School of Information Systems

Artificial Intelligence dan Pendidikan

Kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) sangat menguntungkan dan memajukan beberapa industri, termasuk pendidikan. Subbidang ilmu komputer yang disebut kecerdasan buatan (AI) mencoba membuat sistem komputer yang mampu mengenali ucapan dan gambar, pengambilan keputusan, dan bahkan kreativitas—tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. 

AI dapat diterapkan dalam lingkungan belajar untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan efektivitas guru. Dalam postingan ini, kita akan membahas beberapa contoh spesifik tentang bagaimana kecerdasan buatan digunakan dalam pendidikan dan bagaimana teknologi ini dapat membantu siswa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik. 

Penggunaan AI dalam Pendidikan 

1.Instruksi yang fleksibel

Pengajaran adaptif, yang memungkinkan pendidik menyesuaikan rencana pelajaran untuk memenuhi kebutuhan unik setiap siswa, adalah salah satu penerapan utama kecerdasan buatan dalam pendidikan. Sistem AI dapat membuat rekomendasi tentang mata pelajaran apa yang akan dipelajari, latihan apa yang harus dilakukan, dan bahkan teknik pengajaran yang paling berhasil untuk setiap siswa dengan mengumpulkan data dari ujian dan aktivitas belajar siswa. 

Selain membuat siswa merasa lebih terlibat dalam pendidikan mereka, pengajaran adaptif meningkatkan kualitas pengajaran dan prestasi siswa. Menurut sebuah penelitian oleh Carnegie Learning, nilai ujian siswa dapat meningkat sebanyak 63% ketika pengajaran adaptif digunakan di dalam kelas. 

2.Pemeriksaan tugas otomatis 

Guru sering kali harus memeriksa dan menilai tugas siswa dengan tangan, yang bisa membosankan dan menghabiskan waktu. Namun, sebagian besar pekerjaan ini dapat dilakukan secara otomatis dengan penggunaan teknologi AI. Sistem AI dapat secara otomatis menilai dan memberikan umpan balik pada pekerjaan siswa setelah membaca dan mengevaluasinya. 

Pemeriksaan tugas otomatis tidak hanya menghemat waktu dan pekerjaan dosen, tetapi juga memungkinkan mahasiswa mendapatkan umpan balik dengan lebih cepat dan akurat. Menurut sebuah studi oleh Majalah EdTech, pemeriksaan tugas terkomputerisasi dapat mengurangi waktu peninjauan guru hingga 90%. 

3.Metode bimbingan belajar online 

Program AI yang disebut sistem tutor virtual dimaksudkan untuk memberikan dukungan belajar individual kepada siswa. Teknik ini dapat memberikan umpan balik yang cepat dan membantu siswa dalam memahami ide-ide yang kompleks. Sistem tutor virtual dapat menyesuaikan instruksi dan materi pembelajaran yang diberikan berdasarkan kebutuhan dan keterampilan siswa dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan. 

Siswa mendapat manfaat dari sistem tutor virtual dalam beberapa cara, termasuk peningkatan pemahaman materi kursus dan peningkatan kepercayaan diri dan minat dalam studi mereka. Menurut sebuah studi oleh AI Journal, memanfaatkan sistem tutor virtual secara signifikan meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. 

4.Prediksi dilakukan melalui analisis data 

Kecerdasan buatan (AI) dapat digunakan untuk memeriksa data kinerja siswa dan memperkirakan hasil pembelajaran di masa mendatang. Sistem AI dapat menggunakan algoritme pembelajaran mesin untuk memeriksa data ujian dan tugas dari siswa untuk menemukan tren dan pola yang dapat membantu guru lebih memahami kemajuan siswa. Selain itu, dengan menggunakan data sebelumnya, AI dapat memperkirakan hasil pembelajaran siswa di masa mendatang. 

Guru dapat memilih strategi pengajaran dan teknik pembelajaran terbaik untuk setiap siswa dengan bantuan analisis dan prediksi data AI. Menurut studi MindBridge, analisis data dan prediksi AI dapat membantu sekolah dalam mengidentifikasi siswa yang berisiko gagal dan menawarkan intervensi yang tepat untuk menghentikannya. 

5.Pendidikan daring 

Pembelajaran jarak jauh telah mendapatkan popularitas baru-baru ini di seluruh dunia, terutama selama pandemi COVID-19. Dengan menawarkan solusi teknis seperti konferensi video dan platform pembelajaran online, AI dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh. 

 

Referensi: 

Adele Mailangkay

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031