School of Information Systems

10 Alasan Tidak Melakukan SPAM pada Email Marketing

Apakah Anda lelah mendapati kotak masuk Anda penuh dengan pesan yang tidak diinginkan? Anda tidak sendirian. Email spam bukan hanya gangguan yang menyumbat kotak masuk kita tetapi juga bisa menjadi ancaman serius bagi keamanan online kita. Kita akan membahas bahaya spam dan menjelajahi 10 alasan utama mengapa mengirim email spam bukanlah ide yang baik.

Apa itu spam?

Spam, singkatnya, adalah email yang tidak diminta yang tidak diminta atau diinginkan oleh seseorang. Sebagai pengguna email, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis, Anda mungkin pernah mengalami banjir email yang tidak diinginkan secara teratur. Sebagai seorang pemasar, mungkin Anda tertarik untuk mengirim email spam, karena berpikir bahwa semua orang ingin menerimanya. Namun, ada banyak alasan mengapa hal ini merupakan ide yang buruk dan mengapa Anda harus menghindari praktik ini.

1. Mengganggu calon pelanggan potensial

Banyak orang menjadi gelisah ketika mereka menerima email yang tidak diinginkan yang dianggap sebagai spam. Itu karena mereka mendapatkan ratusan email setiap hari yang harus mereka periksa dan mereka tidak ingin membuang waktu dan usaha mereka untuk informasi yang tidak berguna yang masuk ke kotak masuk mereka.

2. Melanggar hukum privasi

Terlibat dalam praktik email spam dapat mengakibatkan denda yang besar dan konsekuensi hukum di berbagai negara. Peraturan seperti Undang-undang Anti-Spam Kanada (CASL) telah diterapkan untuk melindungi konsumen dan bisnis dari penyalahgunaan teknologi digital, yang mencakup spam dan ancaman elektronik lainnya. CASL bertujuan untuk memastikan bisnis mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar digital global yang terus berkembang.

Untuk menghindari masalah hukum, perusahaan harus mematuhi pedoman pemasaran email yang ditetapkan oleh undang-undang yang relevan. Dengan menerapkan praktik email yang etis dan menghormati privasi penerima, perusahaan dapat mengembangkan lingkungan digital yang aman dan menjunjung tinggi kredibilitas mereka.

3. Tidak etis

Spamming tidak hanya melanggar hukum dan melanggar privasi orang – namun juga membuang-buang sumber daya dan waktu yang berharga, tanpa mempertimbangkan penerima. Ingat, banyak pengguna email membayar layanan internet mereka berdasarkan penggunaan atau waktu yang dihabiskan untuk online. Jadi, ketika Anda mengirim spam, pada dasarnya Anda membebankan biaya finansial kepada orang lain. Praktik tidak etis ini berdampak buruk bagi pengirim dan dapat merusak integritas merek dan hubungan mereka dengan pelanggan.

4. Anda akan kehilangan kepercayaan pelanggan

Kepercayaan pelanggan penting untuk memperkuat hubungan, mendorong loyalitas pelanggan, dan mendorong promosi dari mulut ke mulut yang positif. Terlibat dalam praktik email spam dapat secara signifikan merusak kepercayaan ini, yang berdampak pada retensi pelanggan dan reputasi merek. Ketika pelanggan menerima email yang tidak diminta, mereka mungkin menganggap bisnis Anda tidak peduli, memaksa, atau bahkan invasif, sehingga mereka berhenti berlangganan atau menandai email sebagai spam.

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap merek Anda, fokuslah untuk mendapatkan izin sebelum menambahkan penerima ke milis Anda. Komunikasikan dengan jelas apa yang dapat diharapkan pelanggan dari email Anda dan sesuaikan kampanye agar sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Dengan memprioritaskan kepercayaan pelanggan dan menerapkan praktik pemasaran email yang etis, Anda dapat membina hubungan merek yang kuat, meningkatkan tingkat retensi pelanggan, dan meningkatkan kesuksesan bisnis Anda.

5. Hasil pemasaran yang mengecewakan

Email spam yang tidak diminta dapat menyebabkan hasil pemasaran yang buruk. Ketika email Anda masuk ke folder spam penerima, kecil kemungkinannya untuk dibuka, dibaca, atau ditindaklanjuti. Ini berarti Anda akan memiliki tingkat konversi yang rendah dari email spam Anda. Menginvestasikan waktu dan sumber daya ke dalam strategi pemasaran yang menggunakan spam, pada akhirnya, hanya membuang-buang usaha.

6. Berbahaya

Terkadang, email spam dapat berisi malware berbahaya, seperti virus dan program berbahaya lainnya yang dirancang untuk merusak perangkat atau mencuri informasi pribadi. Hindari mengirim email spam untuk membantu melindungi penerima dari risiko ini dan menjaga reputasi merek Anda.

7. Tidak ditargetkan

Pengirim spam sering kali mengesampingkan preferensi dan kebutuhan penerima mereka, sehingga menghasilkan email yang tidak tepat sasaran dengan target audiens yang dituju. Ini adalah hal yang tidak boleh dilakukan untuk kampanye pemasaran email yang sukses. Sebaliknya, pemasar harus mempersonalisasi email mereka dengan mensegmentasi milis mereka dan mengirimkan pesan yang ditargetkan. Dengan pendekatan ini, pemasar dapat mengirimkan konten yang disesuaikan yang beresonansi dengan penerima mereka, memastikan tingkat keterbukaan dan konversi yang lebih tinggi.

8. Menurunkan tingkat kotak masuk untuk email asli

Penyedia layanan internet (ISP) mengikuti kode etik khusus yang melarang email yang tidak diminta, baik untuk komunikasi mereka maupun untuk pengguna mereka. Ketika spammer mengirim email yang tidak diminta melalui penyedia layanan ini, mereka berisiko kehilangan akun internet mereka, yang dapat berdampak pada komunikasi email yang sah. Selain itu, spamming yang berlebihan dapat membahayakan pengiriman email yang disetujui, yang menyebabkan tingkat kotak masuk yang lebih rendah dan menghambat efektivitas kampanye pemasaran email secara keseluruhan.

9. Memiliki ROI yang rendah

Meskipun kampanye yang dilakukan oleh agen pemasaran email yang efisien dapat memiliki tingkat pengembalian yang sangat tinggi, spamming biasanya memiliki tingkat pengembalian 0,001%. Jadi, spammer harus mengirim 10.000 email untuk membuat 1 orang merespons.

Singkatnya, spam tidak akan memberikan manfaat atau mencapai target yang ditetapkan seperti menarik minat publik dan memaksimalkan respons publik. Pemasar yang ingin meningkatkan penjualan dan mendapatkan ROI yang lebih tinggi harus mempertimbangkan untuk menggunakan platform pemasaran email untuk merampingkan dan mendukung kampanye mereka secara efektif.

10. Merusak reputasi merek Anda

Spamming tidak hanya merusak hubungan Anda dengan calon pelanggan, tetapi juga dapat meninggalkan kesan negatif yang bertahan lama pada reputasi dan kredibilitas merek Anda. Untuk menjaga citra bisnis Anda, hindari spam dengan cara apa pun, dan buatlah program pemasaran email yang beretika dan berdasarkan hasil.

Katakan tidak pada spam

Email spam adalah gangguan bagi semua orang yang terlibat. Email ini dapat mengganggu penerima, merugikan bisnis, dan membuat dunia digital menjadi tempat yang kurang menyenangkan. Jadi, mari kita sepakat untuk menghindari spam dan berkonsentrasi pada pemasaran email yang bertanggung jawab.

Apa alternatif yang lebih baik? Buatlah kampanye email yang asli dan bertarget yang menunjukkan kepada pelanggan Anda betapa Anda menghargai bisnis mereka. Ketika Anda memprioritaskan kepercayaan dan mengembangkan konten yang sesuai dengan audiens Anda, Anda akan melihat hasil yang mengesankan, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan reputasi merek Anda. Mari tinggalkan spam dan berikan pengalaman kotak masuk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Sumber:

https://dotdigital.com/blog/10-reasons-spam/

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031