School of Information Systems

Teknologi yang Mendukung Industri 4.0

Industri 4.0 atau 4IR merupakan pertukaran data terkini di dalam pabrik yang mencakup sistem cyber, dan IoT. industri 4.0 ini menghasilkan sebuah pabrik cerdas berstruktur yang penerapannya menciptakan sebuah salinan dunia fisik secara virtual.penerapan ini dipopulerkan oleh klaus schwab pendiri sekaligus ketua eksekutif dari the world economic forum. schwab menjelaskan bahwa perubahan ini dapat meningkatkan efisiensi dan mengungkapkan perubahan signifikan dalam industri kapitalisme ini. perubahan industri ini juga terdapat penggabungan teknologi seperti AI atau kecerdasan buatan, pengeditan genom, dan pengoperasian robot yang canggih yang mengecilkan batas antara dunia fisik dan digital.

Industri 4.0 telah mengubah cara perusahaan manufaktur dan mendistribusikan produk. Proses usaha telah terintegrasi dengan teknologi-teknologi seperti IoT, cloud computing, AI, dll. Menggunakan teknologi seperti IoT dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas barang produksi. Teknologi-teknologi industri 4.0 ini dapat meningkatkan automasi, memprediksi maintenance, mengoptimalkan proses, dan dapat meningkatkan keefisienan. Konsep-konsep dan teknologi industri 4.0 dapat diterapkan pada banyak industri, seperti industri manufaktur, gas dan minyak, pertambangan, dll.

Teknologi-teknologi yang menyongsong industry 4.0

  • Internet of Things (IoT): IoT sendiri merupakan konsep dimana objek-objek dapat saling berkomunikasi dan berbagi data antara satu sama lain melalui internet tanpa campur tangan manusia
  • Human-Machine Interface: Dalam hal ini merupakan sebuah sistem yang mempertemukan manusia dengan teknologi mesin, dalam hal seperti pengendali dan penunjuk sebuah status yang biasa kita sebut sebagai UI dan sebuah sistem kontrol untuk sebuah manufaktur industri.
  • Big Data: Big data sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan data baik terstruktur maupun tidak terstruktur yang jumlahnya sangat banyak, datangnya sangat cepat, dan format yang sangat beragam sehingga tidak mungkin untuk diproses dengan cara tradisional.
  • Cyber Security: Cyber security ini sendiri merupakan segala tindakan untuk melindungi sistem sistem dari serangan. Cyber security ini sangat penting
  • Cloud Computing: Merupakan sebuah kombinasi antara sebuah teknologi yang memanfaatkan sebuah komputer dengan pengguna internet, dalam prosesnya Cloud Computing mengelolah sumber daya melalui internet supaya industry dapat menjalankan program dan prosesnya melalui jaringan internet yang dibantu teknologi komputer untuk membantu menjalankannya yang terhubung dengan server cloud.
  • Artificial Intelligence (AI): Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah sebuah kecerdasan buatan yang programnya di simulasi berdasarkan kecerdasan manusia untuk berpikir seperti manusia serta tindakan dari manusia.

Referensi:

https://www.ibm.com/topics/industry-4-0

https://www.sas.com/id_id/insights/big-data/what-is-big-data.html.

https://en.wikipedia.org/wiki/Fourth_Industrial_Revolution

https://www.twi-global.com/what-we-do/research-and-technology/technologies/industry-4-0

http://sistem-komputer-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Apa-Itu-Cloud-Computing-Beserta-Manfaat-Cara-Kerja-dan-Contoh/cf2ad82fb83125f83dfcac83ec61a3807a9ac126

Bryan Dandy Richie, Johny Wijaya, Kristoforus Andre, Keavan Ezekiel Harimadi

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031