School of Information Systems

Desain Abad 21 (Bag. 2)

Bagaimana Melakukan Desain Abad 21

Sebagai desainer, kami sudah menggunakan pendekatan khusus (misalnya, pemikiran desain) untuk bekerja menuju solusi optimal untuk masalah yang terdefinisi dengan baik. Namun, ada jurang pemisah yang sangat besar antara merancang sesuatu seperti aplikasi telepon yang bagus untuk pasar rumahan dan mengambil sistem sosio-teknis yang kompleks dan masalah jahat di luar negeri. Jadi, manfaatkan desain yang berpusat pada kemanusiaan dan:

  • Selalu sertakan orang-orang yang Anda desain untuknya. Dengan manfaat desain yang berpusat pada orang, Anda dapat bekerja menuju solusi terbaik untuk masalah yang tepat. Kelompok sasaran Anda sudah memiliki wawasan yang bagus tentang masalah mereka dan bahkan gagasan bagus tentang solusi. Mereka hanya membutuhkan bantuan dari luar yang menghargai situasi mereka.
  • Selalu sertakan para ahli. Dengan menggunakan pendekatan multidisiplin, Anda memanfaatkan bakat dan pengaruh setiap orang yang dapat mendukung proyek untuk membuatnya berhasil saat Anda memperbaiki penyebab yang dalam dan mendasar dari waktu ke waktu. Yang penting, ini harus melibatkan orang-orang itu sendiri, selama proses desain. Jika mereka tidak dapat menerima solusi dan mempertahankannya, itu akan gagal.
  • Hindari membahas masalah dengan gejalanya. Meskipun gejalanya masih memerlukan pengobatan, ahli lain biasanya tidak akan membahas lebih dalam, oleh karena itu gejalanya selalu muncul kembali. Sebaliknya, ingatlah bahwa di bawah “masalah permukaan” mengintai sebagian besar “gunung es”. Di dalam massa yang lebih sulit dilihat itu, Anda akan secara bertahap menemukan satu demi satu akar penyebab. Kemudian, Anda harus menentukan bagaimana ini berhubungan satu sama lain dalam ruang masalah yang unik itu. Misalnya, jika rantai penyebab suatu masalah adalah: ekonomi yang hancur > tunawisma > sanitasi yang buruk > kolera, inti permasalahannya adalah negara tersebut masih dalam pemulihan beberapa dekade setelah perang saudara. Masalah kompleks ini akan membutuhkan bantuan dari banyak sumber sebelum penduduk dapat memiliki stabilitas untuk merancang bersama dan mengadopsi solusi terbaik. Namun, seringkali, akan ada lebih sedikit hambatan bagi Anda untuk bekerja menuju solusi yang baik dan solid yang akan digunakan dan dipelihara dengan senang hati oleh orang-orang sehingga gejala aslinya hilang.
  • Berurusan melalui intervensi kecil dan sederhana:
    • Pantau hasilnya.
    • Ubah pendekatan Anda dan teruslah bereksperimen.
    • Belajar dari apa yang Anda lihat dan sempurnakan intervensi Anda menuju hasil yang lebih sukses.
  • Dapatkan lebih banyak pengaruh. Ketika Anda naik di organisasi Anda, Anda akan memiliki lebih banyak pengaruh untuk mencapai lebih banyak untuk lebih banyak orang.
  • Secara keseluruhan, desain abad ke-21 adalah tentang komitmen, keberanian, kreativitas, dan kesabaran. Saat Anda membantu orang membantu diri mereka sendiri melalui bimbingan, memfasilitasi, dan memanfaatkan sumber daya, Anda akan memberdayakan mereka untuk merangkul solusi yang kuat dan tahan lama yang akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Reference:

https://www.interaction-design.org/literature/topics/21st-century-design

Nuril Kusumawardani

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031