School of Information Systems

IP ADDRESS

Apa itu IP Address?

IP Address ialah serangkaian angka untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke internet atau infrastruktur jaringan lainnya. IP Address mempunyai rangkaian angka dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255. Bahasa mudahnya IP Address yaitu alat yang bisa mengidentifikasi perangkat saat terhubung ke jaringan,bbaik pada jaringan internet maupun jaringan lainnya.

Fungsi IP Address

Untuk memungkinkan perangkat apapun yang menggunakan koneksi internet bisa saling berhubungan. Alamat IP ini merupakan identitas perangkat yang terhubung di internet. Seperti misalkan kita login kedalam suatu aplikasi, pemilik aplikasi bisa mengetahui semua alamat IP yang mengakses aplikasi miliknya. Berkat adanya IP Address itu yang menghubungi perangkat ke jaringan internet.

Cara Kerja IP Address

Misalnya perangkat terhubung ke router jaringan, biasanya disediakan sama penyedia layanan internet (ISP). Setelah itu, router yang akan menghubungkan dengan server website untuk dapat mengakses file yang perlu dikirim kembali ke perangkat. Oleh karena itu, perangkat, server, dan router dapat mengakses satu sama lain karena memiliki IP Address.

Versi-versi IP Address

Ada beberapa versi IP Addres ialah IPv4 serta IPv6. IPv4 ialah alamat IP yang paling banyak digunakan. IPv4 merupakan versi alamat IP yang masih menggunakan alamat 32 bit, yang terdiri dari empat bagian (oktet). Setiap bagian (oktet) bernilai dari 0 – 255 sebagai nilai maksimal. Dalam alamat IPv4 ini dapat menampung hingga 4,3 milliar IP Address. Sedangkan IPv6 ialah versi terbaru dari IPv4. Sedangkan untuk IPv6 sudah enggunakan alamat hingga 128 bit, yang terdiri dari delapan kumpulan angka serta huruf dan dipisahkan oleh titik dua. IPv6 juga dapat memiliki kombinasi hingga 340 undecilion. Mengapa IPv6 harus dibuat? Karena alamat IPv4 yang mungkin sudah cukup tua, maka harus diciptakan pembaruan versi yaitu IPv6. IPv6 mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan IPv4 yaitu IPv6 lebih cepat terhubung, jadi tidak lagi bergantung kepada Network Address Traslation atau biasa disebut NAT, sehingga dapat mempercepat proses pengiriman data. Kelebihan IPv6 dibandingkan IPv4 dari segi keamanan juga yaitu IPv6 lebih unggul karena sudah dilengkapi Internet Protocol Security atau biasa disebut dengan IPsec. Internet Protocol Security (IPsec) ialah protokol untuk melindungi data dalam sebuah IP itu sendiri.

Private IP dan Publik IP

Seperti namanya private IP ialah jenis alamat IP yang digunakan untuk berkomunikasi didalam jaringan lokal saja. Oleh karena itu berbagai perangkat masih bisa berkomunikasi satu sama lain dengan tidak lewat koneksi internet, melainkan melalui jaringan lokal lainnya seperti, Local Access Network (LAN). Sedangkan untuk mengakses website atau berkomunikasi di luar jaringan lokal yang terhubung pada internet itu dapat menggunakan IP publik. Karena IP Publik yang bersifat publik dapat di akses oleh siapapun. Jadi IP public ini bertolak belakang dengan IP private, untuk memakai IP public ini juga membutuhkan penyedia layanan internet (ISP) karena, penyedia layanan internet (ISP) tersebut lah yang mengontrol IP publik itu sendiri.

Ancaman keamanan IP Address

Kita selaku pengguna layanan internet harus berwaspada jangan memberikan IP address sembarang kepada siapapun, ini merupakan cara untuk meminimalisir akan dimanfaatkannya oleh hacker seperti untuk melacak lokasi serta aktivitas kita, meretas perangkat, dll. Oleh karena itu sebaiknya kita mencegah dengan tidak memberikan IP Address tadi kepada siapapun.

Source :

A, F. (2022, September 8). Apa Itu IP Address? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya. Retrieved from HOSTINGER TUTORIAL: https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-ip-address#Pengertian_Alamat_IP

Ananda. (2022, April 1). Pengertian IP Address: Fungsi, Cara Kerja, dan Versi IP Address. Retrieved from Gramedia Literasi: https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-ip-address/amp/#Pengertian_IP_Address

Apa yang dimaksud dengan IPSec? (n.d.). Retrieved from JawabanApapun.com: https://www.citefast.com/?s=APA7#_Webpage

Tim Penulis Edavos. (n.d.). IP Address: Pengertian, Fungsi, & Jenisnya. Retrieved from Edavos: https://edavos.com/ip-address/

Dyah Wahyu Sukmaningsih, Ibnu Zulhaedi

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031