School of Information Systems

IP Address and MAC Address

Pada era globalisasi keseharian kita tidak luput dengan alat elektronik serba canggih yakni HP. Selain itu juga terdapat banyak media dan alat elektronik yang menunjang pekerjaan kita studi kita sebagai contoh laptop, tablet, computer hingga alat alat elektronik untuk mengolah hal hal fisik atau mengolah data dalam jumlah besar. Printer wireless, server, dan masih banyak lagi peralatan elektronik yang biasa membantu kita dan dapat terkoneksi ke internet. Namun kebanyakan orang kurang memahami akan seluruh proses dan komponen yang ada dan digunakan ketika mereka menggunakan alat elektronik tersebut. Banyak hal yanga terjadi pada saat kita menggunakan alat elektronik untuk memenuhi kebutuhan kita. Dari identitas hingga alamat untuk mengirim sebuah data dari perangkat elektronik satu menuju alat elektronik yang lain membutuhkan banyak proses.

Identitas perangkat elektronik menjadi hal penting ketika alat tersebut beroperasi atau digunakan. Seringkali kita tidak tau bahwa sesungguhnya alat elektronik kita memiliki nama yang disebut dengan MAC address atau Media Access Control address ini lah yang menjadi identitas laptop untuk berhubungan dengan internet. Saat kita terhubung pada internet maka kita memiliki dua identitas yakni MAC address dan IP address. IP address merupakan alamat untuk perangkat elektronik kita saat terhubung pada koneksi internet. IP address dapat berubah ubah sesuai dengan router yang memberikan alamat tersebut pada perangkat kita.

Gambar diatas merupakan bagaimana cara perangkat kita dapat memiliki IP address saat terkoneksi ke internet. Alat elektronik memiliki identitas berfungsi dan memiliki peranan penting, saat kita meminta data dari internet saat perangkat kita terhubung ke internet maka hasil dari pencarian di internet akan dikirimkan menuju alamat IP yang meminta data. Bila kita

tidak memiliki IP address maka data tersebut belum tentu bisa dikirim kembali kepada perangkat kita dan kita dapat melihatnya. Pada setiap server ataupun koneksi internet memiliki nama IP address yang berbeda beda, sama seperti metcalfe’s law dimana jumlah user terus bertambah maka nilai IP address terus meningkat. Terjadinya hal ini membuat munculnya sebuah ide baru untuk membuat IP address versi baru yakni IPv6 dimana jumlah data atau bits yang dapat ditampung lebih besar yakni 128bit sedangkan pada versi yang lama hanya mampu menampung 32bit. Jumlah yang berkembang besar dikarenakan jumlah pengguna yang terus berkembang dan membutuhkan semakin banyak IP address. IP address akan berubah bila kita mengakses internet melalui router yang ada.

Salah satu tujuan diberikan IP address tidak hanya satu setiap proses yang kita lakukan hal ini untuk mencegah hacker atau penyadapan ataupun phising terhadap data-data dan berbagai hal informasi yang ada pada perangkat elektronik kita. Pada router terdapat juga saringan untuk memilah mana website yang dapat ditampilkan dan tidak dapat ditampilkan sesuai dengan IP address yang meminta website tersebut di buka. Namun terdapat beberapa router yang Ketika kita meminta sebuah data dari google router tidak harus meminta kepada IP address google namun data tersebut teelah di simpan oleh router dan dapat langsung disajikan kepada client tanpa perlu mengakses IP address google. Maka tujuan IP address merupakan identitas sekaligus jembatan dan alat pengaman untuk perangkat elektronik kita dalam kita gunakan sehari-hari yang menyangkut akses internet dan akses jejaring luar.

Sumber: West J. (2021). Comptia network guide to networks (Ninth). Cengage.

Dyah Wahyu Sukmaningsih, Adrian Hananto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031