School of Information Systems

Pengelompokkan Java GUI Classes pada Pemograman Java

Dahulu pemograman Java dikenal dengan Java console yang dimana hanya dapat berjalan pada konsol saja. Kemudian, semakin lama Java semakin berkembang sehingga tercipta Java GUI (Graphic User Interface).

JAVA GUI adalah suatu pemrogaman interface dengan metode interaksi secara grafis antara computer dengan user dengan bahasa Java yang dibuat untuk merepresentasi visual dari program GUI agar user bisa memberikan perintah dari user ke aplikasi menggunakan layout panes, button, label/text, text field/password field, colors, fonts, image, table view, dan sebagainya. Contoh: menekan icon/menu, mengisi form.

Java GUI application dibuat menggunakan Java Swing, Java AWT ataupun Java Fx. JavaFx merupakan platform desktop GUI Java terbaru yang ada. JavaFx selalu merender komponen di dalam scene. Agar aplikasi dapat merender, program harus menyertakan kelas Stage.

Library JavaFx yaitu sebuah GUI toolkit pada Java itu sendiri.

  • JavaFX menyediakan dukungan multisentuh untuk perangkat yang mendukung sentuhan seperti tablet dan ponsel pintar.
  • JavaFX memiliki dukungan dalam merancang aplikasi yang kaya dengan konten multimedia dengan animasi 2D, 3D, dan pemutaran video dan audio bawaan.
  • JavaFX menyediakan CSS seperti styling. Dengan menggunakan ini, Kalian dapat meningkatkan desain aplikasi dengan pengetahuan sederhana CSS.

JAVA GUI CLASSES diklasifikasikan menjadi 3 kelompok:

  1. Container Classes

Container classes merupakan class komponen GUI yang berguna menampung dan menata komponen-komponen GUI atau dengan kata lain tempat/wadah (seperti namanya) untuk komponen-komponen GUI.

Contoh:

  • Stage adalah tempat yang menampung semua komponen atau objek aplikasi JavaFX yang akan dipakai pada program nantinya dan hanya boleh menampung satu scene saja dalam satu stage. Stage didapat dari package javafx.stage. Primary stage dibuat oleh platform itu sendiri sehingga objek stage yang dibuat diteruskan sebagai argument ke method start() dari class application. Dan kita ketika ingin menampilkan konten yang ada pada stage perlu memanggil method show ().
  • Scene adalah tempat yang menampung satu root node saja yang bisa berupa button, label, text field, Untuk best practice nya dia bisa berupa container (container yang nantinya memilik child – child) yaitu borderpane, flowpane, gridpane, dan stagepane. Dengan adanya container, kita dapat memasukkan leaf node (tidak mempunyai child dapat berupa label, button, text field, dsb) dan branch node (bisa menambahkan child dengan menggunakan container lagi (bisa punya child).
  1. Component Classes

Component Classes merupakan class komponen grafis yang bisa dikatakan bagian inti (isi) dari suatu class GUI karena komponen-komponen yang dibutuhkan pada interface dari program yang kita bangun ada pada class ini. Komponen-komponen tersebut akan menjadi subclasses dari Scene.

Contoh: Button, TextInputControl, ComboBox, ListCell, RadioButton, Menu dan MenuBar

  1. Helper Classes

Helper class merupakan class yang memperjelas atau memperindah tampilan komponen-komponen GUI sehingga menambah unsur estetika pada interface program Java GUI yang telah dibuat.

Contoh: Color, Shape, Font dan WebView

Lily Janvieka

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031