School of Information Systems

Pentingnya Indexes dalam Database

Introduction

Di era digital ini, database pasti sangat penting dan lumrah digunakan di berbagai bidang. Kita pun sampai sering tidak sadar kita menggunakan database dalam kehidupan sehari-hari. Kemudahan menyimpan, mengelola, dan mengolah data yang diberikan saat menggunakan database membuat penggunaan database semakin masif di era sekarang. Penggunaan index di dalam database dapat dikatakan penting karena dapat membantu kita dalam menemukan data yang kita inginkan dengan cepat yang dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Apa itu Index?

Index adalah sebuah tool yang dapat membantu kita dalam mencari data yang kita inginkan dengan lebih mudah dan cepat. Dengan cara, index menjadi pointer atau penanda yang akan menjadi penyeleksi saat query dijalankan.

Mengapa Penggunaan Index Itu Penting?

Tabel bersifat sangat dinamis dan dapat bertambah dari waktu ke waktu. Banyak developer yang menuliskan query-nya bahkan sampai satu juta baris. Peran penting index ini digunakan saat membantu mencari data terutama saat menggunakan tabel berukuran besar dalam database. Dengan cara kerja sistem, sistem pada database tidak perlu membaca atau mengeksekusi seluruh tabel yang dapat memakan waktu lama dengan hanya mencari dari index yang kita tuju. Hal ini dapat mempercepat eksekusi query, mengurangi memory yang dipakai saat pengoperasian dan juga mengotimalisasi query menjadi lebih efisien.

Jenis-Jenis Index

Index memiliki dua jenis, yaitu:

1. Clustered Index

Pada index tipe ini, index yang dituju hanya dapat satu dan data akan diurutkan berdasarkan kolom index yang kita tuju tersebut. Clustered Index cepat dalam pengoperasiannya dan membutuhkan memory yang kecil dalam pengoperasiannya.

2. Non-Clustered Index

Pada index tipe ini, index yang dituju dapat lebih dari satu dan data akan memiliki struktur yang baru yang merupakan salinan dari data, serta terpisah dari tabel. Non-Clustered Index lebih lambat dalam pengoperasiannya dan membutuhkan memory yang lebih dalam pengoperasiannya.

Kesimpulan

Dengan menggunakan index secara efektif, penggunaan index dalam database dapat sangat membantu dalam meningkatkan performa dan kinerja karena mempermudah kita dalam mencari data yang kita butuhkan dengan cepat, efisien, dan juga mudah.

Devyano Luhukay