School of Information Systems

PENGGUNAAN LATERAL THINKING DALAM UX DESIGN

Lateral thinking adalah salah satu metode penyelesaian masalah secara kreatif yang dicetuskan oleh Edward deBono pada tahun 1967 melalui buku “Lateral Thinking: Creativity Step by Step”. Berbeda dengan beberapa metode penyelesaian masalah lainnya seperti design thinking yang menyelesaikan masalah secara konvensional dan linear, lateral thinking mencoba mencari solusi dari suatu permasalahan secara out-of-the-box dan berbeda dari sudut pandang yang berbeda dengan mengubah suatu kekurangan menjadi kelebihan. Hal ini menjadikan lateral thinking digunakan dalam tahap ideation dalam mengembangkan UX dari suatu produk. Salah satu contoh produk yang memanfaatkan lateral thinking adalah fitur Dynamic Island di iPhone 14 Pro yang dirilis oleh Apple. Inovasinya adalah memanfaatkan punch hole dari kamera depan dan sensor depan di smartphone menjadi lebih fungsional, seperti menampilkan informasi dan status dari iPhone tersebut. Hal ini menjadikan dynamic island tersebut berbeda dari pendekatan produsen smartphone lain yang mencoba untuk menutupi punch hole kamera depan, karena pengguna iPhone 14 Pro dapat berinteraksi dengan dynamic island dengan mengetuknya dan dynamic island juga dapat berubah menyesuaikan aktivitas penggunanya.

Selain menyelesaikan permasalahan dengan solusi yang inovatif, lateral thinking juga memberikan beberapa manfaat lain, seperti:

  1. Meningkatkan user engagement dan pengalaman pengguna

Dengan menggunakan lateral thinking dapat membantu UX designer untuk membuat user interfaces yang intuitif dan nyaman untuk digunakan, sehingga menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

  1. Mengidentifikasi masalah yang tidak terlihat

Lateral thinking dapat membantu pengguna untuk mengidentifikasi masalah yang kadang tidak terlihat dalam proses UX design, sehingga designer dapat memikirkan solusi untuk permasalahan tersebut dengan lebih cepat.

Karena lateral thinking menggunakan pendekatan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah, maka berikut ini adalah tips untuk menggunakan lateral thinking dalam UX design:

  1. Bertanya sebanyak-banyaknya

Jika ingin menggunakan lateral thinking, designer perlu mengeluarkan pertanyaan sebanyak-banyaknya, dan mengemukakan ide-ide baru yang kreatif. Dibandingkan langsung menerima sesuatu dengan begitu saja, maka designer yang menggunakan lateral thinking harus bertanya beberapa hal seperti “mengapa?” dan “bagaimana jika?” untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi.

  1. Brainstorming ide-ide baru

Untuk menciptakan ide-ide baru, ux designer harus melakukan brainstorming bersama dengan seluruh stakeholder yang ada untuk menciptakan suasana yang terbuka dan kolaboratif, inilah yang menjadikan brainstorming menjadi hal yang sangat penting dalam lateral thinking.

  1. Tidak menghindari masalah

Dengan menggunakan lateral thinking, designer dapat menjadikan masalah sebagai sumber inspirasi untuk memikirkan dan menghadirkan solusi yang kreatif serta inovatif.

  1. Menggunakan analogi

Salah satu hal yang sangat berguna dalam lateral thinking adalah analogi. Dengan menggariskan suatu hal atau konsep yang tidak berkaitan, terkadang designer dapat menghasilkan ide dan pendekatan yang berbeda dalam menyelesaikan permasalahan.

Dapat disimpulkan bahwa menggunakan lateral thinking dalam mendesain pengalaman pengguna dapat meningkatkan kreatifitas, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan mengidentifikasi masalah yang tidak terlihat sebelumnya. Dengan menghasilkan banyak pertanyaan, melakukan brainstorming ide-ide baru, menjadikan masalah sebagai sumber inspirasi, serta menggunakan analogi merupakan pendekatan yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda dan menghasilkan solusi yang inovatif.

Referensi:

What is Lateral Thinking? (2021). The Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/topics/lateral-thinking

Strauss, S. (2016). Thinking Outside of the Box: Using Lateral Thinking in Design. https://www.viget.com. https://www.viget.com/articles/thinking-outside-of-the-box-using-lateral-thinking-in-design/

Dr. Indrawan Nugroho. (2022, September 30). Lateral Thinking: Berpikir “Menyamping” Khas Apple [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=uyvHJOzu_Jo

Steven Agustianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031