School of Information Systems

Etika Dan Keamanan Dalam Sistem ERP

Apa itu manajemen etika dan keamanan?

Sangat penting untuk mengetahui tentang etika dan manajemen keamanan ketika menerapkan suatu sistem. Karena, seperti yang kita ketahui, segala sesuatu pasti membutuhkan pengetahuan yang lebih. Jika kita terlalu acuh dengan apa yang terjadi, kita mungkin menempatkan diri kita dalam bahaya. Pendidikan tentang etika bisnis membantu kita belajar tentang kebijakan dan praktik bisnis. Seperti yang kita ketahui, dengan perkembangan zaman yang terus berkembang, kita tidak menyadari bahwa semua informasi dapat disebarluaskan dengan mudah. Setiap manusia pasti memiliki hak atas kerahasiaan yang dimilikinya, dan tentunya kita akan terus menjaga dan menjaga kerahasiaan tersebut. Dan dengan memiliki kerahasiaan atau hak tersebut, kita harus tahu bagaimana melindunginya dengan baik agar tidak terjadi kebocoran. Karena terkadang tanpa kita sadari, dalam mengumpulkan atau mengirimkan informasi bisa saja terjadi kesalahan. Permasalahan yang saat ini sedang dihadapi adalah hacking, attack, dan data mining yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengapa etika dan keamanan sangat diperlukan dalam sistem ERP?

Tentunya manajemen keamanan sangat diperlukan dalam mengimplementasikan suatu sistem karena sistem ERP sangat erat kaitannya dengan dunia internet. Jika sebuah bisnis menggunakan sistem ERP, maka semua kebaikan, keburukan, kelebihan dan kekurangan bisnis tersebut akan terungkap. Jadi sangat penting bagi kita untuk memastikan bahwa data yang kita miliki aman dan tidak ada orang jahat yang melakukan hal buruk. Dan jika keamanan yang dimiliki memiliki kelemahan, itu adalah risiko yang sangat tinggi, yang akan sangat berdampak pada bisnis, dan akibtanya dapat menderita kerugian besar. Namun, tidak mudah untuk mengamankan sistem yang dimiliki dan hal tersebut membutuhkan sesuatu yang harus dipenuhi.

Langkah-langkah apa yang dapat diambil untuk mengamankan sistem yang Anda miliki?

Ada beberapa langkah untuk mengamankan sistem yang Anda miliki agar terbebas dari hal-hal buruk yang terjadi:

  1. ID Pengguna dan Kata Sandi

User ID atau password sangat diperlukan dalam menjaga kerahasiaan. Usahakan memiliki ID dan password yang sulit ditebak oleh banyak orang, yang mungkin tidak diketahui sama sekali oleh orang lain. Langkah ini tentunya sudah diterapkan dalam banyak hal. Namun masih banyak orang yang menggunakan password yang lemah, sehingga masih beresiko. Misalnya, peretasan dapat mengambil data Anda, sehinggamemiliki kata sandi yang sulit dapat mencegah risiko ini.

  1. Keamanan Fisik Perangkat Keras

Kita tidak hanya bisa menjaga akun atau ID dan password yang bisa kita akses, tapi akses hardware juga dibutuhkan. Bagaimana kita mempersiapkan keamanan ganda untuk menjaga kerahasiaan kita?

  1. Keamanan jaringan

Keamanan jaringan merupakan salah satu hal yang sangat penting karena jaringan berhubungan dengan dunia internet yang luas dan besar informasinya serta memiliki resiko yang besar. Penggunaan VPN (Virtual Private Network) atau situs web dengan sedikit keamanan juga dapat menimbulkan risiko keamanan yang tinggi.

  1. Deteksi gangguan

Deteksi penyusupan secara real-time ketika beberapa orang yang ingin melakukan kejahatan, maka hal tersebut dapat dilacak dan dapat mencari informasi lengkap tentang orang-orang yang mencoba melakukan kejahatan tersebut,

  1. Kesadaran

Tidak hanya dari perangkat, jaringan atau sistem, yang dibutuhkan juga kesadaran yang dimiliki pengguna; bagaimana pengguna harus mengetahui risiko atau kebijakan yang terkait dengan akses mereka.

Evan Christiawan, RA Dyah Wahyu Sukmaningsih

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031