School of Information Systems

Acara Studi Banding Universitas Maranatha ke Binus University

Pada tanggal 25 Juli 2023, dari perwakilan school of information systems yang diwakili oleh dekan, head of SIS program, dan dosen yang telah menerima kunjungan studi banding dari Universitas Maranatha dalam rangka inisiasi penyusunan kurikulum Outcome Based Education dan mengadakan perjanjian kerjasama dengan school of information systems. 

Studi banding telah menjadi salah satu cara yang efektif bagi lembaga pendidikan untuk saling memperluas wawasan & mendapatkan inspirasi dari hasil pengalaman studi banding dengan universitas lain. Artikel ini menggambarkan pengalaman studi banding Binus University dengan Universitas Kristen Maranatha. Dimana Binus University merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, yang menawarkan berbagai program unggulan pada bidang Sistem Informasi. Tujuan dari studi banding di Binus University adalah untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang praktik terbaik dalam pendidikan dan pengembangan keahlian di bidang IT yaitu Sistem Informasi. Melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman untuk kurikulum dan staf pengajar di Binus University, peserta studi banding diharapkan dapat mengembangkan gagasan dan inovasi baru yang dapat diterapkan dalam lembaga mereka. 

Program studi banding Universitas Kristen Maranatha ke Binus University mencakup berbagai aspek, termasuk: 

  • Kunjungan ke School of Information Systems

Peserta studi banding akan berkesempatan untuk diajak berkeliling untuk mengunjungi : ruang kelas Regular, Ruang Creative, Beebox, Ruang Dosen,Lecture Resource, Perpustakaan,UI/UX Lab,dan lokakarya yang relevan dengan bidang studi mereka. 

  • Interaksi dengan Dosen Binus University

Peserta studi banding juga berinteraksi dengan para dosen di Binus University, berbagi pengalaman, dan berdiskusi mengenai perbedaan dan persamaan antara kurikulum dan metode pembelajaran di kedua lembaga. Atau berkesempatan untuk melakukan kerjasama di bidang Research maupun Enrichment di kedua lembaga Universitas Kristen Maranatha dan Binus University. 

  • Menjelajahi Laboratorium dan Fasilitas Terkini

Studi banding juga akan memungkinkan peserta untuk menjelajahi laboratorium dan fasilitas terkini yang ada di Binus University, yang dilengkapi dengan perangkat teknologi mutakhir. 

Hasil dan Manfaat dari studi banding Universitas Kristen Maranatha ke Binus University akan bervariasi bagi setiap peserta, namun beberapa manfaat umum meliputi: 

  1. Memperluas Wawasan: Peserta akan mendapatkan wawasan baru tentang praktik pendidikan, kurikulum, suasana pra kuliah dari mahasiswa tahun pertama, dan pengembangan keahlian di bidang sistem informasi.
  2. Pengembangan Kompetensi: Peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diterapkan dalam pekerjaan dan penelitian yang mereka lakukan.
  3. Jaringan Profesional: Studi banding memberi kesempatan bagi peserta untuk memperluas jaringan profesional mereka dengan berinteraksi dengan staf pengajar yang ada di Binus University untuk semakin mengeratkan kerjasama yang akan dilakukan dari kedua lembaga.

Sesi terakhir adalah mengabadikan momen bersama untuk berfoto untuk menandakan kerjasama antara Universitas Kristen Maranatha dan Binus University semakin erat. 

Septian Eka Ady Buananta

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031