School of Information Systems

Manfaat Society 5.0 bagi Perusahaan

Society 5.0 merupakan sebuah era penyempurnaan dari konsep-konsep yang sudah ada sebelumnya, dimana teknologi menjadi bagian krusial dalam kehidupan manusia untuk menyelesaikan setiap tantangan dan permasalahan dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif. Dalam Society 5.0, manusia tetap merupakan komponen utama yang mengaplikasikan teknologi untuk menciptakan nilai baru, dengan tujuan mampu meminimalisir adanya kesenjangan sosial pada manusia dan masalah ekonomi dikemudian hari.

Karakteristik utama dari era Society 5.0 erat kaitannya dengan istilah Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan robotika. Selain itu, peradaban Society 5.0 berpeluang besar untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi oleh masyarakat saat ini, seperti kemiskinan, isu kesehatan global, pertumbuhan penduduk yang cepat, perubahan iklim, perubahan demografis, akses pendidikan dan kesehatan. Tidak hanya itu, era ini juga berperan dalam rangka meningkatkan kesetaraan sosial dengan cara memberikan akses yang lebih luas bagi setiap individu dan masyarakat untuk mengakses informasi dan teknologi.

Peradaban Society 5.0 yang didukung dengan pemanfaatan teknologi dan digitalisasi dinilai mampu memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia secara internal maupun eksternal. Berikut ini ialah beberapa manfaat dari hadirnya Society 5.0 untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi oleh manusia.

a. Meningkatkan Kualitas Diri

Perkembangan teknologi yang semakin kompleks mengharuskan manusia untuk meningkatkan keterampilan/skill yang dimiliki olehnya agar mampu mengaplikasikan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

b. Memperluas Peluang Karier

Supaya teknologi dapat berperan dengan optimal, manusia perlu menjadi operator dalam penggunaan teknologi. Hal ini juga berimbas pada adanya lapangan pekerjaan baru bagi manusia.

c. Meningkatkan Keterampilan dan Mempermudah Pekerjaan Manusia

Teknologi mampu meningkatkan soft-skill setiap manusia serta meningkatkan efektivitas serta efisiensi atas solusi permasalahan yang dialami oleh manusia.

d. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Society 5.0 yang didukung dengan teknologi mampu memperluas lapangan pekerjaan baru bagi manusia dan meningkatkan pendapatan masyarakat dari adanya spesialisasi pekerjaan di bidang teknologi.

Society 5.0 membawa banyak perubahan serta transformasi baru dalam ekosistem manusia, yang mencakup beragam aspek kehidupan. Berikut ini adalah contoh pengimplementasian teknologi yang dilakukan pada era Society 5.0.

1. Bidang Mobilitas

Contoh di bidang mobilitas society 5.0 adalah big data dalam data warehouse yang mencakup beragam jenis informasi. Misalnya, informasi real-time tentang cuaca, lalu lintas, dan lain sebagainya.

2. Bidang Transportasi

Contoh penerapan teknologi dalam bidang transportasi salah satunya yaitu peta digital yang dapat memberikan informasi tercepat, transportasi yang bisa menjangkau tujuan, hingga aplikasi ojek online.

3. Bidang Sistem Keamanan

Pemanfaatan teknologi juga merambah di bidang sistem keamanan, beberapa contohnya seperti CCTV, dan fitur sidik jari di area yang terbatas (misalnya kampus/rumah) untuk menambah keamanan di sekitar kita.

4. Bidang Ekspedisi/Pengiriman Barang

Pengiriman barang saat ini semakin cepat dan mudah. Tidak butuh waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan seperti zaman dulu. Misalnya, kita ingin membeli makanan, hanya dalam hitungan menit saja makanan tersebut sudah bisa kita dapatkan dan juga tidak perlu menunggu di depan toko. Begitu juga saat membeli barang dari kota lain, bisa sampai hanya dalam waktu 1-2 hari saja, melalui aplikasi online shop seperti Shoppe, Tokopedia, dan Lazada.

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031