School of Information Systems

Trial n Error, 2nd Winner of UI/UX Diesnatalis SI 2023 – ITASE 5.0

28 November 2023 – Selamat kepada Tim Trial n Error yang telah berhasil menduduki juara 2 pada lomba UI/UX Diesnatalis SI 2023 – ITASE 5.0 yang diadakan oleh Fakultas Sistem Informasi IT Telkom Purwokerto.

Lomba UI/UX Diesnatalis SI 2023 – ITASE 5.0 berfokus pada pada UI/UX Design untuk mobile application yang diharapkan dapat merancang desain yang intuitif, inklusif dan membuat pengguna merasa nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut. Lomba ini merupakan kompetisi yang diadakan secara online berskala Nasional dengan tema Healthcareyang meliputi perawatan kesehatan, pencegahan penyakit, pemantauan kondisi kesehatan, kesejahteraan mental dan kesehatan aspek-aspek lainnya. Kompetisi ini terdiri dari 2 (dua) tahap yaitu:

  1. Tahap Penyisihan 1: proposal sesuai dengan template yang disediakan oleh panitia.
  2. Tahap Penyisihan 2: Desain Full – Prototype
  3. Tahap Final: PPT Presentasi dan High-fidelity Prototype

Tidak mau ketinggalan, member dari Information Systems Case Study Club (ISCSC) dan asisten dari Information Systems Laboratory menggunakan kesempatan ini dengan baik untuk membentuk tim yang diberi nama Tim Trial n Error. Tim sendiri beranggotakan Felicia Grace Subagio, Gisela Jennifer Lazuardy dan Evelyn Pradhan, mereka berpartisipasi dalam lomba dengan tujuan menjadi pemenang lomba UI/UX Diesnatalis SI 2023 – ITASE 5.0.

Seperti lomba pada umumnya, setiap peserta akan melakukan pendaftaran online dengan diwakilkan oleh ketua tim mengisi data diri pada form yang telah disediakan oleh panitia. Pada tahap pertama para peserta akan menentukan ide aplikasi yang ingin dibuat sesuai dengan tema yang tertera pada guidebook lomba yang sudah dibagikan sebelumnya. Setelah tahap diskusi, Tim Trial n Error berhasil menciptakan aplikasi bernama Gamifit: Buat Olahraga Jadi Menyenangkan.  Aplikasi Gamifit sendiri merupakan aplikasi untuk membantu masyarakat meningkatkan kebugaran dan minat berolahraga lewat penerapan konsep gamifikasi.

Setiap tim peserta nantinya akan mengumpulkan proposal sesuai dengan ketentuan dan petunjuk penulisan yang ditentukan oleh pihak lomba. Tim Trial n Error sangat berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan ide, dapat menerima arahan serta masukkan yang diberikan Mentor dan Dosen Pembimbing dengan baik sehingga menghasilkan karya yang menarik.

Pada tanggal 10 November 2023 merupakan tanggal batas untuk mengumpulkan proposal untuk tahap pertama dan Tim Trial n Error pun mengumpulkan dengan tepat waktu. Nantinya akan dipilih 10 tim terbaik untuk lolos ke tahap penyisihan kedua. Pengumuman tahap  pertama diumumkan pada tanggal 18 November 2023 melalui email ketua tim dimana menyatakan bahwa Tim Trial n Error berhasil lolos ke babak selanjutnya. Untuk tahap penyisihan 2 setiap tim akan mengirimkan Desain Full – Prototype kepada panitia melalui Google Drive yang sudah disediakan. Sesuai dengan timeline lomba bahwa pengumuman finalis diumumkan pada tanggal 22 November 2023 melalui email ketua tim. Setelah menunggu, sampailah pada tanggal pengumuman dimana panitia lomba mengumumkan bahwa Tim Trial n Error berhasil lolos ke tahap final bersama dengan 8 tim lainnya.

Sebelum masuk ke tahap final, seluruh tim yang lolos akan mengumpulkan PPT Presentasi dan High-fidelity Prototype yang akan digunakan untuk presentasi. Final sendiri akan diadakan pada tanggal 24 November 2023 dengan Tim Trial n Error mendapatkan urutan No. 6 untuk presentasi. 8 tim terbaik akan bersaing memberikan presentasi terbaik mereka agar bisa menjadi juara. Setiap tim akan melakukan presentasi materi selama 10 menit dan sesi tanya jawab maksimal 10 menit melalui Google Meet. Latihan terus dilakukan oleh Tim Trial n Error bersama Mentor dan Dosen Pembimbing, saran dan masukkan terus diberikan kepada tim. Tiba di hari dimana seluruh tim akan mempresentasikan hasil karya mereka, Tim Trial n Error berusaha dengan baik menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh Juri.

Pengumuman lomba akan diumumkan pada tanggal 25 Novemer 2023 dimana satu hari setelah seluruh tim melalukukan presentasi final. Tiba waktunya pengumuman, perasaan menegangkan pun dirasakan oleh Tim Trial n Error dan hasilnya Tim Trial n Error berhasil menjadi juara ke-2 lomba UI/UX Diesnatalis SI 2023 – ITASE 5.0. Selamat kepada Tim Trial n Error karena semangat dan perjuangan kalian yang tidak putus asa membuahkan hasil yang sangat baik!

Kesan dan pesan dari Tim Trial n Error :

  • Felicia Grace Subagio : ” Kesan: Senang bisa memberikan yang terbaik dan memenangkan lomba ini. Terima kasih untuk bimbingan Pak Ferdi dan juga Kak Monic, serta kerja keras teman-teman Trial n Error.

Pesan: Selalu berikan yang terbaik di setiap hal yang diusahakan. Semangat! ”

  • Gisela Jennifer Lazuardy : ” Kesan: Lomba kali ini cukup berbeda dan menantang karena menggunakan framework baru. Terima kasih kepada Pak Ferdi, Kak Monic, dan temen-temen Trial n Error yang berjuang bersama di lomba ini.

Pesan: Jangan takut dengan tantangan baru! ”

  • Evelyn Pradhan : ” Kesan: Lomba kali ini menantang karena menggunakan framework yang sebelumnya belum pernah kita gunakan. Terima kasih kepada Pak Ferdi, Kak Monic, dan temen-temen dari Trial n Error yaitu Feli dan Gisel yang udah semangat mengerjakan lomba ini.

Pesan: Setiap lomba pasti ada hambatannya, namun apabila didiskusikan dengan baik pasti dapat menemukan solusinya. ”

Monica Putri Mutiara

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031