School of Information Systems

Keamanan Data pada Database

Pendahulu

Keamanan Data Pada Database

Data menjadi bagian yang penting karena terdapat informasi-informasi yang berguna untuk berbagai perusahaan, lalu untuk menyimpan berbagai data maka di perlukan tempat penyimpanan data yang bernama database. Database di gunakan pada berbagai perusahaan untuk dapat menyimpan dan mengelolah data-data dengan rapi sehingga mencari data yang di butuhkan akan menjadi lebih mudah. Namun database rentan di akses atau di serang oleh pihak luar, maka dibutuhkan keamanan pada database untuk melindungi data-data dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Isi

Keamanan database merupakan bagian untuk menjaga sistem serta data-data pada database agar tetap aman.

Ancaman dan serangan dapat mempengaruhi database seperti kehilangan data penting hingga mempengaruhi sistem pada database. Biasanya ancaman atau serangan database dapat terjadi karena adanya penyusup yang mengakses database yang dapat mencuri informasi, melakukan perubahan data hingga menghapus data tanpa izin yang dapat merugikan perusahaan.

Keamanan pada database sangat diperlukan untuk melindungi data-data yang tersimpan dari berbagai ancaman atau serangan dari pihak luar yang ingin mengambil hingga menghapus data yang terdapat pada database perusahaan sehingga dapat mencegah kerugian akibat kebocoran data. Dengan terjaminnya keamanan database maka kegiatan perusahaan tetap dapat berjalan baik serta dapat melakukan antisipasi, meningkatkan keamanan hingga memastikan hanya pihak yang memiliki hak akses yang dapat mengakses database tersebut.

Untuk memastikan keamanan database maka lokasi komputer harus berada ditempat yang aman, lalu untuk para pengguna harus diberi batasan dalam menggunakan database karena seperti pengaturan sistem database hanya di pegang oleh admin agar sistem database perusahaan tidak di otak-atik oleh pengguna, lalu dibutuhkan keamanan jaringan komputer berupa firewall karena database juga terhubung ke jaringan internet, lalu menjaga keamanan pada server, selain itu menggunakan password yang panjang dan rumit agar database tidak mudah di bobol oleh para peretas.

Kesimpulan

Keamanan pada data database sangat penting bagi perusahaan untuk melindungi data-data dari berbagai ancaman atau serangan yang berasal dari pihak luar yang dapat merugikan perusahaan tersebut. Dengan adanya keamanan pada database maka perusahaan dapat menjalankan aktivitas tanpa hambatan serta melakukan antisipasi hingga meningkatkan sistem keamanan untuk mencegah terjadinya serangan pada database sehingga tidak ada data yang bocor.

Referensi

  • https://bkpsdmd.babelprov.go.id/content/sistem-keamanan- database#:~:text=Sistem%20keamanan%20database%20adalah%20sistem,kerahasian%20data%20yang%20terdap at%20didalamnya.
  • https://idwebhost.com/blog/panduan-lengkap-tentang-keamanan-database/
  • Buku Basis Data Revisi Ketiga, Fathansyah, Informatika, Halaman 264 – 265
  • https://www.cloudmatika.co.id/blog-detail/data-security- adalah#:~:text=Manfaat%20utama%20yang%20dapat%20dirasakan,dan%2Fatau%20dihadapi%20dengan%20baik
  • https://prakom.banjarmasinkota.go.id/2021/10/ancaman-keamanan-database-apa-saja.html
RENDY PRATAMA

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031