School of Information Systems

Mengapa Perlu Database?

Era digital pada saat membuat informasi menjadi hal yang sangat vital dengan memegang peran utama dalam menjalankan bisnis, organisasi, atau bahkan individu. Informasi menyebar secara cepat dan dan dalam jumlah sangat besar. Pengumpulan dan penyimpanan informasi yang efektif dan efisien menjadi hal yang penting dalam mengelola informasi. Hal tersebut dikarenakan informasi merupakan kunci dalam bertindak baik dalam bisnis,organisasi maupun individu. Cara yang efektif dan efisien saat ini dalam mengelola informasi adalah dengan menggunakan database.

Database merupakan kumpulan informasi yang tersimpan secara terstruktur dalam suatu sistem komputer, dapat diakses, diolah, dan dikelola menggunakan software. Software yang digunakan untuk mengelola dan mengakses database disebut dengan Database Management System (DBMS). Beberapa jenis informasi yang dapat disimpan dalam database meliputi data numerik, teks, gambar, atau multimedia. Database mempunyai fungsi untuk menyimpan data dalam jumlah besar dan dapat mengakses data tersebut dengan cepat dan mudah. Dalam bisnis atau organisasi, database sangat penting untuk menyimpan data karyawan, data supplier, data penjualan, data keuangan, data pelanggan, dan masih banyak lagi.

Alasan paling dasar mengapa perlu menggunakan database adalah untuk menghindari duplikasi data atau informasi yang tidak konsisten. Penggunaan database membuat data dapat disimpan dalam satu tempat yang sama dan dapat diakses oleh banyak pengguna dengan tingkat akses yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat setiap pengguna dapat memperoleh informasi yang sama dengan versi yang konsisten, sehingga dapat memastikan keakuratan dan keandalan data.

Selain itu, penggunaan database juga memungkinkan untuk menyimpan data dengan kapasitas yang sangat besar. Ketika suatu organisasi atau bisnis tumbuh dan berkembang, volume data yang harus diolah juga semakin besar. Kebutuhan perusahaan terkait data menjadi persoalan tersendiri, bagaimana menyimpan data yang besar dengan efektif dan efisien. Hal tersebut membuat database menjadi sangat penting karena dapat melakukan penyimpanan data dalam jumlah yang besar dan dapat diakses dengan mudah. Sehingga, organisasi dapat mengelola data dengan lebih mudah dan efisien.

Kebutuhan perusahaan terkait analisis data yang akurat menjadi persoalan karena data yang terkait sangat besar jumlahnya. Penggunaan database dapat membantu dalam melakukan analisis data yang lebih akurat dan efektif. Dalam bisnis, analisis data menjadi sangat penting untuk membantu membuat keputusan yang lebih baik. Dengan adanya database, data yang terkumpul dapat dianalisis dengan lebih

mudah dan cepat, sehingga pengambilan keputusan dapat diambil dengan lebih cepat dan tepat. Pengambilan keputusan yang tepat tentu akan berdampak pada eksistensi perusahaan kedepannya

Pada era digital keamanan terhadap data menjadi sangat penting, karena ancaman terkait data telah banyak cara dan apabila sampai mengalaminya akan sangat merugikan. Dalam hal keamanan, penggunaan database juga dapat membantu dalam melindungi informasi yang sensitif. Dengan menggunakan hak akses yang berbeda untuk setiap pengguna, informasi yang sensitif dapat dilindungi dan hanya bisa diakses oleh orang yang diberi akses saja. Selain itu, penggunaan teknologi keamanan seperti enkripsi data dapat membantu mencegah kebocoran data atau informasi yang sensitif.

Kesimpulannya, penggunaan database sangat penting dalam pengelolaan informasi dalam bisnis atau organisasi bahkan individu. Pemanfaatan database membuat informasi dapat disimpan dengan efektif dan efisien, mencegah duplikasi data atau informasi yang tidak konsisten, dapat menampung volume data yang besar, memudahkan analisis data, dan membantu menjaga keamanan informasi yang sensitif. Hal tersebut membuat penggunaan database menjadi sangat penting dalam mendukung bisnis atau organisasi dalam mengelola informasi dan membuat keputusan yang lebih baik dan tepat.

Edi Purnomo Putra, Fajar Hidayat