School of Information Systems

Market Intelligence Systems (MkiS) Bagian 1

Apa itu Market Intelligence Systems?

Market Intelligence Systems (MkIS) adalah salah satu yang secara sistematis mengumpulkan dan memproses informasi bisnis penting, mengubahnya menjadi intelijen manajemen yang dapat ditindaklanjuti untuk keputusan pemasaran.

Perhatikan poin-poin berikut:

  • Market Intelligence bukan hanya tentang informasi pasar, tetapi keseluruhan informasi lingkungan eksternal yang diperlukan untuk mendukung keputusan strategis utama – tentang produk, harga, prioritas investasi, memasuki usaha patungan, dll.
  • Sistem tersebut tidak murni sistem berbasis komputer. Ini adalah sistem total yang menggabungkan proses manusia untuk menafsirkan dan memproses informasi menjadi kecerdasan.
  • Prosesnya harus sistematis, karena hanya pemantauan rutin terhadap parameter eksternal utama dan integrasi potongan informasi yang berbeda akan memberikan basis intelijen jangka panjang yang layak.

Manfaat MKIS

  • Orientasi pasar dan pelanggan – penerapan MKIS akan mendorong orang-orang di seluruh organisasi untuk fokus secara eksternal.
  • Identifikasi peluang baru Satu perusahaan dalam industri komponen mengidentifikasi tren baru di hadapan analis industri ‘ahli’.
  • Peringatan dini tentang pergerakan pesaing – melalui intelijen yang baik, Satu perusahaan kimia menggagalkan penempatan pabrik pesaing di salah satu wilayah penjualan mereka yang paling menguntungkan.
  • Meminimalkan risiko investasi – intelijen dan analisis yang berkelanjutan lebih cenderung meredam antusiasme yang tak terkendali untuk mengikuti kereta musik ke pasar “tidak boleh melewatkan jendela peluang” itu
  • Interaksi pelanggan yang lebih baik – Sebuah perusahaan asuransi mengunduh ke profil terkini tenaga penjualan mereka, riwayat pesanan dan ‘gigitan berita’ yang relevan, untuk klien yang akan mereka kunjungi.
  • Pemilihan & pemosisian pasar yang lebih baik – pemahaman yang baik tentang kebutuhan pelanggan dan pemosisian pesaing akan membantu perusahaan mengukir ceruk uniknya sendiri dengan lebih baik
  • Informasi yang lebih cepat, lebih efisien dan hemat biaya – pembuatan sistem akan membuat informasi lebih cepat dan mudah diakses. Satu perusahaan menghindari kebutuhan akan riset pasar yang mahal dengan memanfaatkan MkIS yang ada.

Elemen Kunci dari MKIS

Informasi

Aliran informasi yang berkelanjutan adalah darah kehidupan dari sistem intelijen pasar yang baik – informasi tentang teknologi baru, pasar, pelanggan, lingkungan ekonomi dan peraturan, dll. Informasi formal (pelaporan rutin, faktual) dan informal (gosip, opini) harus disadap .

Proses Manajemen Informasi

Dengan banyaknya profesional yang mengirimkan informasi eksternal ke desktop mereka, dari layanan online seperti Reuters atau MAID, dan semakin banyak dari Internet, mudah untuk percaya bahwa pengguna memiliki semua informasi yang mereka butuhkan di ketukan. Namun, ini adalah informasi mentah dan perlu diubah menjadi intelijen. Namun sebelum itu, informasi ini harus diklasifikasikan, disimpan, dan dibuat dapat diakses – menerapkan prinsip praktik yang baik dari Manajemen Sumber Daya Informasi (IRM)

Proses Pengembangan Intelijen

Sistem intelijen yang baik lebih dari sekadar informasi. Ini adalah siklus berulang yang menghubungkan kebutuhan pembuat keputusan dengan proses mengubah informasi menjadi intelijen yang dapat ditindaklanjuti.

Ini membutuhkan interpretasi manusia, komunikasi dan berbagi informasi dan perspektif antara pakar internal dan eksternal.

Sistem komputer

MKIS yang komprehensif akan menggabungkan banyak fitur sistem pendukung keputusan, EIS, database online, dan sistem perpustakaan. Oleh karena itu kemungkinan untuk mencakup banyak hal berikut:

  • Untuk mengumpulkan informasi: akses basis data online, umpan data, email, akses Internet, filter, agen cerdas, dll.
  • Untuk penyimpanan dan pengambilan: Fasilitas manajemen basis data/dokumen, pengambilan teks, mesin pencari, agen cerdas
  • Untuk pemrosesan dan analisis: perangkat lunak pemodelan dan visualisasi, perangkat kelompok, sistem pendukung keputusan grup (GDSS)

Fokus Organisasi

Meskipun banyak profesional melakukan banyak pengumpulan dan analisis informasi mereka sendiri, masih perlu ada titik fokus yang jelas dari tanggung jawab MKIS. Ini mungkin individu bernama atau kelompok kecil yang memiliki keterampilan khusus yang dibutuhkan (seperti yang diumumkan oleh SCIP – Masyarakat Profesional Intelijen Pesaing). Perannya adalah untuk memastikan pendekatan yang kohesif dan koordinasi antardepartemen yang efektif.

Nuril Kusumawardani