi ini memastikan bahwa email Anda menonjol dan meningkatkan tingkat keterbukaan Anda.

4. Tingkatkan dukungan pelanggan dengan obrolan langsung dan AI

Obrolan langsung telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan kemampuannya lebih dari sekadar pertanyaan layanan pelanggan. Kini Anda dapat menyelesaikan masalah pelanggan secara real-time dengan widget obrolan langsung yang dapat Anda tambahkan langsung ke situs web Anda.

Obrolan langsung dapat menyesuaikan respons berdasarkan profil pelanggan, riwayat, preferensi, dan interaksi mereka sebelumnya. Hal ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan tetapi juga menghemat waktu dan sumber daya yang berharga bagi pemasar dan menghilangkan hambatan untuk membeli.

5. Ciptakan koneksi yang tepat waktu dengan pesan yang dipicu

Menggunakan pesan yang dipicu dapat membantu Anda menyampaikan pendekatan yang lebih tepat waktu, personal, dan efisien untuk melibatkan audiens Anda. Pesan-pesan ini, yang dikirim sebagai respons terhadap tindakan atau perilaku pengguna tertentu, memperkuat hubungan pelanggan dengan menyediakan konten atau penawaran yang relevan dan berharga pada saat yang tepat.

Sebagai contoh, pertimbangkan pelanggan yang menambahkan produk ke keranjang belanja online mereka tetapi pergi tanpa menyelesaikan pembelian. Sebuah pesan otomatis-yang dipicu oleh pengabaian keranjang belanja-dapat dikirim beberapa jam kemudian, mengingatkan pelanggan akan transaksi yang belum selesai, menawarkan bantuan, atau bahkan memberikan diskon dalam waktu terbatas untuk mendorong pembelian.

Pendekatan yang dipersonalisasi ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga mendorong konversi dan menumbuhkan loyalitas merek.

6. Optimalkan waktu pengiriman untuk mendapatkan dampak yang maksimal

Apakah Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan kampanye pemasaran email Anda di tahun 2024? Jika ya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pengoptimalan waktu pengiriman. Waktu pengiriman email bisa menjadi pembeda antara seseorang yang membaca dan berinteraksi dengan email Anda dan seseorang yang mengabaikannya.

Optimalisasi waktu pengiriman adalah strategi yang dapat membantu Anda memaksimalkan tingkat keterlibatan dengan mengirim email secara otomatis pada saat yang paling tepat. Teknologi yang didukung AI ini menganalisis perilaku klik historis kontak Anda dan menemukan waktu terbaik untuk mengirim email untuk memastikan email Anda dilihat dan dibuka. Ini berarti Anda dapat menyesuaikan waktu pengiriman ke segmen tertentu dalam basis data kontak Anda, memastikan bahwa pesan Anda sampai ke anggota audiens Anda ketika mereka paling mungkin untuk terlibat.

Dengan mengotomatiskan pengiriman email, Anda dapat menghemat waktu dan sumber daya yang seharusnya dihabiskan untuk penjadwalan manual, dan ini akan membantu Anda mencapai tingkat keterlibatan yang tinggi secara konsisten di seluruh kampanye Anda.

Sumber:

https://dotdigital.com/blog/ai-automation-2024-marketing-strategy/

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031