School of Information Systems

Teknologi Bisa Mengurangi Pencemaran Udara

Menurut Soedomo (dalam Cahyono, 2016), Pencemaran udara adalah masuknya zat pencemaran ke dalam udara dalam jumlah yang berlebihan sehingga menyebabkan kualitas udara menurun. Pencemaran udara dapat memiliki dampak serius terhadap kesehatan manusia, lingkungan, dan iklim global. Namun, di tengah perkembangan teknologi yang pesat, kita memiliki teknologi dan inovasi yang dapat membantu mengurangi pencemaran udara. Teknologi tidak hanya menjadi penyebab pencemaran, tetapi juga solusi untuk mengatasi masalah ini. Artikel ini akan menjelaskan beberapa teknologi yang dapat membantu mengurangi pencemaran udara. 

1.BioUrban “Pohon Buatan” dari perusahaan BiomiTech asal Meksiko 

Beberapa orang maupun organisasi sering mengajak orang untuk lebih giat menanam pohon, namun pohon memerlukan waktu yang cukup lama untuk tumbuh. Akhirnya, BiomiTech mengembangkan BioUrban karena mereka merasa kualitas udara di Mexico sedang memburuk dan diperlukan cara yang cepat dan efisien. Dilansir dari Bright Side, robot yang berbentuk pohon ini berfungsi untuk menyaring udara yang tercemar dan mampu memberikan oksigen bersih untuk 2.850 orang setiap harinya. BioUrban menggunakan ganggang yang berasal dari alam dan nggak menghasilkan limbah, jadi jauh dari dampak negatif. 

2.Smog Free-Tower “Vacuum Cleaner Raksasa” dari Roosegade asal China 

Ada lagi teknologi yang bisa mengurangi polusi udara, namanya Smog Free-Tower. Smog Free-Tower, yang memiliki tinggi 7 meter, menggunakan teknologi ionisasi positif yang telah dipatenkan untuk menyediakan udara bebas asap rokok di tempat umum, mengurangi polusi dan memungkinkan orang untuk bernapas dan merasakan udara bersih. 

 3.Liquid3 “Pohon Cair” dari Dr. Ivan asal Serbia 

Berawal dari kualitas udara di Serbia yang semakin memburuk, Serbia memunculkan ide “Pohon Cair” untuk mengurangi polusi udara. Liquid3 mewakili konsep alternatif penghijauan lingkungan perkotaan yang menunjukkan keterbatasan ruanga dan polusi berat. Liquid3 menggunakan kekuatan mikroalga untuk menghilangkan CO2 secara efisien dan menghasilkan O2 dan biomassa. 

Polusi udara merupakan masalah serius yang dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia dan lingkungan. Namun, perkembangan teknologi telah membawa solusi kreatif untuk mengurangi polusi udara. Beberapa teknologi seperti BioUrban “Pohon Buatan” dari Meksiko, Smog Free-Tower dari China, dan Liquid3 dari Serbia merupakan contoh inovasi yang bertujuan untuk membersihkan udara dari polutan dan memberikan udara bersih kepada masyarakat. Teknologi ini menunjukkan bagaimana teknologi tidak hanya menjadi penyebab pencemaran udara, tetapi juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Dengan pendekatan inovatif seperti ini, kita memiliki harapan untuk meningkatkan kualitas udara dan melindungi kesehatan manusia serta lingkungan. 

Referensi:

Willy