School of Information Systems

Lagi – Lagi Juara! Castigator Kembali Meraih Juara Business Case

2 Oktober 2023 – Selamat kepada Tim Castigator, yang beranggorakan Rosa Palibo, Stella Jovita, dan Angeline Cahyadi sebagai pemenang 2nd Runner Up dalam UI Innovation War 2023. Anggota tim Castigator yaitu Rosa dan Stella merupakan mahasiswa jurusan Sistem Informasi dan Manajemen, sementara itu Angeline merupakan mahasiswa jurusan Sistem Informasi dan Akuntansi. Anggota tim juga memiliki peran sebagai member Information System Case Study Club (ISCSC).           

UI Innovation War 2023 merupakan perlombaan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). Pada kompetisi ini, diadakan business case competition. Tujuan diadakannya business case competition adalah sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kreativitas dalam ide bisnis dan menyediakan sarana bagi mahasiswa untuk menyumbangkan inovasi dan inovasi dan strategi dalam memecahkan kasus bisnis yang nyata. Pada perlombaan ini, terdapat tiga tahap lomba yang diikuti. Setiap tahapan lomba dikerjakan berdasarkan case yang disediakan oleh case partner, yaitu Titipku (PT Terang Bagi Bangsa). Tahap pertama, yaitu babak penyisihan mengharuskan peserta untuk mengumpulkan essay terkait solusi permasalahan yang telah diberikan pada case. Tim yang sudah memiliki ide solusi dibantu penyempurnaan idenya oleh mentor dan dosen pembimbing, yaitu Bapak Wiza teguh, S.Kom., M.Kom. Akhirnya, pada 29 Agustus 2023, tim Castigator diumumkan berhasil menjadi salah satu tim yang lolos ke tahap semi-final untuk membuat proposal.

Pada tahap semi-final, tim yang kembali dibantu oleh bimbingan dosen pembimbing berhasil menyelesaikan proposal yang berisi penjelasan lebih detil terkait solusi pada essay yang telah dikumpulkan sebelumnya. Proposal yang telah dibuat tersebut berhasil diumumkan pada 24 September 2023 menjadi salah satu proposal yang lolos ke tahap final.

Tahap final dari UI Innovation War 2023 diadakan pada 30 September 2023 secara onsite pada Gedung BKPM/Kementrian Investasi. Pada tahap ini, tim castigator harus bersaing kembali dalam pembuatan pitch deck dan presentasi final. Setelah melakukan berbagai persiapan, baik terkait materi maupun terkait keperluan yang dibutuhkan ketika mengikuti final, tim pun dapat memberikan presentasi final yang baik dan berhasil meraih 2nd Runner Up yang diumumkan pada acara awarding night yang diselenggarakan pada 1 Oktober 2023 secara onsite pada Gedung BKPM/Kementrian Investasi.

Berikut adalah kesan dan pesan yang disampaikan oleh tim Castigator:

  • Rosa:

Kesan: Ga nyangka bisa jadi runner up 2 dari almost 300 teams yang ikut, so blessed!

Pesan: Jangan pernah menyerahh! mungkin kalau kemarin menyerah gabakal ada di titik yang sekarang

  • Stella: Setelah mengikuti lomba ini yang merupakan lomba kedua offline dalam pengalamanku, aku merasa jauh lebih percaya diri daripada saat menghadapi lomba pertama. Presentasiku terasa lebih lancar, meskipun kaki ini bengkak dan harus berjuang keras untuk berjalan :(. Namun, aku ga merasa menyesal sama sekali ketika aku memutuskan untuk tetap memaksakan diri untuk hadir di acara penghargaan malam itu. Bertanding melawan tim dari ITB memang bukan perkara mudah; mereka udah terlihat sangat kompeten dalam bidangnya. Tapi, setelah aku merenung sejenak, aku sadar bahwa kami juga memiliki tingkat kompetitivitas yang tinggi, karena kami berhasil mengalahkan lebih dari 230 peserta lain yang mendaftar dalam lomba ini. Jadi, aku benar-benar senang dengan kemenangan ini, meskipun kami ga masuk dalam top 3, mengingat betapa hebatnya pesaing-pesaing. Selain itu, aku juga sadar bahwa dengan mengikuti lomba ini, kemampuanku dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah bisnis makin meningkat.
  • Angel: Sungguh pengalaman yang luar biasa dapat sampai ke final dari 230++ tim yg mendaftar di seluruh Indonesia. Kasus yang diberikan juga sangat mengasah kemampuan analisis kami. Dengan kerja keras dan ketekunan tim, kami berhasil meraih 2nd Runner Up di kompetisi ini. Tentunya dari kompetisi ini kami akan belajar untuk terus berkembang dan lebih baik lagi kedepannya. Harapannya dengan adanya pencapaian ini membawa kami untuk semakin semangat dan dapat menginspirasi teman-teman yang lain.
Aristia Utari Putri

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031