School of Information Systems

Trial n Error, 1st Winner of FIK FAIR 2023

11 November 2023 – Selamat kepada Tim Trial n Error yang telah berhasil menduduki juara 1 pada lomba FIK FAIR 2023 yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Jakarta.

  Nama Asal Instansi
Juara 1 Gisela Jennifer Lazuardy Bina Nusantara University
Felicia Grace Subagjo
Evelyn Pradhan

Lomba FIK FAIR 2023 berfokus pada pada UI/UX Design untuk mobile application yang diharapkan dapat mengimplementasikan kreativitas, inklusivitas dan intuisi yang dapat membantu menyelesaikan masalah dengan memberikan inovasi terbaru dan berkelanjutan. Lomba ini merupakan kompetisi yang diadakan secara online berskala Nasional dengan tema Sustainable Creativity and Usability Milestone”. Kompetisi ini terdiri dari 2 (dua) tahap yaitu:

  1. Tahap Penyisihan: proposal, mockup aplikasi dan surat orisinalitas yang telah disediakan oleh panitia.
  2. Tahap Final: video presentasi dari proposal karya dan prototype aplikasi.

Tidak mau ketinggalan, member dari Information Systems Case Study Club (ISCSC) dan asisten dari Information Systems Laboratory menggunakan kesempatan ini dengan baik untuk membentuk tim yang diberi nama Tim Trial n Error. Tim sendiri beranggotakan Felicia Grace Subagio, Gisela Jennifer Lazuardy dan Evelyn Pradhan, mereka berpartisipasi dalam lomba dengan tujuan menjadi pemenang lomba FIK FAIR 2023.

Seperti lomba pada umumnya, setiap peserta akan melakukan pendaftaran online dengan diwakilkan oleh ketua tim mengisi data diri pada form yang telah disediakan oleh panitia. Pada tahap pertama para peserta akan menentukan ide aplikasi yang ingin dibuat sesuai dengan tema yang tertera pada guidebook lomba yang sudah dibagikan sebelumnya. Tema lomba yang dapat diambil meliputi transportasi, pengolahan barang bekas pakai dan bagaimana mengurangi limbah fast fashion di industri mode. Setelah tahap diskusi, Tim Trial n Error berhasil menciptakan aplikasi bernama Restyle: Elevate Your Look and Our PlanetAplikasi Restyle sendiri merupakan aplikasi fashion berkelanjutan untuk mengurangi limbah pakaian serta memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, masyarakat dan masa depan dalam industri fashion.

Setiap tim peserta nantinya akan mengumpulkan proposal, mockup aplikasi dan surat orisinalitas sesuai dengan ketentuan dan petunjuk penulisan yang ditentukan oleh pihak lomba. Tim Trial n Error sangat berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan ide, dapat menerima arahan serta masukkan yang diberikan Mentor dan Dosen Pembimbing dengan baik sehingga menghasilkan karya yang menarik.

Pada tanggal 7 September 2023 merupakan tanggal batas untuk mengumpulkan proposal, mockup aplikasi dan surat orisinalitas untuk tahap pertama dan Tim Trial n Error pun mengumpulkan dengan tepat waktu. Sesuai dengan timeline lomba bahwa pengumuman finalis diumumkan pada tanggal 8 September 2023 melalui grup line. Setelah menunggu, sampailah pada tanggal pengumuman dimana panitia lomba mengumumkan bahwa Tim Trial n Error berhasil lolos ke tahap final bersama dengan 5 tim lainnya.

Sebelum masuk ke tahap final, seluruh tim yang lolos akan mengumpulkan video yang nantinya akan diputar paling lambat tanggal 12 September 2023. Tahap final sendiri dilakukan pada hari yang sama, jam 18.45 – 21.40 WIB. 5 tim terbaik akan bersaing memberikan presentasi terbaik mereka agar bisa menjadi juara. Setiap tim akan melakukan presentasi materi selama 5-10 menit dan sesi tanya jawab maksimal 15 menit. Latihan terus dilakukan oleh Tim Trial n Error bersama Mentor dan Dosen Pembimbing, saran dan masukkan terus diberikan kepada tim. Tiba di hari dimana seluruh tim akan mempresentasikan hasil karya mereka, Tim Trial n Error berusaha dengan baik menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh Juri. Juri sendiri sangat mengapresiasi ide yang diberikan oleh tim, sisi penguasaan materi pun sangat baik.

Tidak seperti lomba pada umumnya, setelah melakukan presentasi setiap tim harus menunggu hasil pengumuman lomba yang diumumkan pada tanggal 11 November 2023 secara online melalui grup Line dan Instagram FIK FAIR 2023. Tiba waktunya pengumuman, perasaan menegangkan pun dirasakan oleh Tim Trial n Error dan hasilnya Tim Trial n Error berhasil menjadi juara ke-1 lomba FIK FAIR 2023. Selamat kepada Tim Trial n Error karena semangat dan perjuangan kalian yang tidak putus asa membuahkan hasil yang sangat baik!

Kesan dan pesan dari Tim Trial n Error :

  • Felicia Grace Subagio : ” Kesan: Senang sekali karena kerja keras kami bisa terbayarkan dengan menjadi juara di kompetisi ini. Thank you untuk Trial n Error buat kerja samanya, serta Kak Monic dan Pak Ferdi yang selalu siap membantu dan kasih saran.

Pesan: Semangat buat teman-teman lain yang sama-sama berjuang. We can do it! ”

  • Gisela Jennifer Lazuardy : ” Kesan: Lomba ini sangat berkesan dan menyenangkan. Terima kasih kepada Pak Ferdi, Kak Monik, dan team Trial n Error yang berjuang bersama.

Pesan: Terus berusaha dan jangan menyerah! ”

  • Evelyn Pradhan : ” Kesan: Dari lomba Fikfair sangatlah menambah pengetahuan mengingat kami memilih tema mengenai fashion waste. Terima kasih banyak buat Pak Ferdi dan Kak Monic yang mau membimbing kita dan untuk team Trial n Error yang selalu semangat dan optimis!

Pesan: Setiap hambatan dalam menjalankan lomba pasti ada, oleh karena itu jangan pantang menyerah dan tetap semangat! 😀 ”

Monica Putri Mutiara

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031