School of Information Systems

Computer Networking

Apa yang dimaksud dengan Jaringan?  

Dalam teknologi informasi, “jaringan” berarti interkoneksi perangkat yang dapat berbagi informasi dan melakukan percakapan satu sama lain. Ada seperangkat pedoman, atau “protokol komunikasi”, yang dipatuhi oleh semua gadget ini agar dapat bekerja sama. Transfer informasi yang berarti terjadi melalui saluran kabel atau nirkabel. 

Bagaimana cara kerja Jaringan komputer?  

Jaringan komputer dapat terdiri dari banyak bagian yang berbeda, seperti sakelar, router, dan titik akses. Sakelar dapat dihubungkan secara internal untuk melindungi komputer, printer, server, dan perangkat jaringan lainnya di rumah dan di kantor. Titik akses adalah sakelar yang memungkinkan perangkat terhubung ke jaringan tanpa kabel. Router menghubungkan jaringan satu sama lain dan juga dapat membagi jaringan menjadi dua. Router melihat informasi yang dikirim melalui jaringan, memilih rute terbaik, dan mengirimkannya. Router menghubungkan rumah dan bisnis ke internet dan membantu menjaga informasi tetap aman dari ancaman keamanan dari dunia luar. 

Ada beberapa perbedaan antara switch dan router, tetapi perbedaan utamanya adalah bagaimana terminal dikenali. Sakelar lapisan 2 dapat mengetahui siapa perangkat dari alamat MAC yang “dibakar”, sedangkan router lapisan 3 dapat mengetahui siapa yang terhubung ke jaringan dari alamat IP-nya. 

Baik alamat MAC maupun alamat IP dapat digunakan untuk menemukan perangkat di jaringan. Alamat MAC mengidentifikasi perangkat di jaringan lokal, sedangkan alamat IP mengidentifikasi perangkat di jaringan global. 

Apa saja jenis arsitektur jaringan komputer yang ada?  

Ada dua jenis utama arsitektur jaringan komputer: arsitektur klien-server dan arsitektur peer-to-peer. 

Dalam arsitektur klien/server, sebuah node bisa menjadi klien atau server. Dalam bentuk node server, ia memberi node klien hal-hal seperti penyimpanan dan data. Anda dapat mengontrol bagaimana endpoint bertindak. Klien dapat berbicara satu sama lain, tetapi mereka tidak berbagi sumber daya satu sama lain. Misalnya, beberapa komputer di jaringan perusahaan menyimpan data dan pengaturan konfigurasi. Komputer-komputer ini adalah server jaringan Anda. Dengan mengirimkan permintaan ke server, klien bisa mendapatkan data ini. 

Dalam arsitektur peer-to-peer (P2P), semua komputer yang terhubung memiliki hak dan tanggung jawab yang sama. Tidak ada server pusat yang mengatur agar semuanya bekerja sama. Pada jaringan komputer, perangkat apa pun dapat bertindak sebagai klien atau server. Setiap peer dapat berbagi beberapa sumber dayanya dengan seluruh jaringan komputer, seperti memori dan daya pemrosesan. Sebagai contoh, beberapa perusahaan menggunakan arsitektur P2P untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak memori seperti rendering 3D di beberapa perangkat. 

Apa yang dimaksud dengan Topologi Jaringan? 

Topologi jaringan adalah cara pengaturan node dan tautan. Anda dapat mengubah cara pengaturannya untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Topologi jaringan terdiri dari bus, ring, bintang, dan mesh. 

Bagaimana cara kerja topologi jaringan? 

– Pada topologi bus, setiap node hanya terhubung ke satu node lain. Data yang dikirim melalui jaringan tidak dapat diterima. 

– Pada topologi ring, setiap node terhubung ke dua node lain untuk membuat lingkaran. Informasi dapat berjalan dua arah. Tetapi jika satu node saja gagal, seluruh jaringan bisa mati. 

– Dalam topologi bintang, banyak klien jaringan dihubungkan ke node server pusat. Topologi ini lebih cepat karena data tidak harus dikirim ke setiap node. Topologi ini juga merupakan taruhan yang lebih baik. 

– Dalam topologi mesh, setiap node terhubung ke banyak node lain. Setiap node dalam jaringan terhubung ke semua node lainnya. 

Apa Saja Jenis Jaringan Komputer Perusahaan? 

Ada tiga jenis jaringan perusahaan: jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), dan jaringan awan. 

Jaringan komputer yang menghubungkan sistem di gedung atau ruangan kecil yang sama disebut jaringan area lokal, atau LAN. LAN sering digunakan untuk keperluan pribadi atau non-bisnis, tetapi juga dapat digunakan sebagai jaringan uji coba kecil atau untuk pembuatan prototipe. 

Koneksi WAN berbeda dengan LAN dalam hal protokol berlapis model Open System Connectivity (OSI) dan bagian-bagian yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. WAN dibuat untuk membuat komunikasi jarak jauh menjadi mudah, aman, dan dapat diandalkan. Pusat data dan jaringan cloud menawarkan sebagian besar layanan TI untuk bisnis. Lingkungan komputasi Anda dapat berupa gabungan dari server di properti Anda sendiri dan jaringan di cloud. Tumpukan awan dapat terdiri dari model komputasi awan privat, publik, dan hibrida. 

 

References 

Muhammad Raizaki Rinadi