School of Information Systems

Triple Kill! Tiga Juara Diraih oleh Mahasiswa SI di UMN

28 Juli 2023 – Selamat kepada Tim Trial n Error, yang beranggorakan Evelyn Pradhan, Gisela Jennifer Lazuardy, dan Felicia Grace Subagio, Tim proPipel yang beranggotakan Sherleen, Muhammad Rafif AlHakim, dan Kelly, serta Tim Kairos, yang beranggotakan Althof Hazelio, Fellicya Jennifer K.F.H.L, dan Aulia Nurul Azizah Aditiyah  sebagai pemenang pertama, kedua, dan ketiga dalam UIUX Competition pada IS Fest UMN 2023. Anggota seluruh tim terdiri dari mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, yang juga memiliki peran sebagai anggota Information System Case Study Club (ISCSC) dan Part-Time Assistant Lab Sistem Informasi.

IS Fest UMN 2023 merupakan perlombaan tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara. UI/UX Competition menjadi salah satu divisi yang dilombakan pada IS Fest UMN 2023. Pada tahun ini, tema yang diangkat untuk kompetisi UI/UX Competition adalah education. Tujuan diadakannya UI/UX Competition adalah untuk memberikan wadah bagi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk dapat berinovasi menciptakan desain aplikasi yang efektif dan efisien serta dapat memberikan pengalaman baru bagi pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut.

Pada perlombaan ini, terdapat dua tahap lomba yang diikuti. Tahap pertama, yaitu babak penyisihan mengharuskan peserta untuk mengumpulkan makalah dan mockup dari ide mereka. Ketiga tim yang sudah memiliki bekal ide dan dibantu disempurnakan idenya oleh mentor dan dosen pembimbing. Akhirnya, pada tanggal 18 Juli 2023, ketiga tim diumumkan berhasil menjadi salah satu tim yang lolos ke tahap selanjutnya, yaitu pembuatan prototype dan presentasi.

Tahap final dari UI/UX Competition IS Fest UMN 2023 diadakan pada 24 Juli 2023 secara online. Pada tahap ini, ketiga tim diharuskan untuk bersaing kembali dalam pembuatan pitch deck dan presentasi final. Setelah melakukan berbagai persiapan, baik terkait materi maupun terkait keperluan yang dibutuhkan ketika mengikuti final, ketiga tim pun dapat memberikan presentasi final yang baik dan berhasil meraih juara 1, 2, dan 3 yang diumumkan pada acara awarding night yang diselenggarakan pada 26 Juli 2023.

Berikut adalah kesan dan pesan yang disampaikan oleh ketiga tim:

  • Tim Trial n Error
    • Evelyn: Lewat lomba ISFEST, saya mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan baru. Special thanks buat Bu Jennifer, Kak Monic, dan Kak Aris yang sudah membimbing kita dan untuk tim Trial n Error yang sudah bekerja keras! Pesannya, setiap proses bekerja dalam tim pastinya ada hambatan dalam menjalankannya, tapi kalau kita niat pasti dapat menyelesaikannya dengan bekerja sama dalam mengatur strategi.
    • Gisele: Terima kasih banyak kepada Bu Jennifer, Kak Aris, dan Kak Monic atas bimbingannya dalan lomba kali ini serta untuk rekan tim Trial n Error yang penuh semangat dan dedikasi. Walaupun lomba kali ini bersamaan dengan UAS di kampus, kami bisa mengerjakan lomba kali ini dengan baik. Pesannya, jangan takut untuk terus memberikan ide kreatif dan inovasi baru dalam mengembangkan suatu hal.
    • Felicia: Tentunya sangat senang ketika usaha yang kita lakukan membuahkan hasil. Thank you untuk mentor Trial n Error, Kak Aris dan Kak Monic, juga Bu Jennifer atas bimbingan dan masukannya selama pengerjaan lomba ini. Aku juga mau kasih big applause buat teammates kesayangan aku, Gisel dan Evelyn yang udah mau kerja sama dan selalu siap untuk back-up satu sama lain. We did it guys! Lalu, pesannya setiap usaha yang kita berikan dalam memperjuangkan sesuatu merupakan hal yang berharga. Kalah ataupun menang dalam suatu kompetisi adalah hal biasa, tapi bagaimana kita dapat mengambil pelajaran dari pengalaman tersebutlah yang membuat kita dapat terus berkembang. Oleh karena itu, teruslah berusaha dan lakukan yang terbaik di setiap kesempatan yang ada.
  • Tim proPipel
    • Rafif: Kesannya aku bangga karena kami bertiga bisa sampai ke titik ini. Pastinya ga mudah, karena ada banyak juga yang harus kami lalui biar bisa ada di titik ini. Jerih payah yang dikeluarkan kami rasa sebanding dengan hasil yang didapatkan juga. Menurut saya ini bisa kami jadikan sebagai batu loncatan agar bisa meraih hasil yang lebih baik kedepannya. Karena walaupun belum lolos sebelumnya kami tidak kalah, kemenangan kami hanya tertunda saja dan dari situ kami tetap belajar, tumbuh, dan berusaha lebih ekstra lagi di kesempatan selanjutnya. Anyways saya bangga sama kami bertiga, terutama kalian berdua cause in the end in bukan kerjaan satu orang doang tapi kita semua. Campur tangan kita semua yang bisa membawa kita titik ini. Dan pastinya kami juga dapat bantuan berharga yang tidak kalah hebatnya dari Pak Yakob dan Kak Aris selama perlombaan ini. Tapi sebelumnya aku mau minta maaf juga kak kalau dari saya atau tim ada salah kata atau yang tidak mengenakan. Karena saya yakin dari kita semua tidak ada berniat untuk melakukan hal tersebut. Semoga binus dan tim2 lain bisa makin jaya di lomba-lomba berikutnya. Thank you kak Aris, pak Yakob, dan temen2 semuaa.
    • Sherleen: Dari aku kesannya, aku senang bisa belajar banyak hal kak, bangga jg kak terhadap tim kami akhirnya bisa menyentuh titik juara setelah progress selama ini. Aku bersyukur dan merasa gabisa ngelewatin semua ini tanpa bimbingan Kak Aris, Pak Yakob, dan teman2 tim. Terima kasih juga kak telah membimbing kami dengan sabar dan memberikan yg terbaik untuk kami. Aku juga berharap agar selalu bimbingan kakak, dosen, serta tim labsisfo lainnya dpt membuat kami dan mentee lainnya belajar lebih baik. Semangat dan sukses terus kak.
    • Kelly: Kesannya, aku senang bisa mendapatkan hasil akhir yang memuaskan dan berterima kasih ke pak Yakob dan kak Aris telah ngebimbing kami dengan baik sampai akhir. Aku juga ingin meminta maaf jika ada hal yang kurang mengenakkan di kakak dan agak lama untuk membalas kakak. Terima kasih dan semangat terus kak.
  • Tim Kairos
    • Althof Hazelio: Jadi salah satu pengalaman berharga, jadi tau caranya manage team dan jadi leader suatu project. Semoga selanjutnya bisa lebih baik lagi dan belajar dari kesalahan sebelumnya
    • Aulia Nurul Azizah Aditiyah: Lomba UI/UX pertama ini memberikan saya pengalaman dalam lomba UI/UX. Mulai dari persiapan hingga sesi presentasi penuh dengan perjuangan yang tidak akan saya lupakan. Semoga kedepannya saya lebih banyak belajar lagi untuk mencapai juara yang lebih tinggi lagi.
    • Fellicya Jennifer K.F.H.L: Dari lomba ini banyak banget yang saya pelajari mulai dari brainstorming ide, time management, atur prioritas, kerjasama tim dan lain sebagainya. Saya juga dapat menambah skill dalam bidang UI/UX. Saya sangat senang bisa bekerja sama dengan Hazel dan Aulia selama proses lomba ini. Harapannya saya bisa meningkatkan skill UI/UX serta soft skill lebih baik lagi. Selain itu, harapannya saya bisa mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan sebelumnya di kesempatan-kesempatan selanjutnya.

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031