School of Information Systems

Implementasi Teknologi VR pada Industri Kesehatan

Virtual reality atau yang biasa disingkat VR adalah teknologi yang mensimulasikan lingkungan tiga dimensi dimana seorang pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan lingkungan virtual tersebut. Dengan dukungan teknologi goggles, headset, wristband, dan controllers pengguna dapat merasakan, mendengar, dan bergerak pada sebuah dunia digital. Teknologi VR tentunya membawa banyak manfaat dan kini sudah diimplementasikan pada berbagai industri. Salah satu industri yang memanfaatkan teknologi ini adalah industri kesehatan.

Keuntungan Teknologi VR pada Industri Kesehatan

Teknologi virtual reality (VR) telah mengubah industry kesehatan dengan menunjukan potensi besar dalam meningkatkan kesehatan pasien, menghadirkan pendekatan baru untuk terapi, melatih tenaga medis, dan mengurangi biaya.

Teknologi VR dapat memberikan lingkungan yang aman dan cocok untuk pasien yang mencari pengobatan, terutama seperti kasus penanganan nyeri, terapi kesehatan mental, dan fisioterapi. Selain itu, tenaga medis juga dapat menggunakan teknologi VR untuk mensimulasikan prosedur medis yang rumit. Pelatihan yang lebih terasa nyata dengan teknologi VR tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri para tenaga medis.

Contoh Implementasi Teknologi VR pada Industri Kesehatan

Berikut beberapa contoh implementasi teknologi VR yang sudah diterapkan pada industry kesehatan saat ini.

  1. SnowWorld untuk Pasien Luka Bakar – SnowWorld merupakan game virtual reality yang dibangun untuk membantu memberikan bantuan ketika pasien luka bakar menjalani perawatan luka. Dengan game SnowWorld, pasien akan masuk ke dunia virtual yang berisi salju dan es. Hal ini akan membantu mengalihkan perhatian mereka dari rasa sakit dan memberikan efek menenangkan selama prosedur penanganan luka.
  2. Simulasi VR untuk Pelatihan Operasi – Dengan menggunakan teknologi VR mahasiswa kedokteran dapat melakukan pelatihan operasi dalam lingkungan yang terasa nyata namun aman, tidak beresiko dan tidak membutuhkan pasien asli.
  3. Terapi Exposure VR untuk Kesehatan Mental – Terapi exposure adalah terapi yang dugunakan untuk mengurangi rasa takut dan kecemasan pasien dengan cara mengekspos pasien ke situasi yang mengakibatkan rasa tersebut. Dengan teknologi VR situasi tersebut dapat dibangun dan diakses pasien dengan lebih mudah dan nyaman.

Sumber:

https://www.techtarget.com/whatis/definition/virtual-reality

https://medium.com/@arsalaanshamsi/revolutionizing-healthcare-how-virtual-reality-will-change-the-way-we-heal-e12940431426

https://www.uschamber.com/technology/how-virtual-reality-is-transforming-healthcare

Shavira Andysa

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031