School of Information Systems

Alat Kolaborasi Bersama: Figma

Pada zaman modern ini, cloud server sangat membantu dan memudahkan pekerjaan di semua kalangan. Penggunaan cloud server ini tidak mengenal usia dan batasan, karena tanpa disadari, sebagian besar masyarakat umum sudah menggunakan service dari cloud server ini.

Kita dapat memulai dari hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan whatsapp, line, sosial media, dan aplikasi lain yang terdapat di dalam gadget kita masing-masing. Sebagian besar aplikasi yang biasa kita pakai sehari-hari cenderung sudah berbasis cloud, sehingga kita dapat mengaksesnya dengan mudah dan leluasa/fleksibel, karena cloud server ini dapat diakses dengan adanya koneksi internet.

Seperti yang kita tahu saat ini aplikasi berbasis cloud banyak digunakan oleh perusahaan software, salah satunya adalah aplikasi Figma. Aplikasi Figma adalah aplikasi berbasis website yang terhubung dengan cloud sehingga memungkinan penggunanya untuk kolaborasi kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan internet. Figma juga menyediakan banyak fitur untuk mendesain sebuah aplikasi berbasis web maupun mobile, dengan plugin yang disediakan oleh figma, yang memudahkan kita untuk mendesain. Dengan adanya aplikasi figma, semua kalangan seperti umum, developer dan ui/ux designer dapat membuat design UI dengan mudah. Selain itu, juga kita dapat mengedit foto dengan hanya pengaturan biasa saja. Perusahaan yang sedang mengembangkan figma memiliki focus ataupun tujuan dengan mengutamakan kemudahan bagi user dalam melakukan design jamming atau juga figma menyediakan fitur untuk melakukan desain bersama-sama dalam satu platform tanpa harus melakukan penggabungan secara manual. Dengan fitur-fitur yang disediakan ini menjadi poin lebih dan juga menarik bagi user untuk menggunakan beberapa tool yang tersedia. Pastinya jika user ingin menggunakan beberapa fitur yang tersedia, user harus melakukan registrasi dan juga verifikasi alamat email atau memilih beberapa pilihan cara untuk melakukan login.

Media banyak digunakan oleh para UI/UX Designer. Karena tools yang disediakan seperti pembuatan vector, shapes, frame, dan sebagainya dapat berguna untuk mendesain aplikasinya. Juga ada prototype desain yang dapat digunakan untuk memberi gambaran apabila desain aplikasi tersebut dijalankan. Dengan adanya fitur-fitur yang disediakan oleh figma, pekerjaan akan lebih mudah dan dapat selesai dengan cepat, berhubung Figma dapat diakses melalui server cloud.

Alasan dipilih Figma adalah karena Figma merupakan software yang sangat membantu khususnya untuk designer seperti Graphic Designer, Web Designer, dan Application Designer. Awalnya, Figma digunakan khusus untuk Designer yang ingin mendesign aplikasi. Akan tetapi, karena mudah digunakan dan dipelajari, Figma mulai digunakan untuk hal-hal lainnya yang bersangkutan dengan design. Selain itu, untuk membantu para UI/UX Designer, Figma menyediakan community yang dapat mempermudah Designer

dalam mencari komponen – komponen yang dibutuhkan karena pengguna hanya perlu mendownload plugin yang sudah tersedia atau dibuat oleh pengguna lainnya.

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031