School of Information Systems

Pemanfaatan RPA Pada Sistem Pemerintahan

RPA adalah singkatan dari “Robotic Process Automation”, yang merupakan teknologi yang menggunakan “robot” perangkat lunak, atau “bot”, untuk mengotomatiskan rutinitas proses bisnis. Robot ini bukanlah robot fisik, tetapi program perangkat lunak yang dapat meniru interaksi manusia dengan sistem digital dan melakukan tugas seperti entri dan ekstraksi data, pemrosesan dokumen, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana RPA dapat digunakan dalam pemerintahan:  

  • Manajemen Dokumen : RPA dapat digunakan untuk mengotomatisasi pekerjaan seperti pemrosesan dokumen, pengarsipan, dan pengecekan kepatuhan terhadap regulasi. Ini dapat membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengelola dokumen dan memastikan bahwa mereka sesuai dengan peraturan dan standar keamanan. 
  • Pelayanan Pelanggan : Pemerintah sering berinteraksi dengan masyarakat, seperti melalui pusat layanan pelanggan. RPA dapat digunakan untuk mengotomatisasi pertanyaan umum, permintaan informasi, dan permintaan layanan, yang memungkinkan warga negara mendapatkan tanggapan yang lebih cepat dan konsisten. 
  • Manajemen Data : Data lingkungan hingga data penduduk diurus oleh pemerintah. Robot pengambilan keputusan (RPA) dapat membantu mengelola dan menganalisis data dengan lebih efisien. 

RPA dalam pemerintahan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya administrasi, dan meningkatkan layanan publik. Namun, penting untuk memastikan bahwa penggunaan RPA sesuai dengan peraturan dan pedoman yang berlaku, serta mempertimbangkan privasi dan keamanan data yang dikelola pemerintah. 

 

Freza Fathur Nur Purnomo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031