School of Information Systems

Tiktok Sebagai Aplikasi Media Sosial yang Termasuk Banyak Digunakan di Indonesia

Modernisasi yang setiap tahunnya meningkat, memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan teknologi seperti digital media. Indonesia merupakan negara yang termasuk memiliki persentase besar dalam penggunaan digital media berdasarkan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII), yaitu kurang lebih sekitar 65,8% pengguna internet (Hasiholan et al., 2020, hlm.71). Dalam kontek perkembangan teknologi, salah satu aplikasi digital media yang menjadi tren beberapa tahun ini adalah Tiktok. Tiktok merupakan aplikasi sosial media yang memiliki jumlah pengguna yang cukup besar di Indonesia, terlebih lagi dikalangan para remaja berusia 14-24 tahun (Astuti & Andrini, 2021, hlm.134). Aplikasi Tiktok yang merupakan aplikasi media sosial dalam bidang video menjadi sebuah fenomena baru di tengah pandemi Covid-19. Aplikasi ini dijadikan sebagai media hiburan yang sangat diminati di berbagai kalangan usia. Selain itu, aplikasi ini sudah termasuk dari sebagian besar gaya hidup hingga kebutuhan sekunder dalam mempresentasikan diri dengan menghasilkan video yang kreatif dan unik (Utami, 2021, hlm.40).

Tanggapan mengenai aplikasi Tiktok

  • Menurut Azra Qomariyah Sahara, Tiktok memiliki berbagai macam fitur yang dapat dengan mudah diakses oleh siapapun yang mengunduh aplikasi tersebut. Selain menjadi tempat untuk mendapatkan hiburan, setiap orang juga memiliki kebebasan untuk menyalurkan ide kreativitasnya dalam bentuk video. Contoh kreativitas yang dapat diimplementasikan dalam aplikasi tersebut contohnya seperti menyebarkan berita hangat atau viral dan pengetahuan-pengetahuan tertentu. Selain itu, tiktok juga memiliki fitur siaran langsung yang cenderung digunakan pengguna Tiktok untuk berjualan, karena dapat menjadi lahan untuk mencari penghasilan. Adanya berbagai video yang terunggah di aplikasi ini, membuat para pengguna merasa puas dan nyaman mengakses aplikasi Tiktok.

 

  • Menurut Jonathan Sulianto, akhir-akhir ini Tiktok memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan sosial media masyarakat Indonesia, terlebih lagi dalam kalangan generasi muda sekarang. Tiktok dapat menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri mereka sekaligus menjangkau audiens yang luas. Salah satu penyebab dari kepopuleran Tiktok adalah setiap konten kreator memiliki hak untuk mengekspresikan dirinya dengan bebas. Kebebasan tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk pembuatan atau penyajian video dengan fitur dan musik yang menarik. Selain itu, Tiktok juga dapat menyediakan sponsor untuk menambah penghasilan, dengan kata lain menjadi sumber mata pencaharian yang nantinya penghasilan tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan baik pembuatan video selanjutnya maupun kebutuhan pribadi. Dibalik banyaknya dampak positif yang ada, aplikasi ini juga pastinya memiliki dampak negatif seperti halnya dalam sosial media lainnya. Salah satu dampak negatif dari Tiktok adalah dapat mempengaruhi masalah kesehatan mental pengguna.

 

  • Menurut Muhamad Kevin, Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang digemari terutama di kalangan anak muda zaman milenial seperti saat ini. Tiktok memiliki pengaruh yang cukup besar dalam ranah media sosial, sehingga sering sekali menghasilkan tren yang baru setiap harinya. Tidak hanya dapat diakses melalui smartphone, Tiktok juga hadir dalam bentuk website yang menjadikan akses untuk para penggunanya semakin mudah.

 

  • Menurut Nadefa Zeda Herlina Fendi, Tiktok sebagai aplikasi yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang, terlebih lagi para remaja. Tiktok menjadi aplikasi yang sangat membantu kita dalam menemukan referensi-referensi terbaru dalam bentuk video singkat. Selain itu, aplikasi ini juga banyak memberikan informasi terkini yang sedang hangat dibicarakan atau viral. Akan tetapi, aplikasi ini juga banyak menimbulkan pro dan kontra untuk pengguna dan non penggunanya. Banyak pengguna Tiktok yang mengakses aplikasi tersebut cenderung untuk mendapatkan ketenaran semata, yang kemudian menjadikan aplikasi ini banyak menimbulkan kontra karena dampak nya yang sangat besar.

 

  • Menurut Pascalia Maria Kebelen, Tiktok menjadi salah satu aplikasi atau media sosial yang sudah cukup lama bahkan hingga saat ini masih menjadi tren bagi para pengguna internet,salah satu faktor yang mendorong hal ini adalah karena gencarnya promosi yang dilakukan sehingga menjadikan aplikasi ini memiliki jangkauan yang cepat dan luas. Salah satu strategi promosinya adalah dengan berkolaborasi atau menggandeng para selebriti dan tokoh publik, hal ini dinilai lumayan efektif karena berhasil mendongkrak jumlah user dari aplikasi Tiktok tersebut. Aplikasi ini mewadahi para penggemar dapat melihat idolanya melalui konten-konten yang diunggah

 

  • Menurut Sarah Elisabet Pardede, Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang digandrungi banyak orang dari semua kalangan saat ini, terutama kaum millenials dan genz. Hal menarik yang ada di tiktok adalah aspek entertainment nya, dengan menonton video yang muncul di FYP, hal-hal yang sedang viral sampai hal yang kita sukai. Di tiktok sendiri konten video yang ada juga beragam dan dari berbagai macam hal seperti memasak, dance, olahraga, fashion, musik, games, dan sebagainya. Tidak hanya itu tapi sekarang tiktok juga melebarkan sayapnya dengan membuat fitur Tiktok shop disini para penjual bisa menjual barang secara online layaknya e-commerce lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik dari Tiktok sendiri. Para seller juga dapat memasarkan barangnya melalui konten dan juga live shoppin
Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031