School of Information Systems

Tim AAC Berhasil Meraih Juara 2 di Lomba X-Project 9.0

2 Desember 2023 – Selamat kepada Cristanto Sidharta, Angeline Nathania Huang, dan Avril Angelin dari tim AAC yang telah berhasil menjadi Juara 2 pada perlombaan X-Project 9.0 yang diadakan oleh HIMTI UNESA untuk cabang lomba UI/UX Design.

Lomba X-Project 9.0 merupakan kompetisi nasional yang memiliki empat cabang perlombaan, yaitu UI/UX Design, Essay, Photography, dan Business Model Canvas. Pada tahun ini, X-Project 9.0 cabang perlombaan UI/UX Design mengambil tema “Inovasi dan transformasi peran generasi muda dalam menghadapi era society 5.0” dengan sub tema kesehatan, ekonomi, teknologi, pendidikan/edukasi, industri kreatif, organisasi, dan lingkungan.

Dalam lomba ini, terdapat tiga tahap lomba yang diikuti. Tahap pertama, yaitu tahap penyisihan dimana peserta lomba diminta untuk mengumpulkan karya berupa proposal. Di tahap ini tim AAC melakukan brainstorming dan menghasilkan ide, kemudian ide tersebut dibantu disempurnakan oleh Pak Willy, S.Kom., M.Kom. sebagai dosen pembimbing dan dibantu oleh mentor. Akhirnya pada tanggal 10 November 2023, tim AAC diumumkan lolos ke tahap selanjutnya, yaitu tahap semi-final.

Pada tahap semi-final dari X-Project 9.0, peserta diminta untuk mengumpulkan beberapa file seperti, buku panduan, link atau file design, surat orisinalitas, dan bukti pembayaran. Tim AAC pun melakukan pembuatan buku panduan dan mengumpulkan seluruh file yang dibutuhkan pada tanggal 15 November 2023. Kemudian, pada tanggal 20 November 2023, tim AAC diumumkan lolos ke tahap terakhir, yaitu tahap final.

Di tahap final perlombaan X-Project 9.0 cabang UI/UX Design ini meminta peserta untuk menyiapkan presentasi dan prototype yang sudah peserta buat untuk dipresentasikan kepada juri. Setiap tim akan diberikan 10 menit presentasi dan 5 menit untuk sesi tanya jawab dengan juri. Setelah tim AAC menyiapkan kebutuhan presentasi, pada tanggal 26 November 2023, tim AAC pun menjalankan presentasi final. Selanjutnya, pada tanggal 2 November 2023, pengumuman pemenang diumumkan dan tim AAC berhasil meraih juara 2 untuk perlombaan X-Project 9.0 ini.

Berikut ini merupakan kesan dan pesan yang disampaikan oleh tim AAC:

  • Cristanto: Lomba ini memberikan kesan mendalam karena pada akhirnya saya berhasil memenangkan kompetisi bersama rekan saya, Avril Angelin dan Angeline Nathania Huang. Meskipun sebelumnya saya telah berpartisipasi dalam berbagai macam lomba tanpa meraih hasil yang memuaskan, tetapi hal tersebut tidak membuat diri saya menyerah. Aku percaya bahwa “di dalam hidup akan selalu ada kegagalan”, sehingga menambah satu kegagalan tidak akan mengubah apapun. Dengan keyakinan ini, saya terus berusaha dan tetap semangat.

Berkat bantuan yang luar biasa dari kak Felicia Evan, yang dengan tegas menolak ide awal kami, kami akhirnya berhasil merumuskan ide baru yang brilian dan mengklaim kemenangan dalam kompetisi UI/UX oleh X-Project. Selama proses pengerjaan, kami juga mendapat dukungan berharga dari pak Kristian Willy dan bimbingan untuk menyempurnakan ide kami. Pak Kristian Willy juga memberikan arahan yang mendalam dan pengalamannya yang luar biasa sehingga kami mendapatkan wawasan yang sangat berharga untuk mengatasi masalah pada pengerjaan lomba ini.

Terakhir, tidak lupa untuk berterima kasih kepada kak Anastasya Anirudha, mentor kami yang luar biasa. Beliau tidak hanya memberikan bimbingan yang sangat berharga namun juga menjadi sosok yang keren dan penuh dedikasi. Kehadirannya membawa kami melewati setiap tahap dengan baik.

  • Avril: Kesan saya dalam mengikuti lomba ini adalah campuran antara rasa bangga dan rasa syukur kepada rekan setim. Menyusun ide aplikasi pemantauan tumbuh kembang bayi, terutama untuk golden age, merupakan tantangan tersendiri karena banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Keberhasilan ini tidak lepas dari bimbingan serta masukan berharga yang diberikan oleh Pak Willy dan Kak Syasya, yang telah menjadi pendorong utama kualitas dan kesempurnaan desain kami. Pesan saya adalah menerima setiap umpan balik dalam pengembangan, dan selalu pertahankan fokus pada kebutuhan pengguna sehingga dapat menghasilkan solusi yang signifikan dan bermanfaat.
  • Angeline: Lomba ini telah memberikan pengalaman yang berkesan bagi saya, terutama karena dapat bekerja sama dengan teman-teman yang sangat membantu, dan didukung penuh oleh bimbingan kak Syasya dan Pak Willy. Saya merasa sangat bersyukur atas kesempatan ini dan senang karena berhasil mencapai posisi juara 2. Kami menghadapi berbagai tantangan dan harus melakukan perubahan-perubahan dalam waktu yang terbatas, namun kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikan tugas ini dan berhasil menemukan solusinya.
Anastasya Anirudha

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031