School of Information Systems

Penerapan teknologi informasi E-business &Ecommerce bagi perkembangan sebuah perusahaan (Bagian 2)

Sistem yang membantu perusahaan saling terhubung Aplikasi Perusahaan

Dalam menjalankan perusahaan terdapat tantangan utama bagi suatu perusahaan ,solusi yang akan digunakan dalam pelaku perusahaan yaitu dengan mengimplementasikan aplikasi perusahaan , yang merupakan system yang dapat menjangkau seluruh area fungsional,berfokus pada pelaksanaan proses bisnis yang terjadi di seluruh perusahaan,dan melingkupi seluruh tingkat manajemen.

4 Kategori utama aplikasi perusahaan

  • Sistem Perusahaan

Sistem yang sering digunakan oleh perusahaan kerap disebut sebagai perencanaan sumberdaya perusahaan,untuk mengintegrasi proses bisnis pada area manufaktur dan produksi ,penjualan dan pemasaran,keuangan dan akuntansi serta sumberdaya manusia ke dalam sebuah system perangkat lunak tunggal

  • Sistem Manajemen Rantai Pasokan

Adalah system yang mengotomatisi alur informasi alur informasi antar organisasi yang berbeda

  • Sistem Manajemen hubungan pelanggan

Biasanya digunakan untuk mengendalikan hubungan pelaku perusahaan dengan pelanggan.

  • Sistem Manajemen Pengetahuan

Perusahaan yang memiliki kinerja yang baik biasanya disebabkan oleh mereka yang memiliki pengetahuan akan dalam menciptakan,memproduksi serta mengirim barang dan jasa dengan baik. Sistem ini mengumpulkan seluruh pengetahuan dan pengalaman yang berhubungan dengan perusahaan , serta membuat pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kinerja bisnis dan kualitas pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.

E-business , E-commerce dan E-Government

Banyak organisasi bisnis dewasa ini menggunakan system digital yang kerap dikenal dengan kata “bisnis elektronik”. Bisnis elektronik mengacu teknologi digital dan internet untuk menjalankan proses-proses bisnis terhadap suatu perusahaan. E- bisnis meliputi aktivitas dalam pengendalian internal suatu perusahaan serta mengawasi dengan pemasok dan rekan bisnis lainnya. E-government yaitu penggunaan teknologi aplikasi jaringan dan internet sehingga dapat memungkinkan pemerintah dapat berkoneksi dengan masyarakat,sektor swasta,organisasi bisnis,dan instansi pemerintah secara digital.

System untuk kolaborasi dan bisnis jejaringan sosial

Sistem ini mencakup pemprosesan transaksi,system informasi manajemen,system pendukung keputusan dan system intelijen bisnis serta menyesuaikan harga barang dipasaran.

· Kolaborasi

Berfokus pada penyelesaian tugas maupun misi,biasanya digunakan pada organisasi bisnis maupun organisasi lainnya antara bisnis satu dengan bisnis lainnya. Kolaborasi dapat bersifat langsung singkat,beberapa menit,atau dalam jangka waktu yang lebih lama tergantung dari hubungan dan pekerjaan diantara partisipan.Kolaborasi biasanya dapat bersifat individu satu dengan individu lain, , individu dengan kelompok,maupun kelompok dengan kelompok.

Kolaborasi dan kerja sama tim menjadi lebih penting dibandingkan sebelumnya karena berbagai alasan.

– Meningkatkan efisiensi

– Mendapatkan ide ide baru

– Mengubah struktur organisasi perusahaan

– Mengubah sifat pekerjaan

– Mengubah ruang lingkup perusahaan

– Mengubah budaya kerja dan bisnis

– Pekerjaan yang bekerja secara global

– Menitikberatkan pada inovasi

– Kerja yang bekerja secara global

Bisnis jejaring sosial

Masa kini para perusahaan mulai meningkatkan kolaborasi dengan memanfaatkan bisnis jejaring social melalui instagram,twitter, Facebook maupun media lainnya yang dimiliki perusahaan untuk berhubungan dengan karyawan ,pelanggan serta pemasok, Tujuan nya yaitu untuk memperluas interaksi antar kelompok dari dalam maupun luar perusahaan untuk memperlancar pencapaian informasi ,inovasi ,dan pengambilan keputusan.

Keuntungan dari kolaborasi dan bisnis jejaring sosial

Manfaat dari kolaborasi adalah :

  • Produktivitas

Jika seseorang mampi berinteraksi dan bekerja sama ,mereka dapat memperoleh pengetahuan serta dapat menyelesaikan masalah lebih cepat dibandingkan orang yang jumlahnya sama namun bekerja sendiri sendiri

  • Kualitas

Orang yang bekerja secara kolaboratif dapat saling mengoreksi kesalahan lebih cepat dibandingkan orang yang bekerja sendiri sendirian.

  • Inovasi

Orang yang mampu bekerja sama dengan baik dapat saling mendatangkan ide yang lebih inovatif dan kreatif mengenai produk,layanan,maupun administrasi

  • Customer Service

Orang yang bekerja secara bersama sama menggunakan perangkat kolaborasi dan jejaringan social dalam menyelesaikan masalah maupun keluhan pelanggan secara lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan bekerja secara terisolasi

  • Kinerja keuangan

Perusahaan yang berifat kolaboratif memiliki penjualan ,pertumbuhan dan kinerja keuangan yang lebih unggul

Noviana Putri Buntoro

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031