School of Information Systems

Pengalaman memutar musik seperti menggunakan sosial media

Spotify adalah platform media pemutar musik yang saat ini menjadi platform pemutar music nomor satu di dunia. Awal mula spotify berasal dari perusahaan start-up Spotify AB yang berasal dari Swedia. Spotify hadir sebagai media pemutar musik yang menawarkan pengalaman mendengarkan musik lintas bebas dan aliran pengguna. Spotify menyediakan media kepada penggunanya untuk mencari dan mendengarkan musik sesuai dengan selera pengguna. Tidak sampai disitu, Spotify terus melakukan pengembangan terhadap fitur-fitur mereka dan menambahkan fitur-fitur yang menambah kepuasan pengguna. Salah satu contoh fitur yang menarik perhatian yaitu fitur “friends activity”. Dengan fitur tersebut, pengguna seakan-akan sedang menggunakan media sosial yang berbasis media pemutar musik. Salah satu contoh fitur sosial media yang bisa digunakan dalam Spotify adalah kolaborasi playlist, dimana pengguna bisa membuat playlist musik bersama dengan teman pengguna yang ada di Spotify. Fitur kolaborasi playlist membuat pengguna bisa menyatukan kumpulan lagu dengan teman pengguna di Spotify, yang bisa menambahkan pengalaman pengguna dalam menggunakan Spotify. Pengalaman tersebut bisa dirasakan oleh pengguna seakan-akan sedang menggunakan media sosial, yang dimana pengguna bisa mengetahui referensi musik pengguna lain dan aktivitas pengguna lain sembari pengguna mendengarkan musik. Itulah mengapa Spotify saat ini menjadi platform media pemutar musik nomor satu di dunia. Yang dilakukan oleh Spotify untuk menambahkan pengalaman pengguna dalam mendengarkan musik bisa menarik pengguna lebih banyak lagi.

Mengapa Spotify bisa Trend?

Spotify telah menjadi trend karena beberapa alasan. Pertama, Spotify memiliki perpustakaan musik yang sangat luas yang secara teratur diperbarui dengan rilis baru, menjadikannya aplikasi terdepan dalam industri streaming musik. Fitur ini membuat Spotify lebih unggul dari aplikasi streaming musik lainnya. Kedua, Spotify memiliki antarmuka atau user interface yang mudah digunakan yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menavigasi dan menemukan musik baru. Antarmuka aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan, membuatnya dapat diakses oleh berbagai macam pengguna. Ketiga, Spotify memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi daftar putar dengan teman dan keluarga, menjadikannya platform sosial bagi para pecinta musik. Fitur ini telah membantu menciptakan komunitas pecinta musik yang saling berbagi lagu dan daftar putar favorit mereka. Keempat, Spotify telah memperluas layanannya dengan menyertakan podcast, yang telah membantu meningkatkan pendapatannya melalui iklan.

Selain itu, Spotify memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan music secara offline, yang nyaman bagi pengguna yang tidak memiliki akses ke internet. Terakhir, Spotify memiliki versi gratis yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan music dengan iklan, sehingga dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas. Kesimpulannya, perpustakaan musik Spotify yang luas, antarmuka yang mudah digunakan, fitur sosial, layanan podcast, mendengarkan secara offline, dan versi gratis dari aplikasi Spotify menjadikan aplikasi Spotify menjadi aplikasi yang trend dan populer.

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031