School of Information Systems

Strategi Human-Centric Knowledge Management Bagi Tenaga Kerja Digital (Bagian 4)

Saat ini, kita memiliki banyak aset pengetahuan dalam bentuk digital. Catatan transaksi pelanggan, perkiraan penjualan, dan kutipan produksi semua digital dapat dengan cepat diekstraksi dari sistem. Namun, jangan mengharapkan ledakan kebijaksanaan perusahaan sebagai akibat dari semua digitalisasi ini. Informasi yang tersedia mungkin kurang konteks atau relevansinya dengan harapan bisnis yang sesuai. Selain itu, informasi keluar dengan sangat cepat, data tersebar di berbagai alat, dan dengan pergeseran baru-baru ini ke model kerja hibrida, pengetahuan lebih tertutup daripada sebelumnya.

Hal ini karena kita tidak hanya berbicara tentang aset digital dan sistem itu sendiri—kita berbicara tentang orang-orang yang bekerja dengan dan berbagi pengetahuan ini. Pengalaman dan harapan tenaga kerja digital saat ini sangat berbeda dengan angkatan kerja generasi sebelumnya. Daripada bekerja dalam hierarki pelaporan dan diharapkan untuk tetap berada di jalur mereka, pekerja digital memerlukan akses ke informasi dari seluruh perusahaan mereka dan memiliki kekuatan untuk membuat keputusan secara mandiri. Dengan munculnya pekerjaan hibrida dan jarak jauh, karyawan menjadi lebih terisolasi, yang membatasi berbagi pengetahuan dan kolaborasi antara para ahli. Tanpa berbagi pengalaman dengan rekan kerja, karyawan berisiko mengulangi apa yang telah dilakukan dan memengaruhi waktu siklus inovasi dan kecepatan ke pasar.

Dalam survei yang dilakukan oleh Starmind oleh Forrester, 35% karyawan mengatakan sebagian besar informasi di organisasi mereka tidak didokumentasikan dan dipegang oleh individu—memerlukan interaksi satu lawan satu untuk mengaksesnya. Mereka menilai koneksi dan interaksi pribadi sebagai yang paling efektif dalam membantu mereka menyelesaikan masalah dengan cepat. Namun, belakangan ini, perpindahan ke pekerjaan hibrida telah mempersulit karyawan untuk membangun jaringan, terutama jika berbagi pengetahuan terbatas pada sekelompok kecil orang.

Tentu saja ini membutuhkan strategi manajemen pengetahuan baru yang berpusat pada manusia, mendorong kolaborasi dan membuka akses ke pengetahuan dan sumber daya di seluruh perusahaan pada tingkat yang sangat manusiawi. Ini sangat penting dengan dimulainya pekerjaan jarak jauh (remote work), yang membuat kolaborasi dan berbagi pengetahuan menjadi lebih menantang. Mayoritas pengetahuan dalam suatu organisasi tidak dapat diakses, dengan hanya 20% dari pengetahuan organisasi yang didokumentasikan. Informasi yang tersisa terperangkap dalam pikiran karyawan, dan satu-satunya cara untuk mengambil informasi ini adalah dengan menemukan orang yang tepat dan bertanya kepada mereka. Dengan meningkatnya volume data yang dibuat setiap hari, kesenjangan pengetahuan tacit hanya meningkat.

Strategi pengetahuan yang berpusat pada manusia memiliki implikasi signifikan bagi kinerja bisnis itu sendiri. Dengan berpegang pada praktik manajemen pengetahuan tradisional, sangat terstruktur dan tertutup, bisnis menghadapi sejumlah risiko:

  • Kehilangan waktu, tenaga, dan produktivitas yang dihabiskan untuk mencari solusi untuk masalah bisnis: Laporan Penelitian Pengurasan Produktivitas Starmind 2021 menemukan bahwa 37% karyawan menghabiskan lebih dari dua jam sehari untuk mencari jawaban. Satu dari 20 orang menghabiskan setengah hari kerja mereka untuk mencari informasi. Ada biaya finansial yang nyata untuk jam-jam yang hilang ini. Misalnya, dalam sebuah organisasi dengan 4.000 pekerja, hilangnya dua jam sehari dalam waktu menambahkan hingga minimal 740.500 jam yang hilang dalam setahun. Jika semua pekerja ini memperoleh, minimal, upah rendah hanya $20 per jam, itu sudah hampir $15 juta per tahun hilang dari bisnis melalui pencarian informasi.
Nuril Kusumawardani