School of Information Systems

Trial n Error, 2nd Winner of INVENTION 2023

30 Oktober 2023 – Selamat kepada Tim Trial n Error yang telah berhasil menduduki juara 2 pada lomba INVENTION 2023 yang diadakan oleh Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana.

Lomba INVENTION 2023 berfokus pada pada UI/UX Design untuk mobile application yang diharapkan untuk menciptakan solusi desain yang optimal untuk aplikasi mobile yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan cara yang intuitif, efisien dan menarik secara visual. Lomba ini merupakan kompetisi yang diadakan secara online berskala Nasional dengan tema Design for Emerging Technologies in Digital Nexus Era”. Era Nexus merupakan konsep bahwa teknologi digital yang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kompetisi ini terdiri dari 2 (dua) tahap yaitu:

  1. Tahap Penyisihan: proposal, mockup aplikasi dan video singkat diupload ke Youtube
  2. Tahap Final: pitchdeck

Tidak mau ketinggalan, member dari Information Systems Case Study Club (ISCSC) dan asisten dari Information Systems Laboratory menggunakan kesempatan ini dengan baik untuk membentuk tim yang diberi nama Tim Trial n Error. Tim sendiri beranggotakan Felicia Grace Subagio, Gisela Jennifer Lazuardy dan Evelyn Pradhan, mereka berpartisipasi dalam lomba dengan tujuan menjadi pemenang lomba INVENTION 2023.

Seperti lomba pada umumnya, setiap peserta akan melakukan pendaftaran online dengan diwakilkan oleh ketua tim mengisi data diri pada form yang telah disediakan oleh panitia. Pada tahap pertama para peserta akan menentukan ide aplikasi yang ingin dibuat sesuai dengan tema yang tertera pada guidebook lomba yang sudah dibagikan sebelumnya. Tim Trial n Error berusaha menciptakan ide yang relevan dengan Era Nexus dengan membawa konsep digital untuk membantu kehidupan sehari-hari. Tim Trial n Error berhasil menciptakan aplikasi bernama Guardian: Orang Tua Cerdas, Buah Hati Sehat.  Aplikasi Guardian sendiri merupakan aplikasi Pendidikan dan pemantauan yang dirancang untuk membantu para orang tua untuk memahami proses tumbuh kembang anak selama 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Setiap tim peserta nantinya akan mengumpulkan proposal, mockup aplikasi dan video sesuai dengan ketentuan dan petunjuk penulisan yang ditentukan oleh pihak lomba. Tim Trial n Error sangat berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan ide, dapat menerima arahan serta masukkan yang diberikan Mentor dan Dosen Pembimbing dengan baik sehingga menghasilkan karya yang menarik.

Pada tanggal 20 September 2023 merupakan tanggal batas untuk mengumpulkan proposal, mockup aplikasi dan video untuk tahap pertama dan Tim Trial n Error pun mengumpulkan dengan tepat waktu. Sesuai dengan timeline lomba bahwa pengumuman finalis diumumkan pada tanggal 6 Oktober 2023 melalui whatsapp ketua tim. Setelah menunggu, sampailah pada tanggal pengumuman dimana panitia lomba mengumumkan bahwa Tim Trial n Error berhasil lolos ke tahap final bersama dengan 10 tim lainnya.

Sebelum masuk ke tahap final, seluruh tim yang lolos akan mengumpulkan pitchdeck yang nantinya akan dipresentasikan paling lambat tanggal 17 Oktober 2023. Tahap final sendiri dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2023 melalui aplikasi bernama WEBEX. 10 tim terbaik akan bersaing memberikan presentasi terbaik mereka agar bisa menjadi juara. Setiap tim akan melakukan presentasi materi selama 5 menit dan sesi tanya jawab 10 menit. Latihan terus dilakukan oleh Tim Trial n Error bersama Mentor dan Dosen Pembimbing, saran dan masukkan terus diberikan kepada tim. Tiba di hari dimana seluruh tim akan mempresentasikan hasil karya mereka, Tim Trial n Error berusaha dengan baik menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh Juri terkait dengan aplikasi yang telah dibuat.

Setelah seluruh tim bergantian melakukan presentasi, maka acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang masing-masing kategori lomba. perasaan menegangkan pun dirasakan oleh Tim Trial n Error dan hasilnya Tim Trial n Error berhasil menjadi juara ke-2 lomba INVENTION 2023. Selamat kepada Tim Trial n Error karena semangat dan perjuangan kalian yang tidak putus asa membuahkan hasil yang sangat baik!

Kesan dan pesan dari Tim Trial n Error :

  • Felicia Grace Subagio : ” Kesan: Bersyukur banget bisa berproses dan belajar banyak hal lagi di lomba ini dan bonusnya berhasil meraih juara 2. Good job buat Trial n Error, Evelyn dan Gisel, serta mentor dan dosen pembimbing terbaik, Kak Monic dan Pak Ferdi atas semua bimbingannya selama lomba ini.

Pesan: Tantangan baru itu lebih mudah untuk dihadapi daripada dijadikan beban pikiran. Semangat ol! ”

  • Gisela Jennifer Lazuardy : ” Kesan: Lomba ini sangat berkesan karena kita mendapat banyak ilmu baru saat pembuatannya. Terima kasih banyak kepada Pak Ferdi, Kak Monic, dan teman-teman Trial n Error.

Pesan: Jangan pernah menyerah, terus berlatih dan berusaha. ”

  • Evelyn Pradhan : ” Kesan: Saya mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan baru. Terima kasih banyak buat Pak Ferdi dan Kak Monic yang sudah membimbing kita serta untuk tim Trial n Error yang sudah bekerja keras.

Pesan: Tetap semangat dan jangan menyerah. “

Monica Putri Mutiara

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031