School of Information Systems

Pentingnya Infrastruktur Jaringan (Network Infrastructure) di Dunia Digital dan Modern

Perkembangan teknologi yang begitu pesat di era modern ini sudah sangat mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Berbagai manfaat telah kita dapatkan sebagai hasil dari perkembangan teknologi ini, salah satunya kemampuan untuk terhubung dengan berbagai orang dari segala penjuru dunia melalui suatu sistem terhubung yang memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi, yaitu internet. Internet merupakan salah satu contoh network. Selain internet, network juga terbagi dalam berbagai jenis, seperti LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network), dan CAN (Campus/Corporate Area Network).

Di era yang digital ini, tentu sangat penting bagi suatu perusahaan untuk memiliki infrastruktur jaringan yang aman dan dapat diandalkan. Tanpa infrastruktur jaringan seperti itu, suatu perusahaan bisa mengalami banyak masalah yang dapat menurunkan produktivitas perusahaan dan bahkan bisa menyebabkan kerugian yang signifikan. Oleh karena itu, infrastruktur jaringan suatu perusahaan sangat berperan penting dalam menjamin kelancaran aktivitas perusahaan, baik secara internal maupun eksternal.

Jadi, apa itu infrastruktur jaringan? Infrastruktur jaringan adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen hardware dan software yang disusun sedemikian rupa untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dan interaksi antara pengguna, perangkat, aplikasi, dan jaringan internet. Dengan adanya infrastruktur jaringan, proses bisnis dalam perusahaan dapat berjalan dengan lebih cepat dan efisien karena sudah terdapat perantara yang instan.

Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari infrastruktur jaringan yang sudah disusun dengan baik, seperti menurunkan biaya operasional, meningkatkan keamanan data perusahaan, memudahkan komunikasi antara semua departemen dalam suatu perusahaan, dan memastikan produktivitas perusahaan bisa tetap konsisten. Bisa disimpulkan bahwa integritas dari suatu infrastruktur jaringan sangat penting bagi kelangsungan bisnis perusahaan.

Dalam lingkungan perusahaan, banyak proses bisnis perusahaan yang mengandalkan kemampuan dari infrastruktur jaringan. Oleh karena itu, suatu infrastruktur jaringan yang tidak stabil bisa mengganggu berjalannya operasi bisnis. Hal ini bisa menyebabkan penurunan

produktivitas perusahaan, kesulitan mengakses data penting dalam perusahaan, dan gangguan dalam memproses pesanan dari customer.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan infrastruktur jaringan dalam sebuah perusahaan, seperti melakukan monitoring terhadap jaringan, melakukan pelatihan terhadap karyawan mengenai infrastruktur jaringan, melakukan backup data secara rutin, mengimplementasikan protokol keamanan (seperti konfigurasi firewall dengan benar, penggunaan password yang kuat, dan pemasangan antivirus yang efektif), dan melakukan upgrade/update pada hardware maupun software yang sudah tidak dipakai/tidak berlaku lagi.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa sangat penting bagi suatu perusahaan untuk membangun infrastruktur jaringan yang stabil dan bisa diandalkan dalam situasi apapun. Infrastruktur jaringan sudah menjadi bagian yang vital dalam proses bisnis perusahaan dan segala kegagalan yang terjadi pada infrastruktur jaringan bisa berakibat fatal terhadap kelangsungan bisnis perusahaan. Infrastruktur jaringan dapat mempengaruhi keuntungan perusahaan hingga reputasi perusahaan. Perusahaan harus mampu melakukan maintenance secara rutin terhadap infrastruktur jaringan untuk memastikan infrastruktur jaringan selalu stabil dan bisa diandalkan kapanpun. Walaupun membangun suatu infrastruktur jaringan yang kuat bisa terkesan sulit, akan tetapi manfaat yang bisa didapatkan sangat berharga.

Dyah Wahyu Sukmaningsih, Harvey Weinstein Chanfrilsky Yeo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031