School of Information Systems

Apa kabar YouTube Saat Ini?

Belakangan ini muncul perkataan, “YouTube lebih dari TV”. YouTube adalah sebuah platform video sharing yang mendorong interaksi antar individu. Setiap hari, jutaan orang membuka YouTube untuk mendapatkan informasi, mencari inspirasi, atau sekedar mencari hiburan, menjadikan YouTube salah satu media sosial terbesar di dunia, sebuah website yang paling sering dikunjungi kedua di dunia, setelah Google Search. Sebagai salah satu media sosial tertua, YouTube pertama kali diluncurkan pada tahun 2005. Setelah dibeli oleh Google pada tahun 2006, semakin banyak orang menggunakan YouTube sebagai solusi dari penyebaran video. Dengan semakin popularnya YouTube, bermunculan beberapa individu yang mulai secara konsisten meng-upload video. Lalu, di awal May 2007, YouTube merilis YouTube Partner Program (YPP), sebuah sistem yang memungkinkan creators (nama yang diberikan oleh YouTube untuk para pembuat video) untuk mendapatkan potongan revenue dari iklan yang diputar sebelum video mereka.

Hal ini memunculkan YouTuber (nama yang diberikan oleh komunitas kepada video creator), yaitu beberapa orang-orang yang sudah masuk ke YPP dan mendapatkan penghasilan secara konsisten dari revenue iklan. Pada awalnya, orang-orang tidak menganggap YouTuber sebagai jalur karir yang serius. Namun, ketika mulai banyak YouTuber yang mendapatkan penghasilan yang besar dan menjadi sukses, perspektif orang-orang terhadap YouTuber berubah, dan hal ini juga melahirkan sebuah budaya baru, yaitu budaya Influencer.

Sesuai dengan namanya, Influencer adalah orang-orang yang dapat mempengaruhi orang lain. YouTuber mulai ditonton oleh banyak orang, sehingga rekomendasi dari sebuah YouTuber dapat mempengaruhi perilaku banyak orang. Hal ini juga mengubah reputasi YouTuber menjadi layaknya sebuah selebritas. Tentunya, banyak orang yang sekarang ingin menjadi sebuah Influencer, melahirkan sebuah era baru yang memungkinkan orang biasa menjadi sebuah selebritas dalam waktu yang singkat. Hal ini juga dibantu dengan banyaknya

media sosial baru yang muncul dengan mengadopsi sistem dari YouTube. Media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan juga Tik Tok telah memungkinkan siapa saja menjadi sebuah Influencer.

Mulai dengan YouTube dan YouTuber, internet berubah dan berevolusi seiring perkembangan zaman. Dari digunakan sebagai sebuah hobi, hiburan, dan teknologi baru yang tidak dimengerti oleh banyak orang, sampai pada zaman modern ini, Internet menjadi sebuah sumber kehidupan dan platform untuk segala-galanya bagi Sebagian orang. YouTube telah menjadi sebuah bagian dari sejarah Internet selamanya. Keputusan YouTube untuk men-support para creator-nya telah mengubah budaya Internet dan manusia secara keseluruhan.

Sebagai kesimpulan, YouTube telah menjadi platform media influencer yang sangat kuat dengan audiens global yang sangat besar. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif per bulan, YouTube telah menciptakan sebuah ekosistem di mana creators dan audiens dapat terhubung dan terlibat satu sama lain dengan cara yang bermakna. YouTube telah mengubah cara sebuah brand maupun perushaan membuat strategi pemasaran mereka, memberikan peluang untuk influencer melakukan kolaborasi dan pembuatan konten yang original. Dengan genre konten yang beragam dan kuatnya user-generated content, YouTube telah menjadi pusat hiburan, pendidikan, dan komentar sosial.

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031