School of Information Systems

KOMPUTASI SOSIAL (SOCIAL COMPUTING)

Komputasi sosial mengacu pada penggunaan aplikasi dan platform berbasis internet yang memfasilitasi interaksi sosial di antara orang-orang. Ini adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, dan kita dengan cepat beralih ke ekosistem yang lebih sosial. Komputasi tradisional telah menjadi lebih sosial, dan begitu pula platform tempat kita berinteraksi. Kebanyakan orang menggunakan konektivitas internet untuk terhubung dengan teman dan keluarga.

Platform media sosial membantu orang tetap mendapat informasi, mengatur waktu mereka, dan berkomunikasi dengan orang lain. Interaksi ini sangat penting untuk kesejahteraan semua orang. Orang-orang menggunakan komputasi sosial untuk memfokuskan hidup mereka dengan lebih baik dan membuat keputusan berdasarkan informasi. Selain itu, komputasi sosial membantu orang bertemu orang baru dengan minat yang sama. Aplikasi yang kami gunakan secara teratur tidak akan berfungsi dengan baik tanpa prinsip dasar ini. Sebagian besar platform media sosial utama memiliki aturan ketat untuk menjaga agar platform tetap aman dan menyenangkan bagi pengguna. Misalnya, Facebook membatasi jumlah informasi pribadi yang dapat diposting pengguna di platform. Ini melindungi pengguna dari pengeposan ulang informasi pribadi atau dilecehkan secara online. Berikut ini beberapa manfaat komputasi sosial termasuk peningkatan fungsionalitasi:

  • Blog. Blog adalah contoh yang bagus tentang betapa mudahnya menggunakan komputasi sosial. Mereka memungkinkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain dan berbagi informasi dengan cepat. Ini menghasilkan lebih banyak informasi yang dibagikan di antara publik. Perusahaan dapat membuat weblog bagi karyawan untuk mendokumentasikan pengetahuan mereka. Situs web populer untuk ini termasuk TypePad, Weblogs.com, SharePoint, dan gawker.
  • Wiki. Wiki adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama dalam suatu proyek. Penulis bisa siapa saja yang memiliki akses ke internet, dari pelajar hingga pakar. Tujuannya agar kontributor dapat menciptakan pengetahuan dan ide baru melalui diskusi tentang berbagai topik. Belajar berasal dari lebih dari satu sumber. Baik Basecamp dan SocialText menawarkan perangkat lunak aplikasi serupa.
  • Permainan Online. Orang dapat menggunakan game online untuk berkomunikasi, mengobrol, atau bermain dengan orang lain dalam kelompok. Jenis permainan ini dianggap pemrosesan sosial karena memungkinkan interaksi langsung antar pemain. Selain itu banyak orang yang suka memainkan game tersebut karena banyak diminati oleh masyarakat.
  • Dating, Banyak situs dating populer seperti Match.com, eharmony dan OkCupid menghubungkan para lajang yang mencari pasangan. Sebagian besar layanan kencan online memungkinkan orang menemukan pasangan berdasarkan minat dan lokasi mereka.
  • E-Commerce.Perusahaan dapat menjual bisnisnya dan meningkatkan penjualan dengan menggunakan pemrosesan sosial. Ini termasuk situs-situs seperti Kaskus, Shopee dan lainnya. Namun, perusahaan harus menghindari penyebaran berita buruk melalui media sosial.

Komputasi sosial saat ini sangat berguna dalam menunjang aktivitas kita sehari-hari Hal ini dikarenakan komputasi sosial memiliki sistem yang dapat digunakan dalam berbagai aktivitas online Sedang internet, mereka menggunakan web atau aplikasinya sebagai penyalur Tentu saja dalam aktivitas bisnis terdapat beberapa hal terkait yang terbantu dengan hadirnya social computing, sehingga hal ini sangat membantu bagi perusahaan yang berbisnis online. Hal ini tidak terlepas dari staf yang menjalankan sistem agar tetap berjalan dengan baik. Komputasi sosial membantu perusahaan menjalankan proses mereka lebih efektif dan efisien selain itu membantu konsumen memecahkan masalah mereka.

Suroto Adi

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031