School of Information Systems

Pengenalan E-Learning

E-learning adalah pembelajaran jarak jauh tanpa harus bertatap muka secara langsung yang memanfaatkan jaringan komputer, pengajaran yang dilengkapi dengan fasilitas komunikasi pemantauan dan evaluasi.Beberapa pendapat dari para ahli dibawah ini.

Abdul Barir Hakim(2016:2) mendefinisikan : “E-learning adalah pengajaran dan pembelajaran yang didukung dan dikembangkan melalui teknologi dan media digital, dan juga merupakan salah satu bentuk dari konsep distance learning atau belajar jarak jauh.”.

Novi Hidayati (2010 : 154) menjelaskan bahwa : “E-learning adalah proses instruksi yang melibatkan pengguna peralatan elektronik dalam menciptakan, membantu perkembangan, menyampaikan informasi dan memudahkan proses belajar mengajar dimana siswa sebagai pusatnya serta dilakukan secara interaktif kapanpun dan dimanapun”.

Kun Khamidah dan Ramadian Agus Triyono (2013 : 2) mendefinisikan : “E-Learning adalah kepanjangan dari elektronic learning yang merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya”

Fungsi E-Learning

Menurut Kun Khamidah dan Ramadian Agus Triyono (2013 : 2-3) menjelaskan bahwa :“terdapat tiga fungsi e-learning terhadap proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas yaitu suplementer, komplementer maupun substitusi”.

  1. Suplementer – Suatu sistem e-learning dikatakan memiliki fungsi suplementer atau tambahan apabila pembelajar memiliki kebebasan penuh untuk memutuskan apakah akan menggunakan sistem e-learning atau tidak.
  1. Komplementer – Sistem e-learning dikatakan bersifat komplementer atau pelengkap apabila materi dalam e-learning diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang telah diterima di dalam kelas.
  1. Substitusi – Pada beberapa lembaga pendidikan modern yang memberikan kebebasan mutlak kepada peserta didiknya untuk memilih jenis pembelajaran yang diinginkan, tujuannya adalah untuk untuk meningkatkan fleksibilitas pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kegiatan lainnya.
Orseola Gratia, Anderes Gui

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031