School of Information Systems

Ekonomi Kolaboratif

Keempat kekuatan disruptif ini tidak hanya memengaruhi perkembangan Society 5.0, tetapi juga membuka jalan bagi munculnya jenis-jenis ekonomi baru di dalamnya. Di tahun-tahun mendatang, ekonomi “digital”, “pengalaman”, “berbagi”, “pertunjukan”, “sirkular”, dan “tujuan” yang baru muncul akan mendominasi cara bisnis menciptakan nilai.  

Dengan demikian, ekonomi-ekonomi baru tersebut akan mengubah pemahaman kita tentang ekonomi politik. Ekonomi masa depan diperkirakan akan memiliki pengaruh yang besar terhadap penciptaan dan distribusi kekayaan dan kekuasaan, yang merupakan inti dari konsep ekonomi politik. Seiring dengan berkembangnya ekonomi masa depan, masyarakat, perusahaan, dan pemerintah akan menemukan diri mereka dalam peran baru dalam hal penggunaan atau pengendalian kekayaan dan kekuasaan, masing-masing sebagai instrumen untuk mempengaruhi satu sama lain. 

Selama lebih dari empat dekade, kebijaksanaan konvensional di antara para pembuat kebijakan, akademisi, dan jurnalis telah memuji kebijakan neoliberal yang telah mengatur ekonomi global. Kita telah diyakinkan bahwa biaya deregulasi global pasar modal, tenaga kerja, dan komoditas bersifat “transisional”, dan lebih dari sekadar dikompensasi oleh pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, peningkatan standar hidup, dan penyempitan kesenjangan pendapatan antara yang kaya dan yang miskin. Namun, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa “Konsensus Washington” telah memenuhi janji-janjinya. Sebagian besar klaim yang mendukungnya didasarkan pada bukti anekdot, dan biasanya hanya berfokus pada manfaatnya saja, sementara mengabaikan biayanya. Namun, ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa dampak netto dari neoliberalisme adalah negatif. 

Realitas baru yang dibentuk oleh Masyarakat 5.0 membuat fenomena penerimaan yang membabi buta ini dipertanyakan. Konsumen berharap bahwa ekonomi masa depan akan mengatasi kekhawatiran mereka yang semakin meningkat tentang upah yang stagnan, meningkatnya utang, dan kurangnya tingkat inflasi rendah yang ramah terhadap kreditur yang telah ada di bawah status quo neoliberal. Hal ini tentu saja membentuk agenda baru untuk ekonomi politik di masa depan, dan bahkan mendorong para pemilih untuk menolak partai-partai politik arus utama. 

Ekonomi Kolaboratif, atau yang dikenal dengan istilah “Ekonomi Bersama” merupakan sebuah konsep ekonomi dimana seorang individu maupun kelompok mampu melakukan kegiatan transaksi, seperti penyewaan, perdagangan, penukaran, ataupun peminjaman barang dan jasa, dengan pihak perusahaan sebagai media perantaranya. Konsep Ekonomi Kolaboratif sejatinya juga mampu mempererat relasi antara individu, kelompok, serta perusahaan, yang didasari atas sikap saling berbagi dan tenggang rasa. Beberapa contoh pengimplementasian dari Ekonomi Kolaboratif yakni sebagai berikut: 

A. Uber 

Uber merupakan perusahaan yang menyediakan jasa transportasi publik melalui aplikasi secara online. Seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan Uber menawarkan berbagai kemudahan atau fleksibilitas dalam memesan transportasi, salah satunya ialah fitur “ride sharing.” Melalui fitur ini, seorang individu yang memesan kendaraan melalui aplikasi Uber mampu melakukan sistem berbagi kendaraan dengan orang lain yang berada di lokasi penjemputan berbeda. Kehadiran fitur “ride sharing” menjadi sebuah terobosan baru bagi seseorang yang ingin meminimalisir tarif pemesanan kendaraan publik.  

 B. eBay Inc. 

eBay Inc. merupakan salah satu perusahaan yang menciptakan situs lelang berbasis website terbesar di dunia. Berdiri sejak tahun 1995 silam, situs eBay Inc. memfasilitasi para penggunanya dengan kehadiran komunitas dari seluruh negara, sehingga mekanisme kegiatan jual-beli produk maupun jasa mampu dilakukan secara praktis, efektif, dan efisien. Hingga kini, eBay Inc. terus-menerus melakukan ekspansi agar dapat menjangkau berbagai pasar perdagangan potensial di negara lainnya.  

 

Marcella Tania Dewi, Marcelina Eding, Stephanie Calysta Tanuwidjaja, Tri Aquino, Xuang Siao Thin

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031