School of Information Systems

Wearable Computing: Virtual Reality Headsets

A. Pengertian VR Headsets dan kaitannya dengan Virtual Reality

Jika mendengar kata-kata VR Headsets maka salah satu jenis VR Headset yang terkenal adalah Oculus. Oculus merupakan Meta Platform Inc. terkenal yang memproduksi Virtual Reality Headsets. Sebenarnya sekarang juga banyak VR headsets lain selain Oculus, namun Oculus bisa dibilang merupakan pendobrak utama teknologi VR pada saat ini. Sebenarnya apa itu VR? Virtual reality merupakan sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga user benar-benar merasa seperti berada di dalam lingkungan tersebut.

Pada awalnya teknologi ini seperti Peta Bioskop Aspen, yang diciptakan oleh MIT pada tahun 1977. Programnya adalah suatu simulasi kasar tentang kota Aspen di Colorado, dimana para pemakai bisa mengembara dalam salah satu dari tiga gaya yaitu musim panas, musim dingin, dan poligon. Dua hal pertama tersebut telah didasarkan pada foto, karena para peneliti benar-benar memotret tiap-tiap pergerakan yang mungkin melalui pandangan jalan kota besar pada kedua musim tersebut, dan yang ketiga adalah suatu model dasar 3 dimensi kota besar.

Pada tahun 1980, kemudian berganti nama dengan Virtual Reality yang dipopulerkan oleh Jaron Lanier, salah satu pelopor modern dari bidang tersebut. Lanier yang telah mendirikan perusahaan VPL Riset pada tahun 1985. Sebenarnya VR sudah dikembangkan cukup lama, tepatnya mulai dari tahun 1800-an. Berikut ditampilkan sejarah VR dari awal hingga saat ini.

Pertama tahun 1800, Mulai muncul ide untuk membuat sebuah alternatif realitas seiring dengan mulai munculnya praktek fotografi. Selanjutnya pada tahun 1838, Pada proses pengembangannya, ditemukan stereoskop pertama yang menggunakan dua cermin kembar untuk memproyeksikan sebuah gambar. Selanjutnya tahun 1839, Stereoskop tersebut dikembangkan menjadi View-Master dan kemudian dipatenkan satu abad kemudian pada tahun 1939. Kemudian pada tahun 1956, selanjutnya Morton Heilig membuat simulasi Sensorama yang dapat membuat penggunanya merasakan suasana lingkungan perkotaan bagaikan dengan menaiki sepeda motor. Sudah dilengkapi dengan multisensor stimulasi, sehingga penggunanya mampu melihat jalan, mendengar

mesin motor berbunyi, merasakan getaran motor, dan mencium bau mesin motor di sebuah dunia yang didesain teknologi. Kemudian tahun 1960, Morton Heilig kemudian mematenkan peralatan yang dinamakan dengan Telesphere Mask. Banyak investor yang kemudian tertarik bekerjasama. Barulah tahun 1980 Istilah Virtual Reality mulai diperkenalkan oleh Jaron Lanier, termasuk goggle (kaca mata) dan sarung tangan yang dibutuhkan seseorang untuk merasakan pengalaman VR.

B. Cara Kerja Headset Virtual Reality dan Contohnya

Headset VR adalah bentuk tampilan head-up (HUD). Mereka memungkinkan pengguna untuk membenamkan diri dalam lingkungan imajiner melalui pandangan orang pertama (First PersonView).

Teknologi pada headset VR ini memiliki fitur seperti pelacakan tatapan mata, sensor inframerah, giroskop, dan akselerometer yang secara alami menggerakkan sudut pandang pengguna. Suara stereo (untuk aplikasi seluler) dan surround atau 3D juga dapat diterapkan pada headset ini. Beberapa headset VR paling populer di pasaran saat ini:

· Samsung Gear VR – Gear VR menggunakan teknologi Oculus VR dan kompatibel dengan model Galaxy S6, S7, dan Note 7.

· Oculus Rift – Headset ini memiliki teknologi pemosisian untuk pergerakan fisik dalam ruang 3D, serta kontroler sentuh.

· HoloLens – Headset VR buatan Microsoft yang menawarkan suara spasial 3D, konektivitas Wi-Fi, sistem penginderaan spasial 120 derajat yang tertanam dalam kamera (yang mirip dengan kamera di perangkat Kinect ), giroskop, akselerometer, dan layar transparan untuk kedua mata.

· PlayStation VR – Seperti namanya, PlayStation VR kompatibel dengan konsol game PlayStation 4 Sony yang dapat dikendalikan menggunakan pengontrol DualShock 4 PS4 dan PlayStation

C. Contoh Aksesoris untuk Virtual Reality

1. Haptic gloves (sarung tangan haptic)

Haptic gloves biasa digunakan bersamaan dengan VR dan berfungsi untuk menyimulasikan suatu situasi, seperti kegunaan tombol pada mobil pemadam kebakaran atau mungkin simulasi peternakan dalam ukuran mini seperti yang terlihat pada video iklan salah satu produk haptic gloves, HaptX. Selain itu, user juga bisa menggunakan haptic gloves untuk mensimulasikan bagian dalam mobil, bahkan hingga mencoba mengendarainya.

2. Tracker

Aksesoris ini dirilis oleh perusahaan produser komputer, HTC. Sesuai dengan namanya, tracker berguna untuk melacak benda dari dunia nyata sehingga bisa digunakan di dunia virtual. Beberapa contoh benda yang bisa dilacak oleh tracker adalah alat tembakan Hyperkin Hyper Blaster, raket tenis dan bulu tangkis, bahkan TrackBelt dan TrackStrap yang bisa dikenakan pada tubuh. Sayangnya, aksesoris ini hanya bekerja pada alat yang sama-sama diproduksi oleh HTC Vive.

3. Omnidirectional Treadmill

Omnidirectional treadmill merupakan aksesoris VR yang memungkinkan penggunanya berlari di dunia virtual namun tidak berpindah ke mana pun di dunia nyata. Salah satu brand yang menawarkan produk omnidirectional treadmill adalah Omni, yang sudah mendistribusikan lebih dari 3000 unit ke 45 negara.

D. Contoh Manfaat Headset VR sebagai alat Virtual Reality

1. Bidang Medis dan Kedokteran

Teknologi VR kini sudah merambah ke dunia medis dan kedokteran, salah satu contohnya adalah pendidikan dan pelatihan medis, HumanSim, yang menekankan pada tagline “Learning by doing.” Beberapa program yang dapat dipelajari oleh calon paramedis adalah pengobatan saat perang, melihat proses operasi, atau mempelajari simulasi lingkungan rumah sakit interaktif. Selain itu, pada beberapa teknologi yang lebih canggih, pengguna VR bahkan bisa melaksanakan operasi di realitas maya.

2. Teknik dan Otomotif

Perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, Ford, sudah mulai memanfaatkan kelebihan VR untuk melakukan simulasi desain dan uji coba produknya. Di tahun 2015, Ford melakukan simulasi 3D VR pada acara ACM SIGGRAPH yang dilakukan oleh Vice President Ford, Elizabeth Baron. Selain itu, penggunaan VR di bidang transportasi juga bisa digunakan untuk simulasi kendaraan.

3. Transportasi

Berlatih menerbangkan pesawat dengan menggunakan unit asli tentunya menghabiskan dana yang tidak sedikit, selain itu, keselamatan jiwa juga masih menjadi ancaman saat berlatih menerbangkan unit pesawat. Saat ini, user bisa menggunakan VR untuk menyimulasikan penerbangan pesawat. Selain lebih aman, biaya yang user keluarkan untuk bahan bakar dan sewa pesawat juga bisa terpangkas. User tidak perlu takut dengan kualitas gambar yang buruk, sebab salah satu flight simulator, FlyInside, sudah menyediakan simulasi penerbangan pesawat secara detail sehingga user tidak asal menerbangkan, tapi juga bisa mengatur pesawat melalui tombol fungsi yang ada di dalam pesawat asli.

4. Arsitektur

Di dunia arsitektur, Virtual Reality dapat berfungsi untuk melakukan simulasi terhadap bangunan. Tak hanya itu, pengguna VR juga bisa melakukan tes terhadap ukuran dan ketepatan susunan bangunan yang telah mereka buat sebelumnya. Salah satu perusahaan VR yang sengaja menciptakan program untuk simulasi arsitektur adalah VRtisan.

Sumber Referensi:

Benyon, David. (2019). Designing User Experience: A guide to HCI, UX and interaction design (4th Edition).. United Kingdom: Pearson.. https://www.dewaweb.com/blog/virtual-reality/ https://idcloudhost.com/mengenal-virtual-reality-definisi-cara-kerja-contohnya/ https://www.jellykom.com/2019/10/bagaimana-cara-kerja-virtual-reality-vr.html

Ferdianto, Abraham Graviro