School of Information Systems

Trading Cryptocurrency di Berbagai Platform

Cryptocurrency saat ini menjadi salah satu pilihan trading di dunia fintech, bahkan dapat dilakukan menggunakan platform lokal. Apa perbedaan atau keuntungan melakukan perdagangan/ trading menggunakan basis cryptocurrency. Apakah trading cryptocurrency dapat menggunakan robot trading? Lalu apa yang dimaksud dengan wallet dan exchange.

Trading cryptocurrency saat ini paling besar menggunakan platform Binance. Di platform tersebut dapat dilakukan jual beli secara cash account atau margin account. Jika menggunakan cash account, hanya jumlah uang yang didepositkan saja yang digunakan untuk trading.  Sementara dengn menggunakan margin account, trader mendapatkan leverage untuk uang yang ditradingkan. Platform trading cryptocurrency juga sudah ada di Indonesia, misalkan dengan menggunakan Indodax, Tokocrypto atau aplikasi Pintu.

Platform lokal (Indonesia) ini menjadi exchanger (pedagang valuta) untuk pintu masuk uang (proses deposit) yang akan kita gunakan untuk investasi. Di samping itu juga sebagai platform untuk penarikan uang (withdraw). Pemilik akun memasukkan uang ke exchanger melalui bank local dengan cara transfer. Sementara itu di dalam aplikasi seperti Binance ada wallet, tempat penampungan uang dari exchanger. Uang masuk ke wallet, dari wallet uang tersebut kemudian dimasukkan ke account trading. Di platform itulah proses trading berlanggung. Terlihat agak banayk Langkah yang harus dikerjakan, namun semua ini dilakukan untuk menjaga keamanan uang nasabah.

Sementara itu di dalam platform lokal yang ada di Indonesia, transaksi crypto juga dapat dilakukan. Sama seperti di aplikasi Binance, namun fitur di dalam Binance sangat banyak dan dapat mengggunakan robot trading (BOT) yang terhubung dengan aplikasi messenger Telegram untuk pengiriman sinyal ke BOT tadi. Inilah kelebihan dari Binance. Di tamabah lagi di dalam aplikasi Binance dapat dilakukan proses saving seperti bank. Jika uang yang ada tidak ditradingkan makan pemilik akun bisa mendapatkan bunga. Jadi nasabah akan sangat diuntungkan dengan adanya lanyanan ini. Belum lagi adanya fitur battle di dalam Binance yang dapat membantu traders yang yakin dengan analisanya mendapat keuntungan tambahan dari battle dengan group lain. Banyak kelebihan dari Binance yang tidak dimiliki kompetitor sejenis di bidangnya.

Sebelum melakukan proses trading sebaiknya pelaku trading dilengkapi dengan pengetahuan dan skill untuk trading. Mengikuti program edukasi yang dilakukan berbagai komunitas akan membantu calon trader mempunyai knowledge untuk trading, sehingga proses trading bukan gambling, namun karena memiliki pengetahuan dan skill trading. Keputusannya dapat berupa buy, sell, take profit, stop loss atau sama sekali tidak trading. Proses trading adalah proses yang beresiko sehingga sangat penting mempunyai pengetahuan yang cukup. Sikap serakah dan penasaran selama trading harus dihindari karena umumnya akan merugikan diri trader sendiri.  Trading adalah sebuah proses bisnis, bukan judi. Memang dalam trading ada factor peluang, namun karena konteksnya adalah perdagangan, hrus dihitung untung ruginya. Berdagang produk apapun dapat merugikan atau menguntungkan pelakunya. Karena itu pelaku trading harus mempunyai dasar pengambilan keputusan. Pengetahuan yang cukup, skill dan pengalaman melakukan analisa serta pengambilan keputusan sewaktu akan masuk posisi akan membuat seorang trader berbeda dengan trader lainnya.

Proses trading sebaiknya dipantau dengan baik, karena ini sebuah bisnis.  Namun Sebagian orang yang juga melakukan kegiatan lain dapat memantau dengan mengunakan robot. Robot yang dapat memonitor posisi, profit atau loss. Robot atau BOT ada yang digunakan sebagai alat bantu untuk membuka posisi danmenutup posisi, untuk menghitung risk reward rasio, maupun proses lainnya namun tetap dieksekusi perdagangannya secara manual oleh trader. Adapula BOT yang diberi kewenagan 100% untuk melakukan semua proses transaksi, sementara perintah, indicator, dan semua perintah diberikan oleh trader. Robot macam kedua ini lebih beresiko meskipun memberi kebebaskan trader dalam mengerjakan hal lainnya.

Erwin Halim

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031