School of Information Systems

Hebat! Tim Pixel Berhasil Meraih Kemenangan di Semarang!

26 Juni 2023 – Selamat kepada Tim Pixel, yang beranggotakan Tiara Natasha Muliawan, Laura Angelica Wijaya, dan Lucinda Artahni sebagai pemenang pertama dalam Business Model Canvas Competition – MEGAMIC 2023. Anggota Tim Pixel terdiri dari mahasiswa Business Analytics B25, yang juga memiliki peran sebagai anggota Information System Case Study Club (ISCSC) dan Part-Time Assistant Lab Sistem Informasi.

Business Model Canvas Competition (BMCC) merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara MEGAMIC 2023, merupakan salah satu program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (HMJM FE UNISSULA). BMCC sendiri merupakan salah satu cabang lomba dari MEGAMIC 2023. Tujuan diadakannya BMCC adalah untuk memberikan wadah bagi mahasiswa di seluruh Indonesia dan di luar Indonesia yaitu mahasiswa/i luar negeri yang memiliki ide atau konsep bisnis, yang nantinya bisa mereka implementasikan secara langsung. Tema dari BMCC 2023 adalah “Creating Great and Innovative Young Entrepreneurs Through The Creative Economy and Digital Economy, in Facing The Digital Revolution to Build a Sustainable Economy“.

Pada perlombaan ini, terdapat tiga tahap lomba yang diikuti. Tahap pertama, yaitu babak penyisihan mengharuskan peserta untuk mengumpulkan Business Model Canvas ide mereka. Tim Pixel, yang sudah memiliki bekal ide dan dibantu disempurnakan idenya oleh Bapak Yakob Utama Chandra, SE., MMSI, CDMS, CBDMP selaku dosen pembimbing. Akhirnya, pada tanggal 27 Mei 2023, Tim Pixel diumumkan berhasil menjadi salah satu dari 30 tim yang lolos ke tahap selanjutnya, yaitu pembuatan proposal.

 

Tim Pixel pun Kembali ditantang untuk dapat menghasilkan proposal yang baik untuk dapat dikumpulkan. Tim pun Kembali melakukan diskusi dengan Bapak Yakob Utama Chandra, SE., MMSI, CDMS, CBDMP untuk menambahkan berbagai komponen penting agar proposal dapat menjadi lebih bersaing. Pada tanggal 1 Juni 2023, akhirnya diumumkan kembali bahwa Tim Pixel berhasil menjadi salah satu tim yang berhasil lolos ke tahap final. Tahap final dari BMCC 2023 diadakan pada 24 – 25 Juni 2023 secara onsite di Semarang. Pada tahap ini, Tim Pixel diharuskan untuk bersaing kembali dalam pembuatan pitch deck dan presentasi final. Setelah melakukan berbagai persiapan, baik terkait materi maupun terkait keperluan yang dibutuhkan ketika mengikuti final di Semarang, Pixel pun akhirnya berhasil menyampaikan presentasi yang sangat baik dan mampu meraih Juara 1 dan mendapatkan gelar lain, yaitu Best BMC.

Berikut adalah kesan dan pesan yang disampaikan oleh Tim Pixel:

  • Tiara: Selama lomba BMCC 2023, saya mendapatkan experience yang baru dan sangat menarik. Saya bisa bertemu dengan banyak teman baru dari kampus-kampus lain dan melihat pemaparan presentasi setiap tim yang dapat dijadikan ide atau pembelajaran untuk lomba selanjutnya. Saya belajar bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan dibutuhkan campur tangan Tuhan dan bantuan dari semua orang yang terlibat terutama para mentor ISCSC dan dosen pembimbing sehingga kita bisa mencapai juara. Tak hanya itu, saya belajar bahwa kekompakan dan kerja sama antar satu tim adalah hal yang paling penting dalam lomba ini. Kesan saya selama di Semarang adalah acaranya sangat bagus dan panitianya sangat ramah dan selalu mau membantu kita. Walaupun dengan segala jerih payah dan pengorbanan yang dilakukan untuk sampai juara, semuanya terbayarkan saat kita diumumkan bahwa kitalah juara 1 nya dan itu merupakan suatu kebanggaan bagi kita sendiri karena ini merupakan lomba pertama kami yang mencapai grand final dan dilakukan secara onsite di kota lain.
  • Laura: Diberikan kesempatan dan dipercayai untuk mengikuti lomba MEGAMIC 2023 mewakili BINUS merupakan suatu kebanggaan bagi saya. Melalui lomba ini mendapatkan experience yang sangat berharga dimana saya belajar banyak hal hal baru yang akan menjadi masukkan untuk lomba selanjutnya. Pada saat mengikuti lomba ini saya menyadaru bahwa banyak orang orang yang sangat kreatif dan juga menyadari bahwa untuk dapat mencapai titik ini kami tidak akan dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain, kami tidak akan bisa berada pada titik ini bila tidak ada kritik, saran, dan masukkan dari Pak Yakob, Kak Aris, Kak Michelle, juga teman teman kami lainnya, dan tentunya dukungan dari pihak terdekat seperti keluarga. Saya menydarai bahwa kita harus terus terbuka terhadap kritik saran dan masukkan dari orang lain. Bukan hanya itu saja saya juga sangat menyadari bahwa kami masih memiliki banyak kekurangan terutama pada bagian cara presentasi ditambah dengan fakta bahwa ini adalah lomba pertama kami yang sampai titik grand final dan langsung diadakan secara onsite swhingga saya bertekad untuk terus berkembang dan belajar lebih banyak lagi dan juga melalui lomba ini saya juga mendapatkan banyak teman baru yang tentunya menambah networking saya. Walaupun sangat lelah akan karena perjalanan, persiapan, dan juga latihan namun saya sangat bersyukur dapat memberikan yang terbaik hingga bisa mendapatkan 2 penghargaan yaitu best BMC dan huga Juara 1 serta dapat bertemu dengan teman teman baru, para panitia yang sangat ramah, baik, koperatif, dan membantu. Thankyou MEGAMIC 2023 dan BINUS University yang telah mempercayai kami ini akan menjadi kenangan yang sangat berkesan dan tak terlupakan bagi saya.
  • Lucinda: Merupakan suatu kesempatan yang sangat berarti bagi saya untuk dapat mengikuti lomba BMCC 2023 ini, terlebih dengan bantuan mentor ISCSC serta dosen pembimbing yang dapat membuat kami menjadi lebih kreatif dan inovatif. Dari lomba ini, saya merasa bahwa hasil yang kami capai tidak luput dari kerja keras mentor, dosen pembimbing dan kelompok kami yang sudah melakukan berbagai usaha untuk mencapai kemenangan ini. Saya juga sangat mengapresiasi atas dukungan yang diberikan baik dari binus itu sendiri, keluarga, maupun orang terdekat kami. Dari pengalaman ini, saya juga belajar banyak dari peserta lain, terutama mengenai cara pemaparan yang baik dan bersemangat. Untuk panitia dari penyelenggara lomba ini juga sangat teramat baik dan sangat peduli terhadap partisipan. Walaupun ada rasa lelah karena perjalanan, namun kami sangat bersyukur karena dapat menampilkan yang terbaik dalam kompetisi ini, bahkan dapat meraih Juara 1 dan Best BMC.
Aristia Utari Putri

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031