School of Information Systems

Media Sosial sebagai Alat Promosi yang Efektif

Sebagai mahasiswa sistem informasi, kami ingin menulis artikel tentang media sosial sebagai kebutuhan dalam pekerjaan. Media sosial merupakan sebuah platform di mana pengguna dapat berinteraksi dengan satu sama lain melalui internet. Saat ini, ada beberapa media sosial yang sedang tren, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok. Setiap media sosial ini memiliki karakteristik dan penggunaan yang berbeda-beda.

Facebook merupakan salah satu sosial media yang sangat popular dan pada umumnya semua kalangan dari remaja, orang dewasa, bahkan sampai orang tua dapat memiliki akun dari sosial media ini. Karena fitur yang memadai dan sudah digunakan sejak lama, Facebook menjadi kebutuhan semua orang selain menjadi sebuah hiburan. Instagram, Twitter, dan TikTok memiliki kelebihan utama yang hampir sama dengan Facebook. Hanya saja, rentan usia pengguna Facebook lebih luas dibandingkan Instagram, Twitter, dan TikTok. Instagram, Twitter, dan TikTok juga memiliki kelebihan masing-masing dan memiliki pasar kalangan usia tersendiri. Oleh karena itu, sosial media dapat membantu mempromosikan sesuatu sesuai target yang kita inginkan.

Mempromosikan sesuatu merupakan hal yang sangat diperlukan dan sudah pasti dilakukan oleh setiap orang ataupun setiap pekerjaan yang mereka lakukan. Dalam sosial media, kita dapat mempromosikan produk maupun jasa yang kita miliki secara menyeluruh dan dapat menjangkau semua orang. Contoh kecil jika kita ingin mempromosikan kelebihan kecil kita seperti jasa edit template yang sedang trend di semua kalangan. Sosial media dapat membantu mempromosikan usaha tersebut dengan jangkauan yang lebih luas bahkan bisa saja orang yang diluar daerah sipengirim dapat melihan postingan tersebut. Kita juga dapat memilih sosial media yang cocok sebagai wadah promosi produk kita, seperti contoh jika kita ingin mempromosikan produk yang sedang atau biasanya dipakai kalangan remaja sampai dewasa, maka Instagram, Twitter, dan TikTok dapat menjadi pilihan yang tepat untuk tempat promosi hal tersebut. Maka, sosial media merupakan wadah yang dapat mengklasifikasikan target promosi sesuai kebutuhan yang kita inginkan.

Sosial media memiliki pengaruh besar sebagai wadah promosi. Beberapa perusahaan segala kalangan dari brand kecil sampai ke brand yang besar, memperlakukan media sosial sebagai kebutuhan perusahaan. Beberapa pengusaha-pengusaha menengah saja banyak yang mempekerjakan orang sebagai social media manager atau content creator dari produk mereka. Apalagi brand besar telah melakukan branding yang besar-besaran di sosial media pastinya sudah bergantung pada sosial media sebagai alat promosi mereka karena jangkauan sosial media yang sangat luas.

Banyak sosial media yang telah menyediakan fitur marketplace karena hal inisangat banyak dilakukan oleh pengguna sosial media tersebut. Beberapa sosial media yang telah menerapkan fitur ini adalah Facebook,

Instagram, dan TikTok. Dengan fitur ini kita lebih mudah dalam mempromosikan produk dari perusahaan kita.

Oleh karena itu, sosial media merupakan wadah dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa yang sangat efektif di setiap kalangan. Sosial media dapat mempromosikan produk yang diposting ke setiap kalangan dengan rentan usia yang luas dan sesuai peminatnya. Kebutuhan media sosial sebagai alat branding merupakan Langkah yang tepat karena kelebihannya tersebut.

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031