School of Information Systems

Triple Kill! Tiga Juara Berhasil Diraih oleh Mahasiswa SIS di IPB

23 September 2023 – Selamat kepada Tim Eclipse (Lisa Mega Tanto Kusumo & Edward Hartanto Enrico Abadi), Tim The Powerpuff Bears (Veny, Michelle Chau & Satya Maitreyawira) serta Tim Trial n Error (Gisela Jennifer Lazuardy, Felicia Grace Subagio, Evelyn Pradhan) berhasil menjadi Juara 1, 2 dan 3 pada lomba IT TODAY 2023 yang diadakan oleh Departemen Ilmu Komputer IPB dalam cabang lomba User Experience (UX) Today.

UX Today merupakan kompetisi user experience berskala Nasional yang berfokus pada kepuasan, kenyamanan dan efisiensi pengguna. Kompetisi IT TODAY 2023 diadakan secara hybrid (babak penyisihan secara online dan babak final secara offline di Universitas IPB). Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, bahwa kompetisi ini terdiri dalam 2 tahap, yaitu:

  1. Babak Penyisihan: Pengumpulan Proposal & Video
  2. Babak Final: Pengumpulan Bahan Presentasi (PPT)

Seperti lomba pada umumnya, setiap tim peserta akan melakukan pendaftaran online melalui website ittoday.id dan mengisi data diri semua anggota tim yang diwakilkan oleh ketua tim. Pada tahap pertama para peserta akan menentukan ide dari tema yang diberikan oleh pihak lomba, yaitu Prepare Yourself to Face Rapid Technology”. Pada tahap penyisihan nantinya seluruh tim akan mengumpulkan proposal dan video sesuai dengan ketentuan serta petunjuk penulisan yang ditentukan oleh pihak lomba. Tim Eclipse, Tim The Powerpuff Bears dan Tim Trial n Error sangat berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan ide, dapat menerima arahan serta masukkan dari mentor & dosen pembimbing sehingga dapat menghasilkan ide yang cemerlang.

Pada tanggal 26 Agustus 2023 merupakan tanggal batas untuk pengumpulan proposal dan video untuk tahap pertama dan seluruh tim pun mengupload proposal dan video mereka tepat waktu. Sesuai dengan timeline lomba bahwa pengumuman finalis diumumkan pada tanggal 9 September 2022 melalui akun Instagram official ittoday. Setelah menunggu sampailah pada tanggal pengumuman, pihak lomba mengumumkan bahwa Tim Eclipse, Tim The Powerpuff Bears dan Tim Trial n Error berhasil lolos ke tahap final bersama dengan 4 tim lainnya.

Tahap final dilakukan pada tanggal Sabtu, 23 September 2023 secara onsite di Universitas IPB, pada tahap ini setiap akan membuat bahan presentasi berupa power point yang nantinya akan di presentasikan pada saat kompetisi berlangsung. 7 tim terbaik yang akan bersaing memperebutkan juara. Setiap tim akan melakukan presentasi selama 10 menit dan sesi tanya jawab selama 10 menit. Latihan terus dilakukan oleh seluruh tim bersama mentor dan dosen pembimbing untuk menghadapi tahap final. Tim Eclipse, Tim The Powerpuff Bears dan Tim Trial n Error mempresentasikan aplikasi mereka dengan baik dan menjawab pertanyaan yang di lontarkan oleh juri pun dijawab dengan sempurna.

Di hari yang sama, pengumuman IT TODAY 2023 pun dilaksanakan, perasaan menegangkan dirasakan oleh seluruh tim. Dari 7 tim akan dipilih 3 tim terbaik untuk menjadi juara, tidak disangka-sangka bahwa 3 Tim dari Mahasiswa School of Information Systems masing-masing berhasil menjadi juara. Tim Eclipse (Lisa Mega Tanto Kusumo & Edward Hartanto Enrico Abadi) menjadi Juara 1, Tim The Powerpuff Bears (Veny, Michelle Chau & Satya Maitreyawira) menjadi Juara 2 serta Tim Trial n Error (Gisela Jennifer Lazuardy, Felicia Grace Subagio, Evelyn Pradhan) menjadi Juara 3. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan, selamat kepada kalian semuanya karena kerja keras kalian membuahkan hasil yang sangat baik!

 

Berikut adalah kesan dan pesan yang disampaikan oleh ketiga tim:

Tim Eclipse:

  • Lisa Mega Tanto Kusumo

Kesan : Sangat senang karena mendapatkan kesempatan untuk dapat mengikuti lomba ini.

Pesan : terima kasih untuk kakak” iscsc dan dosen pembimbing yang telah sabar dalam membimbing kami. Semoga feedback dari juri dapat menjadi pembekalan yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

  • Edward Hartanto Enrico Abadi

Senang bisa ikut lomba ini lagi bersama tim yang hebat, thank you juga untuk kakak2 ISCSC dan Ms Nuril selaku dosen pembimbing untun feedback yang diberikan.

Tim Powerpuff Bears:

  • Veny

Mungkin ada beberapa miss yang aku alamin dgn panitia ITTODAY dan perjalanan kesana tidak mudah. Tapi dari semua itu aku berterima kasih banget sama tim ISCSC dan Ms Marisa yang udah bimbing kitaa, makasih juga sama teman setim aku Michelle & Satya yang udah berjuang bareng jadinya kita bisa menang. Thank you semuanya!

  • Michelle Chau

Pengalaman lomba kali ini lagi-lagi sangat berkesan buat saya. Walaupun cukup melelahkan karena finalnya berlangsung di IPB Bogor, tapi saya merasa puas karena bisa deliver materi dan qna dengan baik sesuai harapan. Puji Tuhan bisa jadi juara 2 dari hasil kerja keras dan perjuangan tim bersama Veny dan Satya. Thank you untuk Ms Marisa, Kak Feli, dan Kak Monic atas bimbingannya, serta rekan-rekan tim atas kerja samanya di lomba ini😊

  • Satya Maitreyawira

Kesan saya selama mengikuti lomba IT Today 2023 pastinya lelah, karena kita bangun pagi dan hrs sampe sana on time. Selama acara banyak dibantu panitia IT Today pada baik baik. Panitianya juga banyak membantu kasih informasi ke kita lah banyak persediaan makanan dan minuman yang diberikan ke kita.

Tentunya makasih banyak untuk kakak dan ms marisa yg udah bantu kita selama ini, tanpa kakak sama Ms. Marisa pasti susah buat ke final, makasih jga untuk Veny dan Michelle udah sama sama kerjain berjuang, alhasil usaha kita ga menghianati hasil ygy.

Tim Trial n Error

  • Gisela Jennifer Lazuardy

Pada lomba ITTODAY, saya merasakan pengalaman yang luar biasa. Lombanya memang sangat capek, tetapi juga tak terlupakan dan seru. Kesan utama yang saya dapatkan adalah kepuasan dari mengatasi tantangan berat dan mendapatkan pengalaman berharga. Pesan saya untuk lomba kali ini adalah jangan takut dan harus berani mengeksplor hal baru. Special thanks buat Pak Ferdi dan Kak Monic yang sangat suportif dalam membimbing kami serta rekan tim saya Trial n Error yang pantang menyerah.

  • Felicia Grace Subagio

Buat aku pribadi lomba kali ini cukup berkesan karena dari segi ide dan juga presentasi kami kerjakan dengan cukup berbeda dan hasilnya menurut kami sudah sangat memuaskan. Dari hasil presentasi juga kami dapat feedback dan saran yang baik dari para juri. Aku merasa di lomba kali ini belajar cukup banyak hal yang bisa aku terapkan untuk lomba-lomba selanjutnya. Aku mau say thank you khusus untuk Kak Monic dan Pak Ferdi yang selalu kasih ide dan masukan yang membantu kami di lomba ini. Thank you juga untuk Gisel dan juga Evelyn yang udah mau berjuang bareng di lomba ini sampai Trial n Error bisa dapat juara ketiga. Semoga kedepannya Trial n Error bisa lebih berkembang lagi dan memberikan hasil yang lebih memuaskan untuk semua pihak.

  • Evelyn Pradhan

Kesan:

Lewat lomba ITTODAY aku banyak mengeksplor banyak hal dan benar-benar menambah pengalaman yang belum pernah aku dapat sebelumnya yang nggak mungkin bisa dilupakan. Terima kasih khususnya buat Pak Ferdi, Kak Monic, serta temen-temen Trial n Error yang sangat-sangat support dan mau berjuang. Semoga kedepannya kita bisa lebih baik lagi.

Pesan:

Apabila hal yang dikerjakan dirasa kurang, dari situ kita perlu evaluasi diri sendiri agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Monica Putri Mutiara

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031