School of Information Systems

Komponen-Komponen Pendukung Industri 4.0

INDUSTRY 4.0

Revolusi Industri 4.0 merupakan sebuah transformasi dari perkembangan teknologi yang sudah berkembang secara menyeluruh ke tiap industri yang  ada. Teknologi digital yang berlangsung mengarah kepada tingkat mengotomatisasi semua proses yang masih secara manual, efisien dan pastinya experience baru yang akan diterima bagi masyarakat. Secara tidak langsung berlangsungnya Industri 4.0 menuntut pelaku industri untuk siap menghadapi transformasi digital yang akan ada. Berikut ini terdapat Faktor-faktor yang mempengaruhi pengadaptasi an industri 4.0 :

  • Teknologi

Teknologi merupakan peranan utama yang mendukung berjalannya Industri 4.0. Faktor teknologi ini memiliki tren yang akan dibawa seperti diantaranya adalah Internet of Things (IoT), Industrial Internet of Things (IioT), Sistem fisik siber (CPS), artificial intelligence (AI), Pabrik pintar, Sistem Komputasi awan, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa faktor yang terlibat di dalamnya:

  1. Relative Advantage

Menentukan sejauh mana suatu inovasi dianggap lebih baik dibandingkan dengan ide yang digantikannya. Sejumlah studi mengungkapkan bahwa keunggulan relatif merupakan salah satu prediktor yang paling sering digunakan dan prediktor terbaik dalam hal signifikansi. Kami berpendapat bahwa keunggulan relatif juga merupakan faktor pendorong adopsi Industri 4.0 karena perusahaan hanya menerapkan teknologi baru jika manfaatnya melebihi potensi dampak negatifnya. Dalam konteks ini, Industri 4.0 antara lain dikaitkan dengan peningkatan efisiensi sumber daya, fleksibilitas, dan penyesuaian

     2. Compatibility

Menentukan sejauh mana suatu inovasi dianggap konsisten dengan nilai-nilai yang ada, pengalaman masa lalu, dan kebutuhan calon pengadopsi. Kompatibilitas ditemukan memiliki dampak positif yang signifikan dan menjelaskan hal ini dengan fakta bahwa orang-orang dalam suatu organisasi lebih cenderung menggunakan teknologi baru, jika teknologi tersebut cocok untuk organisasi. Juga ada studi yang mempelajari faktor-faktor relevan yang menentukan penerapan sistem ERP. Mereka juga mengungkapkan pentingnya kompatibilitas sistem ERP baru dengan sistem dan peralatan yang sudah ada. Kami berpendapat bahwa hubungan positif antara kompatibilitas teknologi dan penerapannya juga berlaku untuk Industri 4.0. Perusahaan mungkin akan lebih mungkin menerapkan pendekatan penciptaan nilai baru ini serta sistem dan proses yang mendasarinya jika pendekatan tersebut sesuai dengan proses yang ada

  • Organization

Organisasi menjadi peranan yang berfungsi untuk mengukur kinerja yang terstruktur dan sistematis melalui aplikasi yang diciptakan oleh organisasi/perusahaan. Perkembangan era Revolusi Industri 4.0 yang membawa konsekuensi meningkatnya tuntutan akuntabilitas dan transparansi dari organisasi pemerintah serta responsif yang tinggi dan cepat,  hal ini membawa perubahan paradigma desain organisasi. Selain faktor-faktor terkait teknologi, adapun faktor-faktor penentu adopsi yang berasal dari organisasi yang mengadopsi itu sendiri dengan perspektif organisasi, yaitu:

  1. Firm Size

Besar kecilnya suatu perusahaan mempengaruhi adopsi teknologi baru dalam berbagai penelitian. Ukuran organisasi adalah salah satu faktor adopsi TI yang paling sering digunakan dan merupakan prediktor yang signifikan dalam banyak kasus karena perusahaan besar memiliki lebih banyak sumber daya yang tersedia sehingga menghasilkan kemampuan yang lebih tinggi untuk membiayai investasi dan menyerap kerugian yang terkait dengan investasi berisiko. Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa organisasi yang lebih besar tidak hanya memiliki lebih banyak sumber daya keuangan dibandingkan perusahaan yang lebih kecil, namun mereka juga memiliki kapasitas risiko yang lebih tinggi yang diperlukan untuk investasi pada teknologi baru yang berisiko. Karena penerapan Industri 4.0 dikaitkan dengan fasilitas baru yang cerdas dan terhubung serta adaptasi proses, diperlukan investasi besar di bidang TI dan mesin.

      2. Top Management Support

Faktor ini berpengaruh terhadap adopsi teknologi e-commerce B2B karena komitmen positif terhadap teknologi baru sangat penting untuk keberhasilan implementasi, terutama untuk sistem antar organisasi termasuk Industri 4.0 karena adopsi RFID memerlukan investasi yang besar. Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan dan Top Management Support sebagai prasyarat keberhasilan implementasi

     3. Absorptive Capacity

Faktor ini memiliki kemampuan untuk mengenali nilai informasi baru, mengasimilasikan, dan menerapkannya untuk tujuan komersial karena pentingnya Absorptive Capacity untuk keberhasilan implementasi inovasi dalam lingkungan yang ditandai dengan ketidakpastian. Karena Industri 4.0 mewakili paradigma baru penciptaan nilai bagi perusahaan manufaktur dengan ketidakpastian yang besar, Absorptive Capacity merupakan faktor penentu keberhasilan dalam konteks penerapan Industri 4.0. Hubungan positif yang signifikan antara Absorptive Capacity perusahaan dan adopsi RFID di Tiongkok. Absorptive Capacity merupakan penentu signifikan penerapan teknologi manufaktur maju.

  • Environment

Sebuah lingkungan dapat mempengaruhi berjalanya Industri 4.0, para pelaku Industri 4.0 akan memperhatikan aspek lingkungan nya dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan berjalanya Industri 4.0 diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas lingkungan yang dapat berjalan secara seiring dari perkembangan industri dalam bidang teknologi. Beberapa faktor yang memiliki pengaruh terhadap lingkungan adalah:

  1. Competition

Sehubungan dengan faktor penentu adopsi TI yang melibatkan lingkungan, persaingan adalah salah satu faktor prediksi terbaik. Mereka menjelaskan hasil ini dengan fakta bahwa perusahaan yang beroperasi di lingkungan bisnis yang ditandai dengan persaingan rendah dapat mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk pengembangan inovasi seperti e-commerce. Meskipun terdapat temuan yang berlawanan, kami mengikuti mayoritas dan berpendapat bahwa persaingan mengarah pada penerapan Industri 4.0. Hal ini beralasan karena perusahaan manufaktur saat ini harus menghadapi persaingan yang semakin ketat dan Industri 4.0 dianggap sebagai jawaban yang mungkin untuk menjawab tantangan ini.

      2. Environmental Uncertainty

Didefinisikan sebagai harga yang berfluktuasi, tindakan pesaing yang tidak dapat diprediksi, pasokan masuk yang tidak dapat diandalkan, perubahan proses produksi yang cepat, perubahan preferensi pelanggan yang cepat, tingkat permintaan yang tidak menentu, dan/atau keusangan produk yang cepat. Alhasil, perusahaan-perusahaan ini meningkatkan pertukaran informasi dan data dan mampu mengelola ketidakpastian antar organisasi. Meskipun mereka berfokus pada teknologi rantai pasokan, alasan mereka juga berlaku untuk Industri 4.0 karena interkoneksi seluruh rantai pasokan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari industri tersebut. Industri 4.0

      3. Perceived Outside Support

Dengan adanya dukungan dari luar, kami memahami bahwa hal ini mencakup setiap aktivitas yang dilakukan oleh organisasi di luar perusahaan yang membantu mereka memutuskan apakah akan mengadopsi Industri 4.0 atau tidak. Beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan relevansi persepsi dukungan luar terhadap inovasi dan adopsi teknologi. Sebagai contoh, menganalisis motivator penerapan SI di perusahaan kecil dan sampai pada kesimpulan bahwa konsultasi ahli memiliki pengaruh yang kuat. Penelitian serupa juga menunjukkan bahwa keahlian eksternal dalam hal konsultasi dan dukungan vendor mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keberhasilan implementasi SI di usaha kecil. Karena Industri 4.0 masih menghadapi ketidakpastian pada saat ini, kami berpendapat bahwa hal ini juga memiliki pengaruh dalam Industri 4.0.

Berkembangnya Industri 4.0 di Indonesia dimulai sejak tahun 2016, dimana perkembangan teknologi sudah memasuki peradaban guna membantu keseharian serta mempermudah para pelaku Industri. Menurut [Kemenperin 2023] Indonesia merupakan negara dengan jumlah tenaga kerja terbanyak di dunia dengan jumlah 125 juta jiwa setelah Tiongkok dan Amerika Serikat. Dalam menjalankan Industri 4.0 dapat berjalan dengan baik, diperlukanya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu menguasai perkembangan teknologi digital serta mengakses internet. Selain itu, setiap individu diharapkan untuk dapat memahami berbagai informasi yang disampaikan melalui kanal-kanal yang berbeda dalam bentuk yang berbeda pula, seperti podcast, infografis, video blogging (vlog), dan sebagainya.

Industri 4.0 merupakan era yang penuh tantangan dan peluang bagi Indonesia. Dengan kesiapan yang matang, Indonesia dapat memanfaatkan peluang yang ada dan meningkatkan daya saingnya di kancah global.

REFERENCE

Aji Wahana

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031